Film Transformers: Rise of the Beasts baru saja tayang di bioskop seluruh dunia. Di film live action ketujuh ini kita telah diperkenalkan pada banyak Transformers baru yang punya desain dan karakteristik unik. Salah satunya yang cukup menarik perhatian penggemar adalah Nightbird, Terrorcons wanita yang bergaya seperti ninja lengkap dengan katana kembar sebagai senjata khasnya. Tahukah kalian bahwa dalam mitologi Transformers sendiri sebenarnya ada beberapa kelompok robot ninja yang mirip seperti dirinya. Berikut ini empat kelompok Transformers ninja yang mungkin jarang orang tahu!

Spy Changer

Pertama kali diperkenalkan tahun 2001 melalui serial animasi Robots in Disguise, Spy Changer adalah sebutan untuk sub-grup Autobots yang punya spesialisasi khusus untuk misi stealth. Para anggota Spy Changer, termasuk Crosswise, Hot Shot, Ironhide, Mirage, R.E.V., dan W.A.R.S., mengklaim diri mereka sebagai kelompok Transformers ninja yang harus membantu Optimus Prime dalam mengalahkan Megatron di Bumi.

kelompok transformers ninja

Keunggulan Spy Changer sendiri terletak pada kecerdasan setiap anggotanya, serta kemampuan untuk bergerak pada hampir semua permukaan tanah, dinding, maupun air, membuat tubuhnya seakan tembus pandang, dan bahkan bergerak menembus benda padat. Sayangnya karena spesialisasi mereka lebih berfokus pada misi stealth, hampir semua anggota Spy Changer pada umumnya terbilang lemah dalam pertarungan langsung.

Cyber Ninja Corps

Cyber Ninja Corps adalah kelompok Transformers ninja lainnya yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepahlawanannya layaknya kesatria Jepang. Debut di serial Transformers the Animated pada tahun 2007, Cyber Ninja Corps merupakan sub-grup Autobots yang biasanya bertindak sebagai relawan misi jangka panjang. Autobots Prowl, Jazz, Warpath, Decepticons Oil Slick, dan bahkan bounty hunter Lockdown yang pernah muncul di film live action Age of Extinction, adalah para anggota/mantan anggota Cyber Ninja Corps.

kelompok transformers ninja

Semua yang pernah menjadi bagian dari Cyber Ninja Corps bisa dipastikan telah berguru kepada Yoketron, master yang menguasai seni bela diri Circuit-Su dan Metallikato. Selain mahir dalam pertarungan tangan kosong, para Cyber Ninja Corps juga dibekali dengan sejumlah teknologi canggih yang memungkinkan mereka melakukan semacam telekinesis. Sayangnya corps mereka jadi kurang stabil setelah Lockdown menghabisi nyawa Yuketron.

Swordbot Shinobi Team

Swordbot Shinobi Team adalah kelompok Transformers Ninja yang pertama kali diperkenalkan di serial anime Transformers GO. Mereka adalah sub-grup Swordbots yang terdiri dari Gekisoumaru, Hisoumaru, dan Sensuimaru, di mana mereka sering diceritakan bersekutu dengan Autobots khususnya ketika menghadapi musuh bebuyutan mereka Predacons Bakudora dan Judora. Kekuatan utama mereka terletak pada perubahan yang beragam saat bergabung menjadi satu Transformers raksasa.

kelompok transformers ninja

Saat sendiri, Gekisoumaru bisa berubah menjadi robot singa, Hisoumaru menjadi robot burung, dan Sensuimaru menjadi robot hiu. Namun ketika bersama mereka bisa menjadi robot gabungan dengan tiga nama berbeda tergantung siapa yang jadi kepalanya, yaitu GoGekisou, GoHisou, atau GoSensui. Sebagai kelompok Transformers ninja konon kemampuan stealh mereka sangat luar biasa, sampai-sampai pergerakan mode hewan buas mereka tidak akan mudah terdeteksi oleh musuh.

Six Clan

Kelompok ninja terakhir yang pernah diperkenalkan dalam mitologi Transformers adalah Six Clan. Dari semua Transformers ninja yang eksis di semestanya, Six Clan adalah kelompok ninja paling pertama yang melakukan debutnya di serial animasi Transformers Generation 1 (1989) versi Jepang. Kemungkinan besar mereka adalah sumber inspirasi dari Nightbird yang diciptakan oleh Doctor Fujiyama di serial animasi Transformers Generation 1 Amerika, yang versi live actionnya baru saja debut di Rise of the Beasts.

kelompok transformers ninja

Selain menjadi kelompok ninja paling pertama, Six Clan juga dikenal sebagai satu-satunya kelompok Transformers yang masing-masing anggotanya punya enam bentuk perubahan alias Six Changer. Adapun para Transformers yang tercatat sebagai anggota Six Clan adalah Sixshot, Sixknight, dan Greatshot. Yang lebih menariknya lagi kekuatan utama mereka sudah bukan teknologi melainkan ninjutsu a la ninja di manga dan anime Naruto.

Itulah empat kelompok robot ninja dalam mitologi Transformers. Meskipun tidak disebutkan secara gamblang, tetapi ada kemungkinan Nightbird di film Rise of the Beasts sebenarnya adalah bagian dari salah satu kelompok ini. Sama seperti Lockdown yang sebelumnya adalah murid Yuketron dari perguruan Cyber Ninja Corps, sebelum akhirnya berkhianat dan menjadi seorang bounty hunter berbahaya di galaksi. Sepertinya akan menarik jika suatu hari nanti ada sebuah film live action atau anime yang khusus menceritakan eksistensi dari para kelompok Transformers ninja ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.