MCU telah menghadirkan ragam villain yang sudah mereka tampilkan sejak tahun 2008. Ada banyak villain yang pernah muncul, mulai dari villain tanpa kekuatan super, hingga villain yang sangat kuat. Mereka memiliki ciri khasnya tersendiri, yang membuatnya berbeda dari satu villain ke villain lainnya. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa villain yang pernah muncul sekilas di MCU, tetapi tidak pernah muncul kembali. Padahal karakternya diceritakan belum tewas. Lantas siapa villain yang tiba-tiba hilang dari MCU? Simak berikut ini Geeks!

5. Grandmaster

Villain MCU berikutnya yang hilang adalah Grandmaster. Grandmaster adalah penguasa di planet Sakaar. Dalam Thor: Ragnarok, Thor dan Revengers memutuskan untuk melarikan diri dari Sakaar, meninggalkan Grandmaster. Dalam adegan credit scene, Grandmaster tampak masih hidup dan membahas tentang pemberontakan yang terjadi. Sebenarnya Grandmaster tidak memiliki peran besar dalam film Thor: Ragnarok, tetapi dialah yang menyebabkan Thor dan Hulk bertarung, karena jika menolak maka Grandmaster akan membunuh Thor. Namun sejak penampilan terakhirnya di Thor: Ragnarok, Grandmaster tak pernah muncul lagi. Tetapi aktor Grandmaster, Jeff Goldblum telah menyatakan bahwa dia akan bersedia untuk mengulangi perannya di MCU, dan mengatakan bahwa karakternya masih hidup setelah Thanos beraksi. Dalam komik, Grandmaster adalah makhluk tetua alam semesta. Jadi sebenarnya dia sangat kuat.

4. Karl Mordo

Dalam ending film Doctor Strange (2016), Strange memang diperlihatkan melawan villain superkuat bernama Dormammu. Tetapi kita melewatkan bahwa sebenarnya adalagi musuh yang harus diwaspadai yaitu Karl Mordo. Karl Mordo diperankan oleh Chiwetel Ejiofor, dan karakternya diceritakan sebagai pengikut setia The Ancient One, serta teman dekat Strange. Namun setelah The Ancient One mengetahui bahwa The Ancient One berbohong kepadanya selama bertahun-tahun, sehingga akhirnya Mordo ingin menghabisi para sorcerers alias penyihir. Sayangnya sejak itu, Karl Mordo tidak pernah lagi diperlihatkan. Mordo memang tampil dalam film Doctor Strange in the Multiverse of Madness, tetapi yang harus dicatat bahwa itu adalah versi yang berbeda.

3. Mac Gargan

Villain MCU berikutnya yang hilang adalah Mac Gargan. Dalam komik, Mac Gargan alias Scorpion adalah salah satu musuh terbesar Spider-Man. Karena itulah penampilan singkatnya dalam film Spider-Man: Homecoming seolah menunjukkan bahwa Gargan akan menjadi lawan selanjutnya bagi Spider-Man. Buat kalian yang lupa, Gargan di MCU adalah seorang penjahat yang berhasil digagalkan oleh Spider-Man. Kemudian dia ditangkap oleh FBI dan dipenjara. Dalam credit scene Spider-Man: Homecoming, Gargan sempat mengonfrontasi Andrian Toomes tentang Spider-Man. Tetapi hingga sekarang, Gargan alias Scorpion tidak pernah dimunculkan kembali. Padahal dalam komik, Gargan adalah anggota Sinister Six, tim penjahat super yang ingin memburu Spidey.

2. Georges Batroc

Georges Batroc alias Batrock the Leaper (dalam komik), sebenarnya adalah villain yang muncul dalam film Captain America: The Winter Soldier yang rilis tahun 2014. Tetapi hampir tidak ada yang menyadari kemunculannya. Apalagi filmnya dipenuhi dengan para villain besar seperti Crossbones, Dr. Arnim Zola, Bucky Barnes, hingga Alexander Pierce. Namun dari semuanya, Batroc kini menjadi satu-satunya yang masih menjadi villain di timeline MCU. Karakternya sendiri diperankan oleh Georges St-Pierre. Dalam film tersebut Batroc pernah berhadapan langsung dengan Captain America di kapal SHIELD. Tetapi Batroc pada akhirnya bukanlah tandingan bagi Captain America. Dan sejak itulah Batroc tidak pernah terlihat lagi dan dianggap hilang.

1. The Leader

Abomination alias Emil Blonsky bukanlah satu-satunya villain yang muncul dalam film The Incredible Hulk. Dalam film tersebut, Bruce Banner sempat berkomunikasi secara online dengan seorang teman misterius yang diberi nama “Mr. Blue”. Bersama-sama keduanya berharap menemukan obat untuk kondisi Banner. Ketika mereka bertemu, terungkap bahwa Mr. Blue adalah Samuel Sterns yang dalam komiknya adalah villain yang mendapat kekuatan super dari radiasi gama. Meskipun film tersebut menyiapkan panggung bagi Stern untuk menjadi The Leader, tetapi dia tidak pernah muncul kembali di MCU. The Leader bahkan sama sekali tidak muncul dalam series She-Hulk. Tetapi yang jelas, The Leader sudah dikonfirmasi akan melakukan comeback dalam film Captain America 4.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang hilang dari MCU. Di antara para villain tersebut hanya muncul sepintas, dan mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan melihat mereka kembali beraksi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/