Amalgam merupakan sebuah universe yang menyatukan universe DC Comics dan Marvel Comics dan mereka punya karakter yang dimiliki oleh keduanya, Axel Asher. Sudah sejak lama DC Comics dan Marvel Comics saling bersaing satu sama lain. Mereka saling menunjukan kreativitas dalam hal karakter dan cerita. Namun, pada 1997 silam kedua perusahaan tersebut memutuskan untuk menghadirkan sebuah universe bersama yang bernama Amalgam Universe. Terdapat satu karakter yang berasal dari Amalgam Universe dan dimiliki oleh DC dan Marvel, yaitu Axel Asher.

3Peran Penting Axel Asher

Secara garis besarnya, sebagai seorang Access sosok Axel Asher memiliki peran yang sangat penting yaitu menjaga agar dua universe yang ada tidak saling menyatu. Axel juga akan melakukan apapun demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan muncul akibat mereka yang tidak bertanggung jawab. Axel perlu pergi dari satu universe ke universe lainnya demi mencegah orang-orang atau karakter lain menyebrang ke universe lain.

Jika kemudian Axel diam di suatu universe terlalu lama, dia akan menyebabkan sebuah crossover yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya, hal ini sering terjadi dan Axel mampu menangani situasi tersebut tanpa orang-orang bisa menyadari tentang keterlibatannya dalam situasi itu. Mereka akan lupa apa yang sebenarnya terjadi dan Axel akan ingat mengenai hal itu karena, dia juga yang menghapus ingatannya.

Axel Asher tidak berhenti sampai di sana petualangannya. Juga muncul dalam dua miniseries lainnya All Access dan Unlimited Access. Dalam ceritanya, Axel diminta oleh Jubilee untuk mengantarnya menuju DC Univese karena dia suka terhadap Tim Drake. Namun, apa yang Jubilee lakukan ternyata adalah awal dari petaka lainnya di mana berbagai karakter Marvel lainnya kemudian muncul di universe lain.

Contohnya adalah Scorpion yang menyerang Batman di kota Gotham. Hal ini memunculkan konflik antara Justice League menghadapi X-Men. Tetapi, fakta kemudian terungkap jika semua itu merupakan akibat dari Strangefate, karakter Amalgam antara Doctor Strange dan Doctor Fate. Untungnya, Access alias Axel Asher berhasil memenjarakan Doctor Strange dan mengampuni apa yang sudah Strangefate lakukan. Dia pun mengembalikan dua universe seperti semula.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.