Sepanjang MCU bergulir, kita disuguhkan dengan berbagai karakter yang memiliki keunikan masing-masing. Mayoritas karakternya memang diadaptasi dari komik Marvel, tetapi adajuga beberapa karakter yang murni diciptakan untuk MCU. Karena itulah banyak karakter yang lisensi atau hak kepemilikannya berada di tangan Marvel Studios. Tetapi ternyata nih Geeks, ada beberapa karakter MCU yang sepenuhnya tidak dimiliki Marvel Studios, sehingga mereka “meminjamnya” dari studio lain. Siapa saja karakter MCU yang bukan milik Marvel Studios?

1Spider-Man

Semua properti yang berhubungan dengan Spider-Man di MCU berada di bawah payung Sony Pictures. Dan tentu saja Sony Pictures tidak akan menyerahkan properti yang sangat menjanjikan ini kepada studio lainnya, termasuk Marvel Studios/Disney. Itu berarti, Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland juga dimiliki Sony Pictures. Karakternya bisa muncul di MCU, karena Marvel Studios dan Sony Pictures sempat melakukan kesepakatan khusus di mana Sony “meminjamkan” karakter Spider-Man untuk dapat tampil di MCU dalam beberapa film saja, sehingga Spider-Man bisa melebur dengan beberapa karakter MCU di tahun 2015. Debut Spider-Man di MCU sendiri terjadi dalam film Captain America: Civil War.

Pada tahun 2019, Marvel Studios dan Sony Pictures kabarnya melakukan kesepakatan baru tentang nasib Spider-Man. Perjanjian baru tersebut berisi bahwa jika suatu saat nanti Sony Pictures memutuskan menjalin kerjasama dengan perusahaan lain seperti Amazon, Apple, atau Netflix, maka lisensi Spider-Man akan kembali secara otomatis kepada Marvel. Selain itu, kesepakatan lainnya berisi tentang karakter Spider-Man yang masih bisa berada dalam MCU setidaknya untuk dua film terbaru (terhitung dari Spider-Man: No Way Home). Oiya Geeks, saat semua kesepakatan di atas berlangsung, Marvel Studios diberikan kendali penuh atas karakter Spider-Man, sehingga mereka bebas menentukan arah apapun terhadap karakternya.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/