Kekuatan buah iblis yang ada dalam cerita One Piece kemungkinan tidak semuanya berasal dari mimpi. Namun, ada juga kekuatan dari buah iblis yang muncul sebagai akibat dari “efek samping” penggunaan buah iblis tersebut. Dalam penjelasan Vegapunk terungkap jika buah iblis berasal dari keinginan terdalam atau mimpi orang-orang akan sesuatu.

Namun, jika memang semua itu berasal dari mimpi atau keinginan manusia, maka artinya orang-orang atau manusia memiliki keinginan yang aneh. Apa maksudnya? Seperti yang Geeks ketahui, terdapat kekuatan buah iblis yang cukup kompleks misalnya merubah seseorang menjadi mainan atau mencuri bayangan. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi jika ada buah iblis yang bukan berasal dari mimpi.

Penjelasan Buah Iblis Versi Vegapunk

Dalam chapter 1069 kemarin, Vegapunk sempat memberi tahu tentang teorinya mengenai asal-usul buah ibli. Menurut teorinya, kekuatan buah iblis berasal dari keinginan terdalam seseorang untuk bisa melakukan sesuatu. Dan semua kekuatan yang muncul dalam cerita menjadi perwakilan atau perwujudan dari keinginan tersebut. Pemakan buah iblisnya memiliki kesempatan untuk mengembangkan kekuatan mereka.

Kekuatan buah iblis sangatlah tidak natural, yang mana inilah alasan mereka dibenci oleh laitan. Meskipun masih sekedar teori, bagaimana Vegapunk yang menyampaikannya yang notabene sebagai sosok paling cerdas di dunia, membuat teori tersebut cukup memberikan dampak yang signifikan. Namun, meskipun mampu menjelaskan sedikit tentang asal-usul buah iblis masih ada juga pertanyaan yang muncul.

Jika kemudian buah iblis berasal dari mimpi atau keinginan manusia untuk bisa melakukan sesuatu, apa yang terjadi kepada kekuatan buah iblis yang memiliki kekuatan lebih kompleks misalnya Ope Ope no Mi atau Hobi Hobi no Mi. Manusia mungkin memiliki keinginan untuk bisa terbang, namun mungkin mereka tidak ingin merubah bagian tubuh mereka menjadi baling-baling.

Dalam cerita One Piece terdapat beberapa kekuatan buah iblis yang memiliki kekuatan kompleks. Belum lagi, buah iblis juga memiliki kondisi tertentu untuk bisa menggunakannya, berbagai batasan, dan juga efek tidak terduga. Ketika manusia atau seseorang memikirkan keinginan atau hasrat mereka akan sesuatu, rasanya mereka tidak akan terlitas tentang beberapa hal tersebut.

Bagaimana kemudian seseorang mau memiliki kekuatan untuk bisa mencuci manusia? Bagaimana seseorang ingin memiliki kekuatan untuk bisa mencuri bayangan orang lain? Inilah yang kemudian memunculkan banyak spekulasi lain di kalangan fans terkait buah iblis, termasuk kemungkinan bahwa itu bukanlah mimpi.

Bukan Mimpi, Tapi “Efek Samping”

Terdapat sebuah spekulasi menarik yang menyebutkan jika semua kekuatan aneh dan kompleks dari buah iblis sebenarnya bukanlah perwujudan dari keinginan atau mimpi manusia. Semua hal itu merupakan efek tidak terduga (adverse effect) dari buah iblis. Apa maksudnya? Seseorang mungkin bermimpi untuk bisa memiliki kekuatan tertentu, misalnya menahan atau melemparkan benda.

Keinginan tersebut kemudian menjadi dasar dari terciptanya buah iblis Nikyu Nikyu no Mi. Namun, ada hal yang tidak terduga kemudian muncul sebagai “efek” dari terbentuknya buah iblisini. Misalnya, telapak tangan penggunanya akan memiliki telapak jari kucing. Kemudian, selain menahan atau melempar benda, mereka juga akan mampu melakukan teleportasi.

Simpelnya, selain kekuatan utama yang diinginkan dari buah iblis tersebut bisa jadi adalah “mutasi” dari apa yang mereka inginkan tersebut. Bagaimana kemudian Vegapunk menjelaskan bahwa buah iblis adalah sesuatu yang tidak natural menjadi bukti dari hal tersebut. Di sisi lain, kemunculan hal lain tentang buah iblis ini pun menghadirkan spekulasi lainnya.

Ada kemungkinan jika buah iblis tidak muncul begitu saja, melainkan ada seseorang atau ilmuwan atau sosok cerdas yang kemudian membuat buah iblis tersebut. Sosok tersebut mungkin ingin membatasi keinginan manusia dengan kekuatan buah iblisnya. Hal ini pun bisa menjelaskan mengapa kemudian ada kekuatanlain yang lebih kompleks dari sekedar keinginan terbesar mereka.

Untuk saat ini, semuanya masih sekedar teori dan spekulasi sampai kemudian Oda Sensei benar-benar mengonfirmasi hal tersebut. Teori Vegapunk tentang buah iblis memang baru saja dimunculkan, yang artinya Oda masih memiliki kesempatan untuk menghadirkan intrepretasi lain atau menghadikan perubahan. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa konsep buah iblis yang sebenarnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.