Spoiler One Piece untuk chapter 1100 menghadirkan kelanjutan kisah masa lalu dari Bartholomew Kuma dan juga pertemuannya dengan Gorosei Saturn. Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana asal-usul Kuma menjadi sosok bajak laut. Kuma rela untuk menerima semua tanggapan buruk orang-orang, termasuk julukan tiran, demi melindungi para penduduk kerajaan Sorbet dari agresi King Bekori. Dan kita juga melihat bagaimana Kuma akhirnya bertemu dengan sosok Vegapunk.

2Kuma Incar Luffy

Dari informasi spoiler yang ada, sepertinya cerita tentang kisah masa lalu Bartholomew Kuma masih akan berlangsung selama beberapa chapter kedepan. Hal ini berdasarkan fakta jika Kuma tiba di desa Fusha yang tentunya memunculkan banyak spekulasi dan pertanyaan di kalangan fans. Apakah Kuma hendak melakukan sesuatu kepada Luffy atau ada hal lainnya yang sudah dia rencanakan?

Dan yang kemudian jadi pertanyaan besarnya adalah apakah kemunculan Kuma ke desa Fusha ada kaitannya dengan Luffy dan perintah Dragon? Sebelumnya, para fans juga sempat penasaran dengan apa yang kemudian jadi alasan Kuma mau membantu kru Topi Jerami saat berada di Sabaody. Jika melihat dari kilas balik ini ada satu kemungkinan besar untuk hal tersebut.

Kemungkinan tersebut adalah balas budi Kuma untuk jasa Dragon. Di chapter 1099 diperlihatkan bagaimana Dragon memberi tahu sosok Vegapunk kepada Kuma, yang mana hal tersebut jadi jalan kesembuhan dari Bonney meskipun pada akhirnya Kuma harus menerima “akibat” dari hal tersebut yaitu dia menjadi cyborg tanpa perasaan. Kuma memutuskan untuk membalas kebaikan Dragon dengan cara lain, karena dia sudah tidak bisa berbuat banyak.

Mengapa demikian? Dalam spoiler ini terungkap bagaimana Kuma terpaksa menerima tawaran untuk menjadi Shichibukai, yang mana artinya dia sudah tidak bisa lagi menjadi bagian dari Pasukan Revolusi seperti yang dia inginkan sebelumnya. Karena itulah, Kuma memutuskan untuk membalas budi kebaikan Kuma dengan cara lain yaitu membantu anaknya, Luffy, dan juga para krunya berkembang.

Di akhir chapter 1100 terungkap bagaimana kemudian Kuma pergi ke desa Fusha. Ada kemungkinan besar jika Kuma sebenarnya ingin membalas budi seperti yang dijelaskan di atas, namun saat itu Kuma belum menemukan sosok Luffy yang kemungkinan sedang bersama Sabo dan Ace bersama Dadan. Inilah yang kemudian membuat Kuma baru mulai bergerak membantu Luffy dan krunya di arc Thriller Bark dan Sabaody.

Di sisi lain, menarik tentunya untuk melihat apa rencana Kuma selanjutnya setelah dia berubah menjadi cyborg untuk proyek Pacifista. Dari apa yang muncul di cerita sebelumnya terungkap jika Kuma tidak memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan rencana yang sudah dia persiapkan. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Kuma Tidak Bisa Kembali Jadi Manusia – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.