Saat Makoto Shinkai pertama kali melakukan debutnya sebagai sutradara film pendek pada tahun 1990-an, mungkin tidak banyak orang yang mengenalnya apalagi mencari tahu tentang setiap karyanya. Sekarang semuanya justru telah berbanding terbalik, di mana semua usaha Makoto selama ini akhirnya telah berbuah manis. Hal tersebut terbukti dari setiap karya terbarunya yang selalu diantisipasi oleh para penggemar anime di seluruh dunia. Dari sekian banyak karya populer Makoto Shinkai, berikut ini lima film anime terbaik garapannya yang berhasil membuat hati para penonton bahagia sekaligus susah move on!

The Garden of Words (2013)

Sebagian besar anime terbaik karya Makoto Shinkai biasanya berfokus pada percintaan remaja yang tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap berhasil membuat hati para penontonnya terombang-ambing tidak karuan antara bahagia dan sedih. The Garden of Words sendiri adalah salah satu contoh film garapan Makoto yang berhasil menghadirkan semua kriteria tersebut. Film yang durasinya cukup pendek ini menyajikan gaya animasi dan latar belakang yang sangat indah. Kisah tentang Takao Akizuki yang bertemu dengan seorang wanita di taman saat sedang hujan juga terbilang sangat sederhana sekaligus menyentuh.

Weathering with You (2019)

Sebagai salah satu film terbaru Makoto Shinkai, tidak aneh jika Weathering With You termasuk anime terbaik garapannya yang disukai oleh banyak penggemar. Selain karena saat merilis film ini dia sudah mempunyai banyak penggemar, alasan lain mengapa kisah tentang Hodaka Morashima ini populer adalah karena Makoto telah berhasil menggabungkan gaya animasi yang sangat ciamik dengan sejumlah elemen yang cukup relate dengan kehidupan anak SMA. Sosok Hina yang diceritakan mempunyai kemampuan untuk mengubah cuaca juga telah membuat hati penonton makin ternyuh.

5 Centimeters per Second (2007)

Sudah lebih dari lima belas tahun berlalu sejak Makoto Shinkai merilis salah satu film anime terbaiknya yang berjudul 5 Centimenters per Second. Anehnya mungkin sampai detik ini masih banyak penontonnya yang masih belum bisa move on dari kisah menyentuh Takaki Kono yang diceritakan bertemu dengan sejumlah orang menarik. Dibagi menjadi tiga bagian, di mana masing-masing berfokus pada hubungan Takaki, film ini dimulai dengan cerita pada awal 1990-an, dan secara bertahap berlanjut hingga tahun 2008. Selama itulah para penggemar bisa turut merasakan atmosfer melankolis di dalamnya.

The Place Promised in Our Early Days (2004)

Jauh sebelum Makoto Shinkai dikenal oleh para penggemar mancanegara sebagai salah satu sutradara film anime terbaik, dia sudah lebih dahulu berhasil mengguncang hati para penggemarnya di Jepang dengan film The Place Promised in Our Early Days. Berlatar lokasi di Jepang pada tahun 1996, anime ini bercerita tentang kisah Hiroki dan Takuya yang berusaha menyelesaikan sebuah pesawat agar bisa terbang ke menara simbolis di Hokkaido, yang digadang-gadang dapat membawa mereka ke masa depan. Pengorbanan karakter utama menjadi hal yang paling diingat dari film manis sekaligus pahit ini.

Your Name (2016)

Film garapan Makoto Shinkai yang layak untuk disebut sebagai karya terbaiknya adalah Your Name. Anime ini berfokus pada dua karakter bernama Taki Tachibana yang tinggal di kota metropolitan Tokyo dan Mitsuha Miyamizu yang hidup di desa. Suatu hari mereka berdua tiba-tiba bertukar tubuh dan menjalani kehidupan lawan jenis yang penuh kejutan. Menariknya menjelang klimaks akhirnya terungkap bahwa keduanya berada di timeline yang berbeda. Film romansa yang dibumbui fantasi ini berhasil membuat banyak penggemar menetapkan Makoto sebagai seorang ‘profesor cinta’ di industri anime.

Itulah lima film terbaik dari sutradara Makoto Shinkai dan tim animasinya yang berhasil membawa standar anime jauh lebih tinggi di mata dunia. Gaya animasi dari setiap karyanya bisa dibilang sangat memanjakan mata, bersamaan dengan itu cerita yang dihadirkan juga terbukti berhasil menyentuh hati penontonnya. Kabar baiknya saat ini film teranyarnya yang berjudul Suzume no Tojimari sudah mulai tayang di Indonesia. Jika kalian penggemar Makoto Shinkai, wajib banget nonton Suzume karena sama indahnya dengan kelima film terbaiknya ini.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.