Kekuatan Roronoa Zoro memang sulit ditandingi apalagi pasca timeskip, namun ada beberapa buah iblis yang bisa tandingi kekuatan sang karakter. Roronoa Zoro saat ini bisa dianggap sebagai salah satu karakter terkuat di cerita One Piece. Peningkatan kekuatannya benar-benar sangat dahsyat, yang mana membuatnya jadi karakter yang sulit untuk dihentikan. Meskipun begitu, ada beberapa buah iblis yang dianggap bisa tandingi kekuatan Zoro. Apa saja?

7Horo Horo No Mi

Horo Horo no Mi merupakan buah iblis yang memiliki kekuatan unik. Buah iblis berjenis Paramecia ini memberikan kekuatan kepada penggunanya untuk merubah kondisi mental seseorang dari positif menjadi negatif. Buah iblis ini dikonsumsi oleh Perona, bawahan dari Gecko Moria. Ketika seseorang terkena kekuatan serangan buah iblis ini, yang biasanya muncul dalam wujud karakter transparan, moral dan stamina yang ada dalam diri orang tersebut akan terkuras habis.

Selain itu, yang juga membuat buah iblis ini sebenarnya berbahaya adalah bagaimana efek dari kekuatannya tidak terpengaruh oleh Haki. Luffy, Zoro, Franky, dan yang lain adalah bukti nyata bagaimana buah iblis ini kebal terhadap Haki, di mana mereka berubah menjadi sosok negatif dan pesimis setelah terkena serangan ini. Hal ini muncul dalam arc Thriller Bark yang mana momen ini jadi salah satu momen yang ikonik.

Satu-satunya yang mampu menandingi kekuatan Perona adalah Usopp. Hal tersebut karena Usopp memang sedari awal sudah memiliki pemikiran atau pikiran yang negatif dan pesimis. Zoro selalu memiliki optimistis yang sangat tinggi, karena tekad dan mimpinya untuk jadi ahli pedang terbaik di dunia. Inilah yang kemudian bisa dimanfaatkan oleh pemilik buah iblis Horo Horo untuk menyerang mental Zoro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.