Di universe DC Comics, sosok Superman adalah karakter superhero yang sangat populer namun sebagian superhero justru membenci karakter tersebut. Selama puluhan tahun, rasanya hampir tidak ada karakter superhero yang sebesar dan sepopuler Superman. Hampir semua orang di dunia dan semua kalangan tahu siapa sosok superhero dari planet Krypton tersebut. Di cerita komiknya, Superman memiliki beberapa villain ikonik seperti Lex Luthor, Doomsday, dan sebagainya. Namun, ternyata ada beberapa superhero yang justru membenci dan jadi musuh Superman.

7Lobo

Sebenarnya, sangat sulit untuk menentukan apakah Lobo merupakan superhero atau anti-hero atau bahkan villain. Namun, dalam pembahasan kali ini Lobo masuk kategori sebagai superhero. Dalam cerita komik DC, Lobo adalah bounty hunter yang bekerja antar galaksi. Yang menarik adalah mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika Lobo nyatanya pernah beberapa kali bertarung dengan Superman.

Sebagai seorang bounty hunter – dan anti-hero serta villain – layaknya Orion, sikap dari Lobo tentunya sangat berbeda dengan Superman atau para anggota justice League lainnya. Dia tidak memiliki nilai moral yang jelas layaknya para superhero lain. Bagi Lobo, selama itu menghasilkan uang dan keuntungan maka akan dia kerjakan. Prinsip ini tentunya berbeda dengan Superman.

Perbedaan sikap inilah yang membuat Lobo kemudian membenci Superman dan jadi momen di mana mereka sering kali bertarung satu sama lain. Selain Superman, sebenarnya tidak banyak superhero yang bisa dan mau bekerja sama dengan Lobo mengingat sikap dan karakternya tersebut. Inilah yang membuat Lobi jadi salah satu karakter lone wolf atau yang lebih senang beraksi sendiri.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.