Transformers, baik itu tayangan live action, serial animasi, maupun komik, pada dasarnya adalah cerita yang menampilkan petualangan dan pertempuran robot yang terkenal bisa berubah bentuk. Hal inilah yang membuat Transformers terasa lebih unik jika dibandingkan dengan jenis robot lainnya. Karena selain sering terlihat sebagai robot humanoid, biasanya mereka juga mempunyai bentuk alternatif yang tidak kalah menarik. Mulai dari kendaraan modern yang ada di sekitar kita sampai bentuk abstrak yang jarang diketahui, kali ini kita akan membahas lima tipe perubahan alternatif yang ada dalam cerita Transformers!

V-Mode

Tipe perubahan yang pertama kali diperkenalkan melalui kisah Transformers Generation 1 adalah v-mode atau vehicle mode. Sesuai dengan sebutannya, v-mode adalah perubahan paling umum yang memungkinkan Transformers untuk berubah menjadi kendaraan. Hal ini bisa kita lihat dari Autobot Optimus Prime yang selalu terlihat dengan bentuk alternatifnya sebagai truk berwarna biru merah, atau Decepticon Baricade yang bisa berubah menjadi mobil penegak keamanan. Menariknya v-mode sendiri sebenarnya tidak terbatas pada mobil saja, karena dalam beberapa kasus lain ada juga Transformers yang bisa berubah menjadi pesawat tempur, helikopter, motor, bahkan ekskavator, untuk menyamar di Bumi.

Beast Mode

Setelah v-mode bertahan selama bertahun-tahun sebagai satu-satunya tipe perubahan di kisah Generation 1, waralaba Transformers pernah mencoba arah yang lebih drastis dengan memperkenalkan beast mode di Beast Wars: Transformers. Tipe perubahan yang satu ini memungkinkan robot generasi baru seperti Maximal dan musuhnya Predacon untuk berubah menjadi hewan. Misalnya Maximal Optimus Primal yang bisa berubah menjadi gorila atau Predacon Megatron versi beast yang memilih tyrannosaurus sebagai bentuk alternatifnya. Ada juga Transformers yang bisa berubah menjadi burung, serangga, ikan, dan hewan mitologi, di mana semuanya masuk ke dalam tipe perubahan beast mode.

Targetmaster

Jarang penggemar yang tahu bahwa di cerita Transformers ada tipe perubahan unik yang memungkinkan Autobot atau Decepticon berubah menjadi benda atau alat yang bisa dipakai oleh robot lain. Tipe perubahan yang disebut targetmaster ini memungkinkan Transformers yang ukurannya lebih kecil untuk turut andil dalam pertempuran. Misalnya dengan menjadi senjata atau bentuk lain yang tidak termasuk dalam tipe v-mode atau beast mode, seperti Razor-Sharp yang bisa berubah menjadi senjata laras panjang bagi Banzai-Tron. Para targetmaster biasanya akan dapat mengubah arah pertempuran karena mereka dapat menambah power serangan kepada robot lain.

Triple Changer

Meskipun sama-sama bisa berubah menjadi kendaraan, tetapi triple changer adalah tipe perubahan yang jauh lebih superior, di mana sebuah Transformers punya tiga bentuk alternatif sekaligus, yaitu robot, kendaraan biasa, dan pesawat. Karena pada dasarnya Decepticon adalah para anggota militer tangguh di Cybertron, banyak di antara mereka yang punya kemampuan ini, salah satunya tentu saja Megatron yang bisa berubah menjadi tank lapis baja sekaligus pesawat tempur cybertron. Untuk menghadapi mereka, pada akhirnya Autobot juga membentuk triple changer mereka sendiri, salah satu anggotanya adalah Broadside yang bisa berubah menjadi pesawat tempur sekaligus kapal induk.

Six Changer

Dari namanya kalian mungkin sudah bisa menebak bahwa six changer adalah tipe perubahan yang memungkinkan sebuah Transformers mempunyai enak bentuk alternatif sekaligus. Tidak banyak robot yang punya kemampuan luar biasa seperti ini, karena six changer sendiri adalah tipe paling langka di cerita Transformers. Dua di antaranya yang paling populer adalah Autobot Sixshot, six changer pertama yang bisa berubah menjadi pesawat, mobil, pistol, dan bentuk abstrak lainnya sebagai kendaraan tempur, serta Megatron (RID) yang bisa punya bentuk alternatif sebagai naga, naga berkepala dua, pesawat ruang angkasa, mobil, dan berbagai bentuk abstrak.

Itulah lima tipe perubahan Transformers yang membuat kemampuan dan bentuk alternatif di ceritanya jadi jauh lebih beragam. Berbekal pengetahui ini setidaknya sekarang kita jadi bisa mengelompokan Transformers dari tipe perubahannya. Jika hanya kendaraan artinya robot tersebut bertipe v-mode, kemudian perubahan hewan buas masuk dalam tipe beast mode, untuk robot kecil yang jadi senjata berarti dia bisa disebut targetmaster, dan seterusnya. Menariknya selain beragam, berbagai tipe perubahan ini ternyata masih terus berkembang sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.