Series manga One Piece karya Eiichiro Oda merupakan salah satu series terlama hingga saat ini, namun ada juga yang jauh lebih lama dari One Piece. Di tahun 2024 mendatang, One Piece akan merayakan kemunculan mereka yang sudah mencapai 25 tahun. Hal ini membuat One Piece jadi salah satu series paling lama dalam sejarah. Namun, mungkin banyak yang tidak tahu jika ada manga lain yang jauh lebih lama dari series One Piece. Apa saja?

8Kinnikuman

Series manga yang paling lama dari One Piece yang lainnya adalah Kinnikuman. Ini merupakan sebuah series klasik dan sangat populer di Jepang. Bahkan, series manga ini sudah bukan lagi sekedar hiburan melainkan sudah menjadi sebuah ikon terutama bagi generasi sebelum Gen Z. Series manga bergenre komedi ini mengambil tema tentang gulat di mana karakter utamanya bernama Kinnikuman.

Seriesnya pertama kali muncul di Weekly Shonen Jump pada 1979 hingga 1987, dengan total volume manganya kurang lebih 36. Kreator seriesnya kemudian menghadirkan cerita lain yaitu Kinnikuman II atau yang lebih dikenal sebagai Ultimate Muscle. Manga ini kemudian dirilis pada majalan Weekly Playboy pada 1998 hingga 2004 bersama dengan arc sekuel yang rilis pada 2011.

Total kedua ceritanya sudah menghadirkan 57 volume manga. Setelah itu, kreator seriesnya kemudian kembali ke cerita Kinnikuman dan mulai merilis di Shi Play News dengan total 46 volume manga. Secara keseluruhan, total volume manga dari Kinnikuman dari 1972 hingga sekarang mencapai 138 volume. Hal inilah yang membuat Kinnikuman jadi manga yang paling lama dan juga paling banyak mengahdirkan cerita.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.