Series The Penguin bisa jadi jalan untuk memperkenalkan berbagai villain klasik dan ikonik Batman lainnya di jagat sinematik Matt Reeves tersebut. Pasca kesuksesan dari film The Batman yang rilis pada 2022 kemarin, Warner Bros. dan DC Film berencana menghadirkan sebuah series spinoff. Series spinoff perdana ini akan berfokus pada sosok Oswald Cobblepot alias The Penguin. Meskipun ceritanya akan berfokus pada sosok The Penguin, namun seriesnya bisa jadi jalan untuk perkenalkan karakter villain klasik Batman lain. Siapa saja?

9Victor Zsaz

Victor Zsasz merupakan salah satu villian underrated dari sekian banyak villain yang muncul dan pernah berhadapan dengan Batman. Karakternya sendiri sebenarnya sudah pernah menjadi cameo dalam film Batman Begins garapan Christophe Nolan. Dan dia memiliki peranan yang lebih besar dalam film Birds of Prey. Joker sebenarnya bukan hanya sosok villain psikopat yang pernah Batman hadapi.

Victor Zsasz merupakan salah satu villain yang tidak kalah mengerikan dan tidak kalah gila dari Joker. Dalam cerita komiknya, Victor Zsasz sering menghabisi nyawa orang lain untuk sebuah pikirannya yang gila di mana dia yakin itu adalah cara untuk “membebaskan” beban kehidupan dari orang tersebut. Dan setiap kali dia menghabisi seseorang, di akan mentato atau menyayat lengannya.

Dengan universe The Batman yang kelam, serta bagaimana kemudian filmnya sudah memperlihatkan jika Bruce berhasil menangkap Joker yang diperankan oleh Barry Keoghan, rasanya tidak berlebihan jika kita kemudian melihat kemunculan dari sosok psikopat lainnya. The Penguin bisa jadi jembatan untuk memperkenalkan karakter villain tersebut sebelum kemudian bisa muncul di sekuel The Batman. Salah satu skenario yang masuk akal adalah Victor Zsasz jadi pembunuh yang ditugaskan untuk menghabisi Batman oleh para mafia di kota Gotham.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.