Baik di versi live action Marvel Cinematic Universe maupun di semesta Marvel Comics, Ant-Man dikenal sebagai salah satu superhero yang kekuatannya paling unik. Alih-alih hadir sebagai superhero yang lahir dengan kekuatan super, mulai dari Hank Pym sampai Scott Lang, justru kemampuan mereka berkembang karena kecanggihan dari kostum Ant-Man, yang tentunya didukung dengan keajaiban Pym Particle. Kali ini kita akan membahas secara lebih mendalam seperti apa kemampuan utama kostum Ant-Man yang sering dianggap hanya untuk menyusut. Fakta sebenarnya justru jauh lebih banyak dari itu!

Memanipulasi Ukuran

Seperti yang sudah ketahui bersama, kemampuan utama kostum Ant-Man memang pada dasarnya memungkinkan pengguna seperti Scott untuk memanipulasi ukuran tubuhnya. Dengan kostum yang dibuat menggunakan pym particle ini, seorang Ant-Man umumnya dapat menyusut sampai seukuran semut. Namun dalam kasus yang lebih ekstrem, Ant-Man juga bisa menyusut lebih kecil dari debu, itulah mengapa dia bisa mengunjungi dimensi mini seperti Quantum Realm. Ketika mengubah mode pym particle yang semula variasi merah menjadi variasi biru, Ant-Man juga bisa memperbesar ukuran tubuhnya hingga lebih dari 20 meter, seperti yang sempat diperlihatkan juga di film Captain America: Civil War.

Meningkatkan Kekuatan Fisik

Kemampuan kostum Ant-Man berikutnya yang mungkin jarang disadari oleh para penggemar adalah meningkatnya kekuatan fisik seorang Ant-Man meskipun ukuran tubuhnya berubah-ubah. Jika kita ingat-ingat lagi, ketika tubuhnya menjadi raksasa, Scott Lang dengan kostum Ant-Man dapat membelah sayap sebuah pesawat terbang dan juga menumbangkan Chitauri Leviathan dengan mudah. Sedangkan ketika menyusut, dia masih bisa memanfaatkan momentum dan energi kinetik untuk membuat seorang manusia biasa pingsan hanya dengan sekali pukulan. Seiring berjalannya waktu, gabungan kekuatan fisik dan momentum ini sering dimanfaatkan oleh Scott agar setiap serangannya lebih efektif.

Daya Tahan Super

Selain meningkatkan kekuatan fisik, kemampuan hebat lainnya dari kostum Ant-Man yang mungkin tidak terlalu dikenal adalah daya tahan supernya. Faktanya, ketika seorang Ant-Man menyusut sampai seukuran semut, dia tidak akan terluka meskipun jatuh dari ketinggian atau terhantam sesuatu dengan sangat keras. Kemudian ketika membesar, daya tahan tubuh Ant-Man juga akan jauh lebih kebal dari sebelumnya. Walaupun begitu, di film Ant-Man and the Wasp Quantumania mendatang, sepertinya Kang the Conqueror akan menemukan cara untuk melukai Scott dalam pertarungan mereka nanti. Hal tersebut terbukti dari wajah Scott yang diperlihatkan babak belur dan juga berdarah.

Berbicara Dengan Serangga

Satu lagi kemampuan kostum Ant-Man yang membuatnya tampak lebih unik adalah kemampuan yang memungkinkan penggunanya untuk berbicara dengan serangga, khususnya semut. Hal tersebut bisa terjadi karena helm canggih Ant-Man dilengkapi dengan EMP Communication Device, sehingga pikiran penggunanya bisa diterjemahkan menjadi gelombang elektromagnetik yang menyerupai feromon semut. Kemampuan ini memungkinan seorang Ant-Man untuk memberi pengaruh pada setiap tindakan dan kebiasaan semut, misalnya menyuruh satu koloni semut untuk membantunya dalam melaksanakan misi sebagai manusia semut.

Dibekali Gadget Canggih

Meskipun sekarang kemampuan dari gadget canggih Ant-Man sudah jarang dieksplorasi di MCU, tetapi tidak bisa kita pungkiri dalam beberapa aksi lainnya kostum Ant-Man pernah diceritakan mempunyai sarung tangan yang bisa melontarkan api dan graple hook. Kemampuan ini sempat digunakan Hank Pym ketikan dia bersama istrinya Janet Van Dyne berusaha menghentikan misil sekitar tahun 1987. Di Marvel Comics sendiri, kostum Ant-Man milik Scott Lang dilengkapi dengan sarung tangan yang bisa menembakan sengatan bio-electric. Semoga saja di film Quantumania nanti, kemampuan ini bisa kita lihat lagi dari kostum Ant-Man yang digunakan oleh Scott.

Itulah 5 kemampuan utama dari kostum Ant-Man, baik di MCU maupun di Marvel Comics. Meskipun kisahnya tidak saling terhubung, tetapi pada dasarnya setiap varian Ant-Man memang dibekali dengan lima kemampuan utama ini. Bedanya hanya terletak pada kreasi penggunanya, khususnya Scott yang memang terkenal cerdik ketika menghadapi suatu masalah atau pertempuran. Aksi Scott dengan kostum Ant-Man miliknya sebentar lagi akan bisa kita saksikan di film MCU Ant-Man and the Wasp Quantumania pada tanggal 17 Februari besok. Bukan tidak mungkin nantinya Scott akan unjuk kekuatan baru yang sejauh ini tidak pernah diceritakan. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.