The 90th Academy Awards : Lelucon dan Rating Terendah

Oscar 2018

Gelaran academy award atau biasa disebut piala Oscar kembali digelar pada 3 Maret di Dolby Theater Hollywood, Los Angeles, California. Biasanya gelaran Oscar diselenggarakan setiap akhir Februari namun, tahun ini dimundurkan jadwalnya menjadi awal Maret kemarin. Alasannya karena, takut “berbenturan” dengan olimpiade musim dingin di pyeoncheon, Korea Selatan.

Seperti biasa di setiap gelaran Academy Award selalu terdapat  berbagai cerita menarik yang kerap menjadi sorotan dan bahkan menjadi viral di sosial media. Seperti kejadian lucu saat Jimmy Kimmel mengolok-olok Emma Stone dan sahabat dekat Stone yaitu Jennifer Lawrence sontak tertawa mendengar hal tersebut bahkan, bukan hanya JLaw saja seisi Dolby Theatre pun ikut tertawa.

Image Source : DNA India

Hal ini bermula saat Jimmy Kimmel membuka acara Academy Award. Pada saat itu Jimmy Kimmel berujar bahwa “saat pengumuman nama pemenang disebutkan mohon untuk tidak langsung berdiri terlebih dahulu (untuk memastikan apakah benar-benar menang atau tidak)”. Hal ini membuat Emma Stone tersenyum kecut dan sahabatnya yaitu Jennifer Lawrence tertawa puas bahkan sempat menunjuk-nunjuk ke arah Emma Stone yang tepat berada di sisinya.

Seperti  yang sudah diketahui pada Academy Award 2017 kemarin sempat terjadi sebuah insiden yang cukup memalukan khususnya bagi Emma Stone. Pada saat pengumuman pemenang untuk kategori Best Picture yang dibacakan oleh Warren Beatty dan Faye Dunaway disebutkan bahwa film La La Land yang menjadi pemenangnya.

Saat itu Emma Stone sudah naik ke atas panggung dan sudah menerima pialanya kemudian bersiap untuk melakukan pidato. Namun, sayang beberapa saat kemudian pengumuman tersebut dikoreksi bahwa telah terjadi kesalahan pemenang untuk kategori tersebut. Bukan film La La Land yang menang tetapi film moonlight. Lelucon yang dilontarkan oleh Jimmy Kimmel menjadi viral di sosial media khususnya twitter.

Image Source : Bintang.com

Ada yang mengatakan bahwa “saya benar-benar menyukai persahabatan ini ! #bffgoals”. Ada lagi cuitan yang berkata “Jennifer Lawrence tertawa puas dan menunjuk (ke arah) Emma Stone ketika lelucon La La Land/Moonlight disebutkan pada Oscar tahun ini adalah tingkat dukungan yang saya harapkan dari teman-teman saya selama ini.” Dan cuitan yang paling menarik “kita semua punya satu teman yang menyebalkan dan Jennifer Lawrence adalah teman yang menyebalkan tersebut (bagi Emma Stone).”


Rating Terendah Sepanjang Sejarah Penayangan Oscar


Gelaran Academy Awards merupakan acara rutin tahunan terbesar bagi para insan perfilman khususnya Hollywood. Maka, tidak heran bila banyak yang menyaksikan acara ini. Seperti yang dilansir oleh CNN Money, pada gelaran Awards kemarin jumlah rata-rata penonton acara tersebut mencapai angka 26, 5 juta penonton. Terdengar sangat banyak padahal tidak sama sekali.

Bahkan, CNN Money pun menyebut gelaran kemarin sebagai gelaran penghargaan yang paling rendah jumlah penontonnya. Jumlah penonton turun hampir 20% dibandingkan dengan gelaran Academy Awards tahun kemarin yang mencapai 33 juta penonton. Sebelumnya, pada tahun 2008 pun sempat mengalami penurunan jumlah penonton. Pada saat itu jumlah penonton kurang lebih mencapai 32 juta orang menurut hasil riset Nielsen.

Lalu, apakah gelaran Academy Awards ini sudah tidak menarik lagi atau terdapat fakta lain yang membuat penonton “malas” untuk menyaksikan gelaran tersebut? Durasi yang terlalu lama hingga film-film kecil yang mendapatkan penghargaan besar menjadi faktor-faktor yang membuat penonton terus menurun. Academy Awards kemarin berlangsung hampir empat jam lebih. Hal ini tentu membuah para penonton merasa lelah dan bosan.

Faktor lain adalah panitia penyelenggara terkesan acuh pada beberapa film blockbuster. Contohnya adalah film Wonder Woman. Film tersebut bahkan tidak masuk dalam nominasi. Lalu, film The Shape of water yang memenangkan kategori Best Picture mendapatkan pemasukan 57 juta USD secara domestic.

Pemasukan tersebut 163 juta USD lebih sedikit dibandingkan pemasukan Star Wars : The Last Jedi pada pembukaan minggu pertama di Amerika. Kemudian Black Panther juga yang tidak dimasukan ke dalam daftar nominasi karena, harus masuk ke gelaran Academy Awards tahun depan. Penonton terbanyak gelaran Academy Awards terjadi pada perhelatan tahun 1998 dimana Titanic memenangkan penghargaan Best Picture.

Created By :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *