Terkadang, film bisa menjadi sarana untuk mendidik karakter anak. Film memang tak hanya sekedar hiburan saja, tetapi juga mampu memberikan edukasi kepada anak. Yang harus dicatat, bahwa ketika anak menonton, peran orang tua juga masih dibutuhkan. Karena orang tualah yang mampu memfilter tayangan mana yang pantas untuk anak dan tayangan mana yang tidak. Menariknya nih Geeks, meski film anak-anak biasanya cocok untuk disaksikan oleh orang dewasa, ternyata ada juga beberapa film yang dianggap memiliki konten yang tak pantas, sehingga akhirnya film-film ini harus dilarang tayang di beberapa negara. Lantas apa saja film anak-anak yang dilarang tayang?

6E.T. the Extra-Terrestrial

E.T. the Extra-Terrestrial adalah film yang disutradarai Steven Spielberg. Film yang rilis pada tahun 1982 ini mengikuti kisah seorang anak laki-laki bernama Elliott yang menemukan makhluk asing yang terdampar di Bumi. Makhluk tersebut, diberi nama E.T.Hubungan antara Elliott dan E.T. menjadi semakin kuat seiring waktu, dengan E.T. menunjukkan kekuatan telepati dan kemampuan penyembuhan. Mereka berusaha untuk menyembunyikan E.T. dari pihak berwenang dan membantunya kembali ke rumahnya sendiri.

Ketika dirilis, film E.T sempat dilarang tayang. Negara yang melarang penayangan film ini adalah Swedia. Lembaga sensor di sana memutuskan untuk melarang film E.T. untuk anak di bawah usia 11 tahun. Pasalnya film tersebut dianggap memberikan gambaran bahwa orang dewasa sebagai musuh anak-anak. Seperti yang kita ketahui bahwa film tersebut, agen pemerintah muncul untuk mengejar E.T.

Keputusan untuk melarang film ini tayang pun disesalkan oleh anak-anak dan orang tua di Swedia. Mereka tidak setuju dengan keputusan ini, dan mereka sempat melakukan protes di luar bioskop. Sementara itu ada juga orang tua lain yang memilih berbohon dan mengatakan bahwa anak-anak mereka sudah cukup umur untuk menonton film E.T. di bioskop. Anak-anak kala itu memang sangat menginginkan untuk menonton film E.T.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/