Ketika berbicara tentang film mind blowing, biasanya film-film tersebut memiliki plot yang kompleks dengan twist besar yang dihadirkan. Namun, justru itulah yang menjadi nilai jual dari film mind blowing, yang dapat memberikan pengalaman yang sangat memuaskan ketika semuanya terungkap. Ternyata nih Geeks, ada beberapa sutradara yang dianggap sebagai “spesialis” dalam membuat film mind blowing. Mereka sudah banyak membuat film seperti itu. Siapa saja para sutradara yang ahli dalam membuat film mind blowing? Simak berikut ini Geeks!

Terry Gilliam

Terry Gilliam mungkin dikenal sebagai salah satu anggota komedian Monty Python. Tetapi dia juga salah satu pencipta dari film-film mind blowing terbesar dalam sejarah film. Film mind blowing pertamanya berjudul Time Bandits yang rilis di tahun 1981. Filmnya menceritakan tentang perjalanan waktu yang dilakukan oleh bajak laut kurcaci. Selain itu, dia membuat film mind blowing lainnya seperti Brazil, The Adventures of Baron Munchausen, The Fisher King, 12 Monkeys dan masih banyak lagi. Dan di antara film-film yang disebutkan di atas, mungkin Brazil dan The Fisher Kings menjadi pencapaian terbaiknya sebagai sutradara.

Stanley Kubrick

Mungkin film mind blowing Stanley Kubrick yang paling terkenal adalah 2001: A Space Odyssey, A Clockwork Orange, The Shining, dan Eyes Wide Shut. Untuk film 2001: A Space Odyssey, film tersebut menjadi salah satu yang paling menakjubkan karena menampilkan visual efek yang luar biasa. Padahal ketika itu, teknologi visual efek masih sangat terbatas, dan Stanley Kubrick berhasil menampilkan pemandangan luar angkasa yang terasa otentik dalam film itu. Sayangnya, Eyes Wide Shut menjadi film terakhir Stanley Kubrick karena setelah itu dia meninggal dunia.

Darren Aronofsky

Film yang pernah dibuat oleh Aronofsky tidak sebanyak sutradara lainnya dalam daftar ini. Tetapi jangan anggap remeh kemampuannya. Dia sudah banyak membuat film mind blowing berkualitas. Film mind blowing pertamanya dirilis tahun 1998 berjudul Pi. Dan setelah film Pi, Aronofsky membuat lebih banyak film mind blowing lainnya seperti Requiem for a Dream, The Fountain, Black Swan, Mother!, dan masih banyak lagi. Meski film-filmnya kurang laku di box office karena sulit dimengerti oleh penonton umum, tetapi mayoritas film-filmnya mendapat review positif dari para kritikus film.

Roman Polanski

Roman Polanski memulai karier filmnya pada tahun 1950-an di Polandia. Dia sukses membuat banyak film mind blowing terkenal seperti Repulsion, Rosemary’s Baby, Chinatown, The Tenant, dan masih banyak lagi. Menariknya, Roman Polanski juga membintangi beberapa filmnya sendiri. Sayangnya, karier gemilangnya hancur karena dia didakwa atas tuduhan pelecehan kepada seorang anak gadis berusia 13 tahun. Dan setelah mengakui perbuatannya, Polanski melarikan diri dari Amerika Serikat dan tidak pernah kembali ke negara tersebut sejak saat itu. Sebenarnya saat ini, Polanski masih cukup aktif membuat film. Tetapi film-filmnya terasa tidak “spesial”, seperti film-filmnya di masa lalu.

Christopher Nolan

Penulis sekaligus sutradara, Christopher Nolan, telah menyutradarai lebih dari 8 film mind blowing yang paling terkenal dan paling dicintai. 8 film tersebut antara lain adalah Following, Memento, Insomnia, The Prestige, Inception, Interstellar, Dunkirk, dan yang paling terbaru adalah Tenet, yang rilis tahun 2020 lalu. Nolan memang terkenal dengan gaya visualnya yang inovatif dan sering menampilkan alur waktu yang kompleks. Dengan kejeniusannya, wajar jika Christopher Nolan telah dinominasikan dalam banyak penghargaan seperti Academy Award, BAFTA, dan Golden Globe Award. Dan tidak lama lagi, kita akan melihat salah satu karya terbaiknya yaitu film Oppenheimer.

David Lynch

Siapa yang tak mengenal nama sutradara satu ini. Dia adalah David Lynch yang sudah berkecimpung dalam dunia film sejak tahun 70-an. Selain membuat film yang konvensional, David Lynch juga sering membuat film mind blowing, di antaranya adalah Eraserhead, The Elephant Man, Blue Velvet, Mulholland Drive, dan tentu saja Twin Peaks: Fire Walk with Me yang ikonik. Selain terkenal dengan film mind blowing, Lynch juga dikenal sering membuat film yang surreal dan sering kali mengganggu. Selama kariernya, Lynch sudah menerima banyak penghargaan, termasuk 4 nominasi Oscar.

David Cronenberg

Mungkin Geeks cukup asing dengan nama satu ini, tetapi David Cronenberg sudah banyak membuat banyak film besar. Tetapi dia sering membuat film horor dan mind blowing. Film mind blowing pertamanya terjadi di tahun 1977 yaitu film Rabid. Selain itu, adalagi beberapa film mind blowing lainnya seperti The Brood, Videodrome, Dead Ringers, dan masih banyak lagi. Cronenberg menjadi tokoh penting dalam gerakan “body horror” dalam sinema. Gerakan ini menekankan aspek-aspek tubuh manusia yang mengerikan dan seringkali digambarkan secara eksplicit. Dan memang mayoritas film-filmnya kurang bisa diterima oleh penonton umum.

David Fincher

Karier David Fincher meroket setelah dia membuat film Se7en di tahun 1995 yang sangat sukses. Film mind blowing yang membintangi Brad Pitt dan Morgan Freeman itu juga menjadi penentu dari arah film yang digarap Fincher selanjutnya. Setelah Se7en, David Fincher membuat beberapa film mind blowing lainnya seperti The Game, Fight Club, Panic Room, The Curious Case of Benjamin Button, dan masih banyak lagi. Fincher memang sangat terampil membuat film mind blowing yang memiliki twist yang tidak diduga-duga oleh para penontonnya. Dan tentu saja film-filmnya masih akan terus bermunculan di masa depan.

Itulah para sutradara yang dianggap jago membuat film mind blowing. Mereka sudah memiliki banyak pengalaman dalam membuat film yang membuat penonton berpikir keras. Di antara para sutradara tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/