Series Loki season 2 yang dijadwalkan untuk segera tayang di saluran streaming Disney+ baru saja merilis trailer teranyarnya. Selain menampilkan first look dari para karakter familier, seperti Loki, Mobius, Sylvie, dan bahkan varian Kang’ Victor Timely, trailer baru ini juga akhirnya mengungkap identitas karakter menarik dari aktor Ke Huy Quan. Di mana ternyata dia akan memerankan karakter bernama unik, yaitu Ouroboros atau yang biasa dipanggil OB. Siapa sebenarnya Ouroboros di series Loki season 2? Apakah karakternya berasal dari Marvel Comics? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini, Geeks!

Penggambaran Karakter OB di MCU

Pertama kali terungkap sejak bulan September tahun lalu, aktor Ke Huy Quan sebenarnya memang sudah dikonfirmasi akan berperan sebagai juru arsip Time Variance Authority di Loki season 2. Di mana Quan mengaku telah mendapatkan ajakan langsung dari Presiden Marvel Studios Kevin Feige yang merasa tertarik dengan akting briliannya di film Everything Everywhere All at Once (2022). Mengingat Quan sendiri adalah pemenang Oscar yang cukup dicintai di Hollywood, banyak yang penasaran dengan detail karakternya.

Ouroboros loki 2

Sekarang melalui trailer baru Loki season 2 akhirnya penggemar bisa tahu bahwa ternyata karakter yang akan diperankan Quan adalah Ouroboros alias OB. Sesuai dengan deskripsi sebelumnya, OB memang bertindak sebagai seorang juru arsip yang bertugas mengelola sekaligus menjaga database serta berbagai peralatan canggih TVA. Dalam cuplikan trailernya, OB yang berada di tempat kerjanya menjelaskan kepada Mobius bahwa Loki mengalami kondisi berbahaya yang disebut ‘timeslipping’, di mana tidak ada cara untuk menyebuhkannya. Karakternya sendiri digambarkan sebagai sosok yang cukup jenaka.

Sayangnya selain nama karakternya, untuk sekarang masih belum diketahui secara detail siapa Ouroboros. Walaupun begitu, jika kita perhatikan, OB bisa dibilang merupakan karakter gabungan dari dua peran lama Quan di film lain. Yang pertama adalah karakter Richard Wang, seorang pembuat gadget amatir di film The Goonies (1985). Dan karakter yang kedua adalah Waymond Wang dari di film bertema multiverse Everything Everywhere All at Once. Di mana OB sendiri adalah juru arsip dan gadget di organisasi multiverse TVA.

Adakah Ouroboros di Marvel Comics?

Di Marvel Universe sendiri tidak ada karakter bernama Ouroboros yang punya hubungan langsung dengan TVA seperti di series Loki season 2 nanti. Namun jika merujuk pada namanya saja, sebenarnya ada satu karakter minor bernama sama yang pernah diperkenalkan oleh Marvel Comics. Dia adalah Admiral Ouroboros yang menjadi musuh Silver Surfer di komik Silver Surfer Vol. 7 (2015), sebelum akhirnya dia diceritakan terjebak dalam time loop. Karakter ini pernah dimunculkan juga di game Marvel Contest of Champions, tetapi penggambarannya sangat berbeda dengan versi MCU.

Elemen Marvel Universe lainnya yang punya nama hampir mirip dengan Ouroboros adalah Oculus Oroboros. Namun elemen yang diperkenalkan di komik Doctor Strange, Sorcerer Supreme #62 (1993) ini hanyalah sebuah artefak sihir yang bentuknya menggambarkan dua ular yang saling memakan ekor hingga membentuk lingkaran. Sejauh ini masih belum ada lagi karakter atau elemen di Marvel Comics yang namanya mirip. Berdasarkan fakta tersebut cukup aman untuk kita simpulkan bahwa Ouroboros alias OB adalah karakter original MCU yang diciptakan khusus untuk diperankan Ke Huy Quan di Loki season 2.

Arti Keberadaan Ouroboros di TVA

Ouroboros loki 2

Terlepas dari karakternya yang bikin penasaran, Ouroboros tampaknya akan mempunyai peran vital di Loki season 2 nanti. Di mana dia akan terlibat dalam petualangan epik lintas timeline bahkan multiverse yang dilakukan oleh protagonis Loki dan Mobius. Dalam mitologi kuno sendiri ouroboros adalah sebuah simbol ular atau naga yang memakan ekornya sendiri dan sering diartikan juga sebagai simbol keutuhan dan ketidakterbatasan. Berbekal arti namanya tersebut, bukan tidak mungkin keberadaan OB nanti akan menggambarkan ketidakterbatasan TVA dan alam semesta MCU secara keseluruhan.

Sekian pembahasan tentang karakter Ouroboros yang akan debut di series Loki season 2 nanti. Kesimpulannya dia adalah karakter jenaka dari aktor Ke Huy Quan yang bertindak sebagai juru arsip dan gadget TVA. Di mana pada suatu titik di seriesnya karakter yang juga dipanggil OB ini akan turut membantu Loki dan Mobius dalam menyelesaikan misinya. Kita lihat saja nanti seperti apa detail karakter dan peran Ouroboros di Loki season 2, saat seriesnya tayang perdana pada tanggal 6 Oktober hanya di saluran streaming Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.