Terkadang, film bisa menjadi sarana untuk mendidik karakter anak. Film memang tak hanya sekedar hiburan saja, tetapi juga mampu memberikan edukasi kepada anak. Yang harus dicatat, bahwa ketika anak menonton, peran orang tua juga masih dibutuhkan. Karena orang tualah yang mampu memfilter tayangan mana yang pantas untuk anak dan tayangan mana yang tidak. Menariknya nih Geeks, meski film anak-anak biasanya cocok untuk disaksikan oleh orang dewasa, ternyata ada juga beberapa film yang dianggap memiliki konten yang tak pantas, sehingga akhirnya film-film ini harus dilarang tayang di beberapa negara. Lantas apa saja film anak-anak yang dilarang tayang?

7Christopher Robin

Geeks tentunya tahu dengan Winnie the Pooh. Nama “Winnie” diambil dari seekor beruang hitam Kanada yang tinggal di Kebun Binatang London. Sementara “Pooh” adalah nama yang diberikan oleh Christopher Robin pada seekor anjingnya, dan itulah nama yang diambil untuk, “Winnie the Pooh.” Karakter Winnie the Pooh memang selalu dikaitkan dengan anak-anak, mengingat bentuknya yang lucu dan menggemaskan.

Tetapi nih Geeks, di Tiongkok, Winnie the Pooh punya makna berbeda. Sejak tahun 2013, Winnie the Pooh digunakan sebagai simbol perlawanan terhadap partai komunis Tiongkok dan pemimpin mereka saat ini Xin Jinping. Selama bertahun-tahun, banyak meme yang dibuat untuk membandingkan Jinping dengan Pooh karena bentuknya dianggap mirip.

Bahkan meme tersebut lebih banyak beredar di tahun 2018, ketika di tahun tersebut diumumkan bahwa masa jabatan Jinping tidak memiliki batasan, yang membuatnya bisa terus berkuasa. Di tahun yang sama (2018), sebuah film Winnie the Pooh pun dirilis yang berjudul resmi Christopher Robin. Akibatnya, film Christopher Robin dilarang tayang di Tiongkok. Padahal tidak ada yang salah dengan film tersebut, yang sebenarnya juga bisa ditonton oleh anak-anak.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/