Sepanjang MCU berjalan lebih dari 15 tahun, Marvel Studios telah menghadirkan banyak karakter menarik dalam jagat sinematiknya, baik di kubu pahlawan ataupun villain. Contohnya adalah Thor dengan kemampuan petir dan palu ajaibnya, Hulk dengan kekuatan yang super dahsyat, hingga Kang the Conqueror yang datang dengan kekuatan waktunya. Para karakter MCU memang diadaptasi dari komik Marvel. Tetapi menariknya, ada beberapa karakter yang mengalami perubahan origin atau asal-usul, yang membuatnya berbeda dari komik. Siapa saja?

Drax the Destroyer

Drax the Destroyer memiliki asal-usul berbeda di komik. Dia bernama asli Arthur Douglas dan hidup harmonis bersama keluarganya. Tetapi semuanya berubah setelah Thanos mendatangi tempat tinggal Arthur bersama keluarnya, dan menghabisi mereka. Sadar bahwa Arthur mengalami nasib yang sangat tragis, ayah Thanos, A’Lars, lantas menghidupkan kembali Arthur Douglas dengan tubuh baru. Dan sejak itulah Arthur menggunakan nama Drax, dan menjadi pemburu Thanos. Hal berbeda ditampilkan di MCU, di mana Drax menyaksikan bagaimana keluarganya di usik oleh Ronan the Accuser. Dan sejak itulah Drax mencoba membalaskan dendam.

Thanos

Meski sama-sama kejam, tetapi Thanos di Marvel Comics memiliki asal-usul berbeda. Dia adalah anak dari Eternals. Selain itu, motivasi terbesar Thanos menjadi jahat karena dia sangat mencintai Lady Death, sehingga Thanos akan melakukan berbagai cara untuk membuat Lady Death terpukau. Lain halnya di MCU di mana Thanos diceritakan ingin menghancurkan setengah populasi semesta akibat menyaksikan planetnya hancur karena kelebihan populasi. Oleh sebab itulah Thanos mengumpulkan Infinity Stones. Tetapi melihat perbandingan asal-usul Thanos di MCU dan komik, asal-usul Thanos di MCU jauh lebih menarik dan relevan dengan apa yang terjadi sekarang.

Scarlet Witch

Scarlet Witch dikenal sebagai salah satu mutan terkuat di Marvel Comics. Dialah anak dari Magneto. Meski sangat kuat, tetapi secara emosional Scarlet Witch sangat tidak stabil. Karena itulah dia pernah membuat ulang realitas yang disebut peristiwa House of M. Dalam realitas yang dibuatnya, Scarlet Witch dan para mutants menguasai dunia. Cerita berbeda dihadirkan di MCU, di mana Scarlet Witch tercipta berkat kekuatan tongkat Loki. Jadi, Scarlet Witch tidak memiliki koneksi dengan Magneto. Meskipun latar belakangnya berbeda, tetapi MCU dan komiknya menghadirkan sisi emosional Scarlet Witch yang rapuh. Hal tersebut dapat kita lihat dalam series WandaVision dan film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Hank Pym

Karakter MCU berikut adalah Hank Pym. Dalam komik, Hank Pym menemukan Pym Particle dan menggunakannya pada kostumnya sehingga dia bisa memperbesar dan memperkecil ukuran tubuh. Tadinya kostum tersebut hanya digunakan sebagai bahan penelitian. Namun ketika musuh menyerang Hank Pym dan rekannya, dia lantas menggunakan kostum itu untuk melawan musuh sehingga menjadi Ant-Man. Di MCU, Hank Pym menjadi Ant-Man setelah Steve Rogers menjadi Captain America, dan dia membuat kostum tersebut untuk alasan kemanusiaan, dan dia juga menjadi anggota SHIELD, bukan Avengers seperti yang terjadi di komik.

Ultron

Di MCU, tepatnya dalam film Avengers: Age of Ultron, Ultron diciptakan oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Sebenarnya Ultron diciptakan untuk tujuan yang mulia, yaitu melindungi Bumi dari ancaman kosmik yang muncul pasca The Avengers. Tetapi yang tidak disangka, Ultron terlalu pintar sehingga memilih jalannya sendiri yaitu menghancurkan Avengers. Menariknya di komik, Ultron sebenarnya diciptakan oleh Hanky Pym, bukan Tony Stark dan Bruce Banner. Dia pun menghabiskan banyak waktunya untuk meningkatkan kekuatan tubuhnya sendiri dan terus berevolusi. Sementara di MCU, dia mencoba meningkatkan diri, tetapi pada akhirnya gagal dan dikalahkan.

