Sejauh ini, tidak banyak film yang membahas tentang skandal-skandal besar yang terjadi di dunia. Tentu saja film-film tersebut diadaptasi dari kisah nyata yang benar-benar terjadi sebelumnya, dan bahkan menjadi viral. Film-film bertema skandal biasanya menceritakan betapa korupnya pemerintah atau perusahaan besar. Tetapi ada juga objek cerita lainnya yang bisa digali. Nah dalam artikel kali ini, kita akan membahas beberapa film yang menceritakan atau menguak skandal besar. Apa saja? Simak berikut ini Geeks!

9Truth

Film ini mengikuti perjalanan Mary Mapes (diperankan oleh Cate Blanchett), seorang produser berita berpengalaman di CBS News, dan Dan Rather (diperankan oleh Robert Redford), seorang jurnalis terkenal, saat mereka menyelidiki laporan kontroversial tentang rekam jejak militer Presiden George W. Bush. Ketika laporan mereka disiarkan, mereka dihadapkan pada serangkaian tantangan dan tekanan.

Mereka juga mendapatkan serangan politik dan pertanyaan tentang keakuratan informasi yang mereka laporkan. Ketika kebenaran laporan mereka dipertanyakan, Mary Mapes dan Dan Rather harus mempertahankan integritas mereka sebagai jurnalis dan memperjuangkan kebenaran di tengah tekanan politik dan kepentingan korporasi. Mereka dihadapkan pada pilihan sulit antara menjaga prinsip jurnalisme dan melindungi karier mereka sendiri.

Meskipun mendapat ulasan campuran dari kritikus, penampilan Cate Blanchett dan Robert Redford dalam “Truth” mendapat pujian luas. Mereka berhasil menghidupkan karakter-karakter yang kompleks dan membawa penonton ke dalam dunia jurnalisme investigatif. Dirilis pada tahun 2015, film ini disutradarai oleh James Vanderbilt dan didasarkan pada memoar Mary Mapes yang berjudul “Truth and Duty: The Press, the President, and the Privilege of Power.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/