Series manga One Piece karya Eiichiro Oda merupakan salah satu series terlama hingga saat ini, namun ada juga yang jauh lebih lama dari One Piece. Di tahun 2024 mendatang, One Piece akan merayakan kemunculan mereka yang sudah mencapai 25 tahun. Hal ini membuat One Piece jadi salah satu series paling lama dalam sejarah. Namun, mungkin banyak yang tidak tahu jika ada manga lain yang jauh lebih lama dari series One Piece. Apa saja?

9Dokaben

Series manga paling lama dari One Piece lainnya di daftar ini adalah Dokaben. Ini adalah sebuah manga olahraga yang bercerita tentang petualangan dari sosok karakter Taro Yamada. Taro Yamda merupakan seorang pemain baseball di sekolah SMA, yang mana kita juga akan melihat petualangan Taro beserta tim baseball SMAnya tersebut. Dokaben termasuk salah satu series manga olahraga yang palin awal muncul.

Series manganya pertama kali rilis di majalah Weekly Shonen Champion mulai dari 1972 sampai 1981. Kurang lebih Dokaben sudah merilis total hingga 48 volume. Kreator seriesnya, Shinji Mizushima, kemudian merilis kelanjutan cerita dari Yamada Taro dalam cerita sekuel Dai Koshien. Seriesnya masih mengikuti cerita Yamada dan tim baseball SMA miliknya tersebut.

Series Dokaben sendiri total sudah menghadirkan manga sebanyak 205 volume, di mana 48 volume berasal dari Dokaben, Dai Koshien menghasilkan 26 volume, selanjutnya adalah Dokaben Professional Baseball yang melahirkan 52 volume, Dokaben Superstars berjumlah 45 volume, dan terakhir adalah Dokaben Dream Tournament yang berjumlah 34 volume.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.