The Marvels diprediksi bakal menjadi film dengan penjualan yang terendah di MCU. Meskipun MCU telah berkembang menjadi cinematic universe yang sulit disaingi, namun belakangan ini mereka kesulitan mempertahankan momentum, terutama setelah perilisan Avengers: Endgame pada tahun 2019. Meskipun beberapa film MCU masih mampu mencapai kesuksesan di box office, beberapa film lain seperti Ant-Man and the Wasp: Quantumania ternyata jauh dari ekspektasi dalam hal keuntungan di box office. Dan sepertinya akan ada film lainnya di MCU yang akan bernasib sama, atau bahkan menjadi yang terburuk.

Menurut Box Office Pro, The Marvels yang akan dirilis pada 10 November mendatang sudah diprediksi akan memiliki penjualan tiket yang sangat rendah, dengan perilisan awal (di domestik) yang diperkirakan hanya menghasilkan antara $50 juta hingga $75 juta, kurang dari separuh pendapatan awal film Captain Marvel (2019) yang mampu mencapai $153,4 juta. Selain itu, penjualan tiket presale The Marvels juga mengalami penurunan sebanyak 69% dibanding Guardians of the Galaxy Vol. 3 dan 72% dibanding Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Jika prediksi itu tepat, maka The Marvels bakal memecahkan rekor film MCU dengan penjualan terburuk di era new normal ini.

Pada awal kemunculannya, MCU memang tidak begitu sukses. Contohnya ada banyak kritik yang didapat, terutama terhadap film Iron Man 3 dan Thor: The Dark World. Meski mendapat kritik, tetapi kedua film tersebut masih mampu meraih pendapatan box office yang mengesankan dan tetap membuat penonton ingin terus menyaksikan kelanjutan cerita yang dihadirkan. Namun dengan lebih dari 32 film yang diproduksi dalam kurun waktu 15 tahun, prediksi pendapatan yang buruk bagi film terbaru MCU semakin sering terjadi. Padahal cinematic universe ini dulunya dianggap luar biasa.

Apakah ini akibat dari penonton yang sudah mulai bosan dengan MCU? Atau akibat promosi filmnya yang terbatas akibat adanya aksi mogok kerja yang dilakukan aktor Hollywood? Atau mungkin ada rasa ketidakpuasan dengan arah franchise yang tampaknya tidak koheren setelah Avengers: Endgame. Itu bisa menjadi alasan-alasan potensial penjualan tiket yang rendah bagi The Marvels. Namun, yang pasti adalah bahwa era MCU yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang besar bagi Disney mulai berakhir. Kita tunggu aja ya Geeks apalagi yang akan Marvel Studios dan Disney lakukan nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/