Di universe para monster bentukan Legendary Pictures, atau yang biasa disebut sebagai MonsterVerse, terdapat beberapa tipe Titan yang membedakan mereka semua. Semenjak diperkenalkan pada 2014 lalu dalam melalui film Godzilla dan Kong: Skull Island, MonsterVerse sudah banyak memperkenalkan berbagai macam Titan atau monster raksasa. Para monster raksasa atau Titan di MonsterVerse tersebut terbagi dalam empat tipe utama. Apa saja?

2Titan Robotik

Robotic Titan atau Titan Robotik adalah tipe Titan di MonsterVerse selanjutnya. Seperti halnya King Ghidorah, Mechagodzilla merupakan satu-satunya Titan yang masuk daftar Titan Robotik meskipun lagi-lagi Legendary Pictures mungkin akan memperkenalkan Titan lainnya dari tipe ini pada masa yang akan datang. Sesuai namanya, Titan Robotik bukanlah makhluk hidup seutuhnya.

Titan Robotik lahir melalui proses sains atau proses ilmiah. Mereka diciptakan dengan bantuan mesin, persenjatan manusia, dan merupakan versi robot dari para Titan. Untuk Mechagodzilla sendiri dia merupakan Titan Robotik yang diciptakan mengikuti Godzilla alias versi robot dari Godzilla. Dalam sejarahnya, baik dalam versi Toho ataupun versi MonsterVerse, Titan Robotik sebenarnya bukan sebuah tipe Titan.

Namun, semenjak kemunculan Mechagodzilla akhirnya jenis tipe Titan ini pun muncul. Yang menarik kemudian adalah meskipun Mechagodzilla termasuk Titan dengan tipe robotik, banyak fans yang juga menganggap jika Titan tersebut masuk dalam tipe Titan Supranatural. Hal ini karena Mechagodzilla tidak mengalami evolusi seperti halnya Godzilla dan bahkan dia bukanlah makhluk hidup sebenarnya melainkan hasil kreasi manusia.

Titan Alpha

tipe titan monsterverseIni adalah tipe Titan yang paling populer dan paling cukup sering muncul dalam cerita MonsterVerse. Sejauh ini, ada empat Titan yang sudah muncul dan termasuk tipe Titan Alpha di MonsterVerse. Mereka adalah Godzilla, King Kong alias Kong, King Ghidorah, dan juga Mothra. Film The New Empire akan memperkenalkan Titan Alpha yang baru yang jadi villain di filmnya yaitu Scar King.

Alasan mengapa seekor Titan masuk tipe ini adalah karena mereka terlahir sebagai pemimpin. Seperti halnya dalam kelompok binatang, Titan Alpha adalah mereka yang memang memiliki jiwa kepemimpinan tinggi. Selain itu, mereka juga harus memiliki raungan yang khas Titan Alpha. Raungan tersebut harus terdengar dan dirasakan oleh semua Titan yang ada di bumi.

Raungan Alpha ini juga bisa membuat Titan lain tertidur, menghabisi Titan tertentu, atau menjadi pengingat bagi Titan lainnya. Seekor Titan Alpha biasanya juga pemimpin di sebuah wilayah atau pemimpin dari sebuah kelompok. Misalnya, Kong adalah pemimpin dari Skull Island dan juga merupakan pemimpin sah dari Hollow Earth. Sedangkan, Godzilla merupakan raja dari para monster sesuai dengan titelnya dan Mothra sendiri merupakan ratu bagi para monster.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.