Sesuai dengan yang janji kreator, produser, sekaligus aktor Seth Rogen, film Teenage Mutant Ninja Turtles: Mutant Mayhem bisa dibilang telah berhasil menceritakan origin dari para kura-kura ninja remaja. Di mana Leo, Donnie, Raph dan Mikey, akhirnya bisa memenangkan hati warga New York, setelah berhasil mengalahkan geng hewan mutan jahat yang ingin mengambil alih dunia manusia. Namun petualangan mereka tampaknya masih jauh dari kata selesai, karena di credit scene TMNT: Mutant Mayhem muncul sosok misterius baru yang mengancam. Siapakah dia dan apa tujuannya? Mari kita bahas, Geeks!

Kemunculan Nemesis Mematikan

Ending dari film TMNT: Mutant Mayhem ditandai dengan keberhasilan para kura-kura ninja dalam mengalahkan pemimpin geng hewan mutan jahat Superfly. Di mana kepemimpinan Leonardo, kecerdasan Donatello, amukan Raphael, serta improvisasi Michelangelo, telah berhasil membuat Superfly terpapar efek retro-mutagen TCRI sehingga dia kembali menjadi kumpulan hewan biasa. Beberapa hari setelahnya para mutan yang tersisa diceritakan pindah ke selokan bersama Master Splinter, sementara para kura-kura ninja diterima di sekolah yang sama dengan Aprile O’Neil.

Sosok misterius tmnt mutant mayhem

Meskipun terlihat happy ending, tetapi kehadiran sosok misterius di mid credit scene TMNT: Mutant Mayhem terungkap bahwa petualangan Leo, Donnie, Raph, dan Mikey masih akan terus berlanjut. Karena Cynthia Utrom, eksekutif TCRI yang punya dendam kepada para kura-kura ninja, masih berencana menangkap mereka. Sebelum roll credit kembali muncul, terungkap bahwa ke depanya Cynthia telah menyerahkan semuanya kepada sosok misterius. Bagi penggemar veteran TMNT pasti tahu siapa identitasnya, dia adalah musuh bebuyutan sekaligus villain paling mematikan bagi kura-kura ninja, yaitu Shredder.

Shredder dan Ninja Foot Clan

Dalam sejarah Teenage Mutant Ninja Turtles yang sudah dimulai sejak awal 1980-an, Shredder yang sering diceritakan punya nama asli Oroku Saki merupakan villain tertua dan terbesar para kura-kura ninja. Debut di komik perdana Teenage Mutant Ninja Turtles karya Kevin Eastman dan Peter Laird, sosok misterius yang juga muncul di credit scene TMNT: Mutant Mayhem ini adalah pemimpin dari kelompok ninja jahat yang disebut Foot Clan. Sebagai orang yang telah membunuh master pertama dari Splinter, Shredder selalu berusaha melakukan hal yang sama kepada murid-muridnya yaitu para kura-kura ninja.

Dalam upaya untuk menghancurkan Splinter bersama murid-muridnya yang entah mengapa sangat dia benci, Shredder sering diceritakan melancarkan rencana yang rumit untuk menyerang langsung markas kura-kura ninja yang tersembunyi di selokan New York. Menariknya, walaupun sekarang dia dikenal sebagai musuh bebuyutan bagi Splinter dan para kura-kura ninja, ternyata awalnya Kevin Eastman dan Peter Laird hanya berniat memunculkannya pada awal kisah TMNT saja. Namun karena banyak penggemar yang menyukainya, akhirnya Shredder terus kembali muncul walaupun sering dikalahkan.

Sampai hari ini ada banyak sekali versi Shredder yang telah dihadirkan di berbagai media TMNT, mulai dari versi pria atau wanita hingga sejenis mutan atau robot. Namun terlepas dari latar belakangnya, Shredder selalu terlihat mengenakan armor a la samurai serta sering membawa senjata cakar baja atau tekko-kagi. Bahayanya lagi Shredder tidak pernah beraksi sendirian ketika berhadapan dengan Splinter, Leo, Donnie, Raph dan Mikey. Biasanya sosok misterius di TMNT: Mutant Mayhem ini selalu ditemani oleh pasukan Foot Clan bahkan ninja-ninja tangguh lainnya, seperti Karai, Kitsune, dan para ninja mutan.

Masa Depan Shredder di TMNT

Dengan munculnya Shredder sebagai sosok misterius di credit scene TMNT: Mutant Mayhem, cukup jelas bahwa dialah yang akan jadi villain kura-kura ninja selanjutnya. Bedanya dengan Superfly yang memulai waralaba film animasinya, kemunculan Shredder diprediksi akan memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan Splinter, Leo, Donnie, Raph, dan Mikey. Bukan tidak mungkin nantinya Shredder akan dimaksudkan untuk menjadi karakter vital yang mendewasakan para kura-kura remaja tersebut.

Sosok misterius tmnt mutant mayhem

Dalam kisah pertamanya di komik TMNT sendiri kemunculan Shredder telah terbukti berhasil menghancurkan para kura-kura ninja baik fisik maupun mentalnya. Misalnya ketika dia sengaja muncul saat Malam Natal, di mana Leo, Donnie, Raph, dan Mikey tidak dalam keadaan siap untuk bertarung. Hasilnya dia berhasil membuat para kura-kura ninja khususnya sang pemimpin Leo babak belur sekaligus membakar apartemen milik April O’Neil. Berdasarkan hal tersebut bukan hal yang mustahil baginya untuk berbuat hal serupa bahkan mungkin lebih parah d sekuel TMNT: Mutant Mayhem nanti.

Sekian pembahasan tentang sosok misterius di TMNT: Mutant Mayhem yang tidak lain adalah musuh bebuyutan para kura-kura ninja dan Splinter. Kabar baiknya pada bulan Juli lalu sutradara Jeff Rowe sudah dipastikan akan kembali menggarap film sekuel TMNT: Mutant Mayhem. Selain itu sebuah series spinoff berjudul Tales of the Teenage Mutant Ninja Turtles juga dijadwalkan untuk rilis di saluran streaming Paramount+. Dengan begitu ada banyak kesempatan bagi Shredder untuk unjuk kekuatan sekaligus ancamannya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.