Petualangan Kenshin Himura menjadi salah satu cerita yang sangat populer berkat manga Samurai X karya Nobuhiro Watsuki, namun seperti apa sebenarnya cerita akhir Kenshin Himura? Mungkin hampir semua Geeks mengenal sosok Kenshin Himura dari cerita Rurouni Kenshin. Dia adalah seorang samurai yang sudah banyak menghabisi nyawa orang-orang ketika masih aktif menjadi pembunuh berdarah dingin.

Namun, kemudian dia bersumpah untuk tidak lagi menghabisi nyawa seseorang. Petualangan Kenshin di sepanjang cerita Samurai X benar-benar menghadirkan banyak keseruan dan ketegangan. Meskipun begitu, manga pertamanya sendiri diketahui sudah selesai pada tahun 1999. Lalu, seperti apa nasib dari cerita akhir Kenshin Himura dalam versi manganya?

Kenshin Belum Tewas

Banyak fans yang sempat mengira jika Kenshin Himura sudah tewas. Hal ini wajar karena mayoritas fans menyaksikan versi animenya. Setelah berhenti secara mendadak di musim ketiga, tidak ada lagi kelanjutan ceritanya. Sehingga, para fans hanya mengandalkan alur cerita OVA yang dihadirkan oleh Watsuki untuk mengetahui kelanjutan petualangan Kenshin. Dalam alur cerita OVA Rurouni Kenshin: Reflection, Kenshin Himura memang diperlihatkan tewas.

Kenshin sebelumnya nampak kembali berpetualang selama lima belas tahun. Dia meninggalkan istrinya, Kamiya Kaoru, dan juga Kenji Himura, putranya. Namun, kemudian dia tewas akibat penyakit misterius. Kaoru sendiri juga kemudian diperlihatkan tewas setelah dia secara sengaja menularkan penyakit dari Kenshin kepada dirinya. Yang kemudian perlu jadi catatan adalah alur cerita ini bukan bagian dari canon Watsuki.

Dalam alur akhir cerita manganya sendiri sebenarnya Kenshin Himura masih belum tewas. Dia masih hidup dan bahkan hidup bahagia. Hal ini karena Watsuki sendiri yang mengatakan jika dia ingin Kenshin memiliki akhir yang bahagia. Bagi sebagian fans, alur cerita petualangan Kenshin memang berhenti ketika dia selesai melawan Shisio dan juga Enishi Yukishiro di penghujung cerita

Kenshin kemudian diperlihatkan menikah dengan Kaoru dan memiliki seorang putra yaitu Kenji Himura. Pedang Sakabato miliknya kemudian dia wariskan kepada murid dari Kenshin dan Kaoru yaitu Yahiko. Setelahnya Kenshin Himura kemudian menjalankan kehidupan sehari-harinya dengan tenang. Tetapi, kemudian pada 2016 Watsuki memutuskan untuk kembali menghadirkan cerita kelanjutan dari sosok Kenshin Himura.

Kembali Berpetualang

Meskipun Kenshin Himura memiliki akhir yang bahagia di akhir cerita manganya, tetapi kejutan kemudian muncul pada 2016 kemarin di mana Nobuhiro Watsuki memutuskan untuk kembali menghadirkan cerita petualangan dari Kenshin Himura. Watsuki sendiri kemudian menghadirkan alur cerita baru yang kemudian diberi nama arc Hokkaido. Alur ceritanya merupakan sekuel dari manga pertamanya.

Dalam arc ini diperlihatkan bagaimana Kenshin Himura kembali menggunakan pedang miliknya untuk berpetualang menuju Hokkaido. Namun, misi kali ini berbeda di mana dia sengaja pergi ke Hokkaido untuk mencari keberadaan ayah mertua dari Kaoru. Hal ini karena sebelumnya salah satu murid mereka di Dojo Kamiya, Kubota Asahi, sempat mendapatkan foto dari ayah Kaoru dari kelompok Yaminobu.

Ayah dari Kaoru, Kamiya Koshijiro, sebelumnya disangka sudah tewas dalam perang Seinan. Mengetahui hal ini, Kenshin pun kemudian kembali mengambil Sakabato miliknya dari Yahiko. Seluruh keluarga Kenshin dan ketiga muridnya, Inoue Alan, Hasegawa Ashitarou, dan Kubota Asahi, kemudian pergi ke Hokkaido untuk berpetualang menemukan ayah mertua Kaoru.

Namun, petualangan untuk menemukan ayah mertua Kamiya Kaoru tidak semudah yang mereka kira. Pasalnya, saat ini, mereka juga harus menghadapi sebuah tantangan berat yang lain. Mereka diperlihatkan harus menghadapi sebuah kelompok kriminal yang merusak dan mengacau di wilayah Jepang yaitu Kenkaku Heiki. Saat ini, dalam chapter 50 kemarin diperlihatkan bagaimana Kenshin dan kelompoknya berusaha untuk mengorek informasi tentang markas dari Kenkaku Heiki dari salah satu komandannya Igou Byakuya Itekura.

Tubuhnya Mulai Melemah

Terlepas dari Kenshin Himura yang kemudian memiliki hasrat untuk kembali berpetualang di Hokkaido bersama keluarga dan muridnya, sekaligus juga mencari keberadaan sang ayah mertua dan menyelamatkan Jepang dari serangan Kenkaku Heiki, Kenshin sendri harus menghadapi satu musuh besar dalam dirinya. Dia harus menerima fakta bahwa kondisi fisiknya sudah mulai melemah.

Dalam arc Hokkaido ini memang Kenshin diperlihatkan masih sanggup untuk menghadapi berbagai musuh-musuh kuat yang ada. Namun, hal tersebut tidak menutup fakta jika tubuhnya sudah mulai melemah. Apakah hal ini dikarenakan efek penyakit masih belum diketahui. Namun, kemungkinan kuat jika hal tersebut adalah kulminasi atau akibat dari berbagai pertarungan yang pernah dia hadapi selama puluhan tahun.

Untuk saat ini, memang masih belum diketahui sampai kapan Watsuki akan menghadirkan cerita Kenshin dan juga para muridnya di arc Hokkaido. Namun, satu hal yang pasti, setelah semua petualangan di Hokkaido ini selesai Kenshin bisa jadi akan benar-benar memutuskan untuk pensiun setelah menyadari kelemahan atau menurunnya kekuatan tubuhnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.