Mandarin

Mandarin adalah musuh bebuyutan Iron Man. Dengan kekuatan Ten Rings, Mandarin menjelma menjadi sangat kuat dan sangat kejam. Wajar saja, Mandarin mengalami masa kecil yang amat buruk, yang akhirnya memotivasi mandarin menjadi jahat. Sementara itu di film Iron Man 3, Mandarin merupakan persona palsu yang dibuat oleh Trevor Slattery untuk menghilangkan jejak Aldrich Killian. Mandarin asli baru muncul dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, di mana dia diceritakan sebagai ayah Shang-Chi yang harus menghadapi anaknya sendiri. Asal-usulnya memang sangat berbeda antara komik dan MCU.

Vision

Vision dalam komiknya diciptakan oleh Ultron untuk menghabisi Avengers. Tetapi batu yang berada di dahi Vision bukanlah Infinity Stones, melainkan Solar Gem yang diciptakan oleh ilmuwan bernama Phineas Horton. Solar Gem mampu menyerap energi matahari, sehingga akhirnya dikonversi ke dalam bentuk energi yang mampu menghidupkan Vision. Vision di komik berbeda dengan MCU, karena Vision di MCU diciptakan oleh Tony Stark dan Bruce Banner menggunakan Mind Stone. Benda itulah yang kemudian diletakkan oleh Stark dan Banner di dahi Vision.

Hawkeye

Ketika Hawkeye pertama kali tampil di MCU, dia adalah seorang agent SHIELD yang memiliki kemampuan untuk memanah secara akurat. Hawkeye pun pertama kali muncul dalam film Thor, di mana dia ditugasi untuk melindungi Mjolnir yang jatuh ke Bumi. Sebenarnya origin Hawkeye di MCU tidak terlalu menarik. Berbeda dengan origin yang Hawkeye miliki di komiknya. Hawkeye diceritakan tubuh bersama dengan ayahnya yang selalu menyiksanya. Setelah kedua orang tuanya meninggal, Hawkeye pun bergabung dengan sirkus dan menjadi pemanah. Sejak itulah dia menjadi bintang dan berniat memberantas kejahatan dengan kemampuannya.

Yellow Jacket

Dalam komiknya, Yellow Jacket alias Darren Cross adalah seorang pengusaha brilian yang mengalami nasib buruk. Dia menderita sebuah penyakit yang hampir membunuhnya. Nah untuk menyembuhkannya, salah satu karyawannya mencoba untuk mengambil hati Cassie Lang. Apa yang dilakukan karyawan Darren Cross itulah yang akhirnya mempertemukan mereka berdua, sehingga timbul konflik pribadi antara Ant-Man dan Yellowjacket. Sementara di MCU, Darren Cross tidak lebih dari seorang pengusaha jahat yang memiliki hubungan yang buruk dengan Hank Pym, hingga akhirnya hubungan tersebut merambat kepada Scott Lang.

Falcon

Falcon alias Sam Wilson di komik memang memiliki kekuatan yang aneh yaitu mampu berbicara dengan burung. Di komik, dia awalnya jahat karena dikendalikan oleh Red Skull dengan bantuan Cosmic Cube. Namun setelah Captain America membebaskan Falcon dari kendali Red Skull, pada akhirnya Falcon pun bekerja sama dengan Captain America. Hal berbeda justru dialami oleh Falcon di MCU, di mana dia mendapatkan berbagai teknologi canggih yang memungkinkannya untuk terbang. Diapun memiliki latar belakang sebagai seorang militer, yang mirip dengan Steve Rogers, yang membuat keduanya memiliki hubungan yang baik.

Itulah dia Geeks beberapa karakter MCU yang asal-usulnya berbeda jauh dengan komiknya. Marvel Studios sepertinya melakukan banyak perubahan besar untuk memastikan karakternya menjadi lebih menarik di MCU.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/