Siapa yang tidak mengenal Iko Uwais? Dikenal sebagai aktor Indonesia yang mahir dalam membintangi film aksi, Iko terbilang cukup sering terlibat dalam berbagai film besar Hollywood, bahkan mungkin film luar negerinya jauh lebih banyak dari film tanah air yang telah dia bintangi. Tahun ini Iko Uwais bahkan sudah dipastikan akan terlibat dalam film besar Hollywood berjudul The Expendables 4 bersama sejumlah mega bintang Amerika. Seperti apa detail penampilannya, begitu juga dengan film menarik lainnya yang pernah dia bintangi? Berikut ini 9 film Hollywood dari Iko Uwais yang perlu kita ketahui, Geeks!

Man of Tai Chi (2013)

Penggemar setia film aksi pasti mengenal siapa Keanu Reeves. Nah, Man of Taichi sendiri adalah salah satu film debut Reeves sebagai sutradara, yang bercerita tentang petualangan seorang ahli bela diri bernama Donaka Mark (Reeves) yang harus berurusan dengan sejumlah ahli bela diri dari berbagai negara. Dalam prosesnya, di film Hollywood yang juga dirilis di Tiongkok ini, Donaka bertemu dengan Tiger Chen Linhu (Tiger Chen) dan sejumlah petarung tangguh lainnya, termasuk Gilang Sanjaya yang diperankan oleh Iko Uwais. Banyak kritikus yang memuji adegan aksi dan juga pengarahan Reeves sebagai sutradara.

Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

Ketika salah satu waralaba film tertua dan terbesar di Hollywood menayangkan film ketujuhnya yang berjudul Star Wars: The Force Awakens, siapa sangka ternyata Iko Uwais ikut berperan di dalamnya sebagai cameo. Dalam penampilan singkatnya Iko tampil sebagai karakter bernama Razoo Qin-Fee, anggota organisasi kriminal Kanjiklub Gang yang dipimpin oleh karakter Yayan Ruhian bernama Tasu Leech. Meskipun singkat, tetapi mereka sempat beradu akting dengan aktor veteran Hollywood sekelas Harrison Ford, yang telah membintangi banyak film Star Wars sebagai karakter ikonis Han Solo.

Beyond Skyline (2017)

Film Hollywood selanjutnya yang juga dibintangi oleh Iko Uwais dan Yayan Ruhian adalah Beyond Skyline, sekuel Skyline (2016) yang disutradarai oleh Liam O’Donnell. Sama seperti film pertamanya, plot Beyond Skyline sendiri bercerita tentang invasi alien jahat yang ingin menguasai Bumi. Bedanya kali ini para alien datang dengan penuh persiapan, lengkap dengan persenjataan canggihnya. Iko berperan sebagai Sua, pemimpin perlawanan yang bermarkas di bawah tanah Indonesia. Dalam prosesnya dia bertemu dengan karakter utama yang diperankan oleh Frank Grillo untuk bertempur melawan para alien tangguh.

Mile 22 (2018)

Dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Lauren Cohan, Mile 22 bercerita tentang dua orang agen CIA yang harus melaksanakan misi untuk meloloskan seorang mantan agen sekaligus polisi Indocarr dari negaranya. Mantan agen di film Hollywood ini tidak lain adalah karakter yang diperankan oleh Iko Uwais, yaitu Li-Noor. Setelah melalui banyak sekali rintangan dari polisi Indocarr yang memburu Li-Noor, akhirnya para agen CIA berhasil mengawalnya sampai ke bandara, hanya untuk mengetahui fakta menyakitkan bahwa ternyata selama ini karakter Iko adalah antagonis yang sebenarnya.

