Terkadang, film bisa menjadi sarana untuk mendidik karakter anak. Film memang tak hanya sekedar hiburan saja, tetapi juga mampu memberikan edukasi kepada anak. Yang harus dicatat, bahwa ketika anak menonton, peran orang tua juga masih dibutuhkan. Karena orang tualah yang mampu memfilter tayangan mana yang pantas untuk anak dan tayangan mana yang tidak. Menariknya nih Geeks, meski film anak-anak biasanya cocok untuk disaksikan oleh orang dewasa, ternyata ada juga beberapa film yang dianggap memiliki konten yang tak pantas, sehingga akhirnya film-film ini harus dilarang tayang di beberapa negara. Lantas apa saja film anak-anak yang dilarang tayang?

5A Wrinkle in Time

Ketika novel A Wrinkle in Time diterbikatkan di tahun 1962, novel tersebut langsung meraih kesuksesan yang besar. Tetapi di saat yang sama, novel tersebut juga dianggap kontroversial. Masalah utama novel tersebut adalah karena novelnya dianggap mencampurkan antara agama dan sains. Maju ke tahun 2018, novel tersebut diadaptasi oleh Disney menjadi sebuah film berjudul sama. Filmnya pun masih dibuat semirip mungkin dengan novelnya. Karena itulah Tiongkok melarang perilisan film tersebut.

Pada saat itu, Tiongkok juga tengah memberikan kuota yang terbatas untuk film asing, sehingga hanya beberapa film non-Tiongkok saja yang dapat dirilis. Namun kemungkinan besar film A Wrinkle in Time juga dilarang tayang di Tiongkok karena dianggap kontroversial. Sayangnya, film ini memang gagal total di box office. Selain itu, eksekusi filmnya pun dianggap gagal.

A Wrinkle in Time menceritakan perjalanan seorang anak perempuan cerdas bernama Meg Murry yang bersama dengan saudara laki-lakinya, Charles Wallace, dan teman-temannya, Calvin O’Keefe, menjelajahi dimensi-dimensi paralel untuk menemukan sang ayah yang hilang, Dr. Alex Murry. Menggunakan bantuan tiga makhluk ajaibm mereka menjalani petualangan melintasi ruang dan waktu.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/