Dalam mayoritas cerita fiksi seperti anime biasanya para karakter utama akan terus hidup hingga akhir cerita, namun sebagian justru berakhir tewas. Seperti yang Geeks ketahui, para karakter karakter utama dalam anime atau karya fiksi lainnya biasanya selalu mendapatkan plot armor agar mereka bisa terus bertahan sampai akhir cerita. Meskipun hal ini sudah sering bisa ditebak oleh para fans, namun ada beberapa series anime yang justru karakter utama mereka berakhir tewas. Siapa saja?

7Grave Of The Fireflies

Perang memang selalu membawa kesengsaraan bagi semuanya. Masyarakat biasa selalu menjadi korban dari peperangan. Dan inilah yang coba dihadirkan oleh Hayao Miyazaki dalam film Grave of the Fireflies, di mana kita diperlihatkan bagaimana kondisi penduduk Jepang saat perang dunia kedua. Lebih tepatnya, film ini menghadirkan efek dari serangan bom Hiroshima dan Nagasaki.

Gambaran dari bagaimana menderita dan sengsaranya penduduk Jepang saat perang dunia kedua kemudian diperlihatkan oleh dua orang karakter dalam ceritanya, yaitu Seita dan Setsuko. Mereka adalah kakak beradik yang sedang berjuang untuk bertahan hidup di wilayah tempat tinggalnya di Kobe sambil berada di tengah-tengah situasi perang. Melalui kisah Seita dan Setsuko, Hayao Miyazaki ingin menyampaikan pesan anti perang.

Momen paling menyedihkan dalam film Grave of the Fireflies terjadi ketika Seita Yokokawa kemudian diperlihatkan tewas akibat kelaparan. Dia sebenarnya mencoba untuk mencari makanan demi adiknya dan juga dirinya. Namun, karena tidak adanya bahan makanan membuat bukan hanya Seita yang harus mati kelaparan melainkan juga sang adik yaitu Setsuko. Cerita tentang realita pasca perang ini dianggap sebagai salah satu film terbaik dari Ghibli.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.