Stuber (2019)

Stuber adalah film aksi garapan sutadara Michael Dowse yang bercerita tentang peristiwa kejutan yang harus dialami seorang driver Uber bernama Stu (Kumail Nanjiani), di mana dia tiba-tiba mendapatkan penumpang seorang polisi bernama Vic Manning (Dave Bautista) yang tengah memburu seorang pembunuh sahabatnya. Di film Holliwood ini Iko berperan sebagai Oka Tedjo, yang tidak lain adalah pembunuh yang tengah dicari Vic. Meskipun menuai respons yang beragam, tetapi adegan aksi di film ini banyak dipuji oleh para penggemar dan kritikus, termasuk seni bela diri silat yang dihadirkan oleh Iko.

Triple Threat (2019)

Disutradarai oleh Jesse Johnson, Triple Threat adalah film aksi berstandar Hollywood tentang perjuangan tiga orang pria yang ingin menuntut balas kepada sekelompok tentara bayaran yang telah membunuh keluarga mereka. Di film ini Iko berperan sebagai salah satu karakter utama bernama Jaka, seorang pemuda yang ingin membalas dendam karena istrinya telah dibunuh oleh para penjahat. Dalam misinya dia ditemani oleh dua karakter utama lainnya yang diperankan oleh aktor laga Tony Jaa dan Tiger Chen. Selain mereka, film ini juga dimeriahkan oleh Scott Adkins, Michael Jai White, dan masih banyak lagi.

Snake Eyes (2021)

Snake Eyes: G.I. Joe Origins merupakan film superhero Amerika yang berfokus pada karakter ikonis dari waralaba G.I. Joe bernama Snake Eyes. Karakter yang diperankan oleh Henry Golding ini diceritakan menjadi salah satu murid di perguruan ninja Arashikage, di mana dia bertemu dengan banyak master, salah satunya adalah Hard Master yang diperankan oleh Iko Uwais. Menjelang ending perguruan Arashikage diserang oleh organisasi kriminal dunia, sehingga Snake Eyes dan para master termasuk Hard Master mau tidak mau harus melawan demi mempertahankan perguruan mereka.

Fistful of Vengeance (2022)

Fistful of Vengeance adalah film yang dimaksudkan sebagai cerita sekuel dari serial berjudul Wu Asassins (2019). Di film Netflix yang berstandar Hollywood ini Iko mengulang perannya sebagai seorang koki sekaligus Wu Assassin bernama Kai Jin yang tinggal di San Fransisco. Kehidupan Kai Jin sebagai Wu Assassin makin menegangkan ketika dia harus terlibat dalam misi pembalasan dendam bersama karakter Lu Xin Lee dan Tommy Wah yag diperankan oleh Lewis Tan dan Lawrence Kao. Di ending filmnya akhirnya terungkap bahwa yang selama ini mereka buru ternyata adalah seekor makhluk mitologi yang sangat kuat.

The Expendables 4 (2023)

Seperti yang sudah disinggung di awal, tahun ini Iko Uwais dipastikan akan membintangi film besar Hollywood yang berjudul The Expendables 4. Menariknya di film garapan sutradara Scott Waugh ini Iko berperan sebagai antagonis utama, seorang mantan tentara yang menjadi penjual senjata ilegal kelas internasional. Nantinya kita akan melihat Iko bertarung langsung dengan karakter Jason Statham bernama Lee Christmas. Selain Iko dan Statham, film yang akan tayang pada tanggal 22 September ini juga dimeriahkan oleh mega bintang sekelas Sylvester Stallone, Dolph Lundgren, Randy Couture, dan sebagainya.

Itulah berbagai film Hollywood yang dibintangi oleh Iko Uwais sejauh ini, termasuk film The Expendables 4 yang direncanakan untuk tayang pada akhir tahun ini. Dari deretan film menarik ini bisa kita simpulkan bahwa Iko sendiri adalah aktor tanah air yang multi talenta, di mana dia bisa berperan sebagai karakter protagonis maupun antagonis. Dengan kemahirannya dalam ilmu seni bela diri khususnya silat, seperti hal inilah yang akhirnya membuat setiap penampilannya terasa lebih unik dan menarik banyak perhatian dari para penggemar bahkan sineas film Hollywood.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.