Ketika berbicara tentang DC, maka nama Justice League akan langsung teringat. Tim pahlawan yang berisikan para superhero kondang seperti Superman, Batman, dan Wonder Woman ini sangat populer, hingga akhirnya dibuatkan filmnya oleh Warner Bros dan DC Studios. Masih hangat diingatan kita tentang Justice Leagueyang dirilis pada tahun 2017 lalu. Sayangnya, film tersebut gagal total karena dianggap buruk dalam berbagai aspek. Sebenarnya nih Geeks, ada rencana untuk membuat lebih banyak film Justice League. Tetapi rencana itu batal karena berbagai alasan. Lantas apa saja filmnya yang batal dibuat?

Mortal

Justice League Mortal pertama kali diumumkan pada tahun 2007, dengan Kieran dan Michele Mulroney yang ditunjuk sebagai penulis naskahnya. Sementara itu George Miller bergabung dengan proyek untuk menyutradarai filmnya. Pengembangan filmnya masih terus berlanjut dengan pemeran dan kostum yang sudah dipilih. Namun Warner Bros dikabarkan tidak terlalu senang dengan naskah yang dibuat. Karena adanya mogok kerja yang dilakukan para penulis di tahun 2008-nan, penulisan ulang naskah pun tidak bisa dilakukan, dan membuat produksi filmnya terhambat hingga akhirnya dibatalkan sepenuhnya. Tadinya Justice League Mortal bakal menampilkan dua versi Batman, dan mengadaptasi cerita Justice League: Tower of Babel dan Superman: Sacrifice.

Unlimited

The best episodes of Justice League Unlimited, ranked | EW.com

Justice League Unlimited adalah film animasi tentang Justice League yang batal tayang di era Zack Snyder alias Snyderverse. Film ini menjadi sekuel dari series Justice League yang tayang sejak tahun 2004 hingga 2006. Menurut Jay Olivia, seorang artist storyboard yang terlibat dalam pembuatan film DCU, dia mengatakan bahwa peristiwa di film ini dipicu karena Reverse-Flash alias Eobard Thawne yang membuat ulah. Yap, film tersebut tadinya akan mengadaptasi cerita Flashpoint Paradox, dan semua pahlawan tidak saling mengenal satu sama lain dan justru saling serang. Meski ceritanya cukup menjanjikan, tetapi pada akhirnya Justice League Unlimited dibatalkan.

Justice League 2

Sama seperti Justice League Unlimited, Justice League 2 juga berada di Snyderverse, dan disiapkan sebagai sekuel Justice League (2017). Film kedua ini tadinya akan menceritakan  Lex Luthor yang mulai merekrut Legion of Doom dan mencoba mengaktifkan Anti-Life Equation untuk menghancurkan Justice League. Dalam film itupun Superman dan Darkseid akan bertarung. Dan ketika Superman terkena efek Anti-Life Equation, Superman pun menjadi sosok yang menakutkan. Tadinya, Justice League 2 akan dirilis pada tahun 2019, dua tahun setelah film pertamanya. Selain itu, film ini tadinya juga akan digarap oleh Zack Snyder sebagai sutradara.

Justice League 3

Justice League 3 melanjutkan kisah yang menggantung dari film kedua. Zack Snyder memang sudah menyiapkan trilogi Justice League, yang berakhir dalam film ketiga ini. Namun seperti yang sudah kita ketahui bahwa trilogi ini dibatalkan dengan hanya menghasilkan satu film Justice League saja. Filmnya dibuka dengan kedatangan Green Lantern yang baru tiba di Bumi dan bergabung dengan Justice League (tanpa Superman di dalamnya. Dalam film ini, kita bisa melihat bagaimana pertarungan antara Superman melawan anggota Justice League seperti Deadshot, Mera, Cyborg, Green Lantern, Flash, dan Batman. Dan seperti yang sudah disebutkan di atas kita harus rela untuk move-on dari film ini karena tidak akan pernah dibuat.

 Worlds Collide

Justice League World Collide juga sama seperti Justice League Unlimited karena berbentuk animasi. Film animasi ini tadinya akan berlangsung di antara season kedua dari series Justice League (2001) dan season pertama dari series Justice League Unlimited (2004). Film ini awalnya akan menampilkan Crime Syndicate, tim villain yang berasal dari universe lain. Crime Syndicate sendiri berisi para villain seperti Ultraman, Superwoman, Owlman, Johnny Quick, dan masih banyak lagi. Selain itu, Wonder Woman juga diceritakan memiliki invisible jet. Namun masih belum terungkap tentang informasi lainnya terkait film ini yang dibatalkan.

Itulah dia Geeks beberapa film tentang tim pahlawan super ini yang dibatalkan. Padahal masing-masing dari film tersebut memiliki cerita yang sangat menarik untuk disimak.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/