Mungkin masih banyak diantara Geeks dan penggemar semua yang bingung dengan nama asli para karakter Saiyan dalam cerita Dragon Ball. Series Dragon Ball merupakan mahakarya dari mendiang Akira Toriyama yang sangat fenomenal dan luar biasa. Satu hal yang populer dari Dragon Ball adalah kemunculan bangsa Saiyan. Dalam ceritanya, bangsa Saiyan terkenal sebagai bangsa yang kuat dan ahli bertarung. Dan mungkin ada beberapa hal dari bangsa Saiyan yang tidak banyak orang ketahui seperti nama asli mereka.

2Nama Para Saiyan Dragon Ball

Meskipun kita mengenal sosok protagonis utama di series Dragon Ball sebagai Son Goku, namun sebenarnya itu bukanlah nama asli dari Goku. Nama ‘Goku’ sendiri merupakan pemberian dari kakek Gohan yang menemukannya saat masih bayi. Sebenarnya, Goku memiliki nama asli yang merupakan nama pemberian dari kedua orang tuanya, Bardock dan Gine, yaitu Kakarot.

Yang menarik adalah tidak sedikit orang yang keliru terkait dengan nama antara Goku dan Kakarot. Banyak yang beranggapan jika sedari awal nama dari protagonis utama Dragon Ball adalah Goku. Sedangkan, nama ‘Kakarot’ hanya sekedar panggilan atau julukan semata. Faktanya, Kakarot merupakan nama asli dari Goku yang memang kurang begitu populer di banyak kalangan.

Asal-usul mengenai nama Kakarot sendiri sebenarnya sempat jadi misteri besar di franchise Dragon Ball. Selama puluhan tahun para fans bertanya-tanya mengapa nama asli Goku adalah Kakarot. Namun, jawaban dari hal ini akhirnya terjawab dalam series manga Dragon Ball Super chapter 77. Dalam chapternya nampak bagaimana Bardock kembali ke planet Vegeta setelah pergi berbulan-bulan.

Nampak Gine sudah tidak lagi mengandung Goku dan bayinya sudah lahir dan tersimpan di inkubator. Dalam percakapan Bardock dengan Gine, Bardock mengusulkan bahwa nama dari bayinya tersebut adalah Kakarot. Ini adalah peristiwa prekuel sebelum kemudian planet Vegeta hancur akibat Frieza dan pasukannya dan Bardock serta Gine pun mengirim pod berisi Raditz dan Goku keluar dari planet Vegeta.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa kita tarik kesimpulan jika Kakarot bukanlah julukan atau sebutan atau panggilan dari Goku, melainkan itu merupakan nama asli Saiyan dari Goku. Setelah dia sampai di bumi dan kemudian ditemukan oleh kakek Gohan, barulah dia mendapatkan nama bumi yang kemudian sangat populer yaitu Goku. Dia kemudian merawatnya hingga bia seperti sekarang.

Asal-Usul Nama Saiyan – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.