Meskipun sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun, masih ada sebagian kekuatan tokoh di seri One Piece yang masih belum terungkap sampai sekarang. Dengan cerita yang luas dan dunia yang sangat luar biasa, tidak mengherankan jika seri karya Eiichiro Oda ini menghadirkan banyak karakter. Para karakter yang muncul tersebut menjadi salah satu elemen yang menarik di seri ini.

Misalnya, kita melihat kelucuan dari Monkey D. Luffy dan keunikan hubungannya dengan kru Topi Jerami. Meskipun begitu, belum semua hal dari karakter tersebut yang Oda ungkapkan. Salah satunya adalah mengenai kekuatan. Sebagian karakter ada yang memang Oda fokuskan untuk dihadirkan kekuatannya. Namun, ada juga sebagian kekuatan tokoh One Piece yang masih misterius. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Blackbeard

Marshall D. Teach alias Blackbeard merupakan salah satu karakter One Piece yang misterius. Sampai saat ini Oda Sensei masih belum banyak memberikan informasi mengenai karakternya. Seperti yang kita ketahui, Blackbeard sempat memiliki masalah dengan Whitebeard setelah dia membunuh salah satu rekannya, Thatch. Semenjak saat itu, Blackbeard berubah menjadi karakter villain mengerikan.

Sebenarnya, Oda Sensei sudah beberapa kali menghadirkan karakter Blackbeard dalam cerita. Misalnya, ketika Blackbeard bertarung menghadapi Law di chapter kemarin. Namun, mengingat Blackbeard adalah sosok yang “spesial” banyak fans menduga bahwa Oda masih belum memperlihatkan kekuatannya yang asli. Apalagi, saat ini, dia memiliki dua buah iblis. Banyak spekulasi menyebutkan jika Blackbeard akan memperlihatkan kekuatan aslinya di akhir serinya nanti.

Shanks

Geeks tentunya sudah tahu jika Shanks merupakan salah satu sosok karakter paling misterius dalam cerita One Piece. Meskipun dia sudah muncul sejak awal One Piece dimulai, tetapi sampai sekarang tidak banyak informasi mengenai kekuatan dan karakternya yang bisa para fans ketahui. Sampai sejauh ini, Oda Sensei baru sekedar menghadirkan petunjuk tentang seberapa kuat Shanks.

Misalnya, bagaimana Shanks bisa menahan serangan Sakazuki dengan mudah yang bisa diartikan bahwa kekuatannya luar biasa. Kemudian, bagaimana dia mampu bertarung melawan Kaido tanpa luka. Dan yang paling baru tentunya adalah apa yang muncul di film Red serta di manganya, di mana dia berhasil membuat seorang admiral ketakutan. Selain merupakan pengguna Haki terhebat saat ini dan juga seorang ahli pedang, tidak ada informasi kekuatan Shanks lain yang diketahui.

Dracule Mihawk

Selain Shanks, Geeks juga tentu sudah sangat mengenal sosok rival abadinya yaitu Mihawk. Geeks juga pastinya sudah melihat seperti apa kemampuan yang dia miliki dalam arc Marineford. Tetapi, kembali, bisa dipastikan bahwa itu semua bukanlah kekuatannya yang sebenarnya. Dengan menyandang gelar ahli terbaik di dunia, wajar jika kemampuannya berada di atas rata-rata.

Belum lagi statusnya yang merupakan rival dari Shanks, membuat kemampuan Mihawk pun diprediksi setara atau bahkan berada di atasnya. Sampai sekarang kita belum mengetahui dari mana asal Mihawk atau bagaimana ketika dia menggunakan seluruh kemampuannya. Juga kita tidak pernah tahu siapa yang mengajari Mihawk berpedang. Dalam kilas balik Cross Guild terungkap jika Mihawk pernah memburu angkatan laut, yang mungkin bisa jadi petunjuk lain tentang kekuatannya.

Monkey D. Dragon

Kekuatan tokoh yang masih misterius di seri One Piece selanjutnya adalah Monkey D. Dragon. Bukan hal yang asing tentunya jika Dragon dan Pasukan Revolusi menjadi ancaman serius bagi pihak World Government. Karena, sudah sedari awal diperkenalkan jika organisasi yang sering menjatuhkan kerajaan ini adalah salah satu kekuatan yang sangat berbahaya.

Monkey D. Dragon merupakan sosok yang paling dicari di seluruh dunia, untuk alasan yang masih belum kita ketahui. Sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait dengan Dragon, khususnya tentang kemampuannya. Kita tidak tahu apakah dia pengguna Haki atau pengguna buah iblis. Sebagian fans menduga bahwa memang Dragon adalah pengguna buah iblis. Yang pasti, dengan menjadi pemimpin Pasukan Revolusi artinya kekuatan Dragon jauh di atas rata-rata.

Kong

Kong adalah pemimpin atau panglima (Commander-in-Chief) dari seluruh pasukan angkatan laut serta organisasi yang berada di bawah naungan World Government. Sebelum mengisi posisinya tersebut, Kong sempat mengisi jabatan sebagai Fleet Admiral. Kong menjadi Fleet Admiral saat Edd War terjadi 27 tahun lalu, dan juga saat Gol D. Roger dieksekusi mati pada 24 tahun yang lalu.

Kong merupakan salah satu karakter yang dinantikan kemunculannya, karena sejauh ini dia baru muncul secara sekilas. Para fans sendiri beranggapan bahwa sosok Kong adalah angkatan laut yang kuat. Hal ini dilihat dari bagaimana posisinya di World Government, dan juga melihat bagaimana bekas luka di badannya. Juga, bisa jadi Kong adalah sosok yang sangat berpengalaman di mana dia sudah banyak bertarung menghadapi bajak laut legendaris seperti sosok Rocks.

Vegapunk

Vegapunk merupakan sosok ilmuwan paling cerdas di dunia One Piece. Sebagai seorang ilmuwan, pemikirannya sering kali sangat visioner. Bahkan, kemampuan berpikir Vegapunk bisa menjangkau sampai 500 tahun kedepan. Sudah banyak hal yang berhasil diciptakan oleh Vegapunk. Pacifista dan Seraphim adalah beberapa diantaranya. Para fans sendiri banyak yang berspekulasi bahwa kecerdasan Vegapunk berasal dari buah iblis.

Namun, hal ini kemudian terbukti di chapter 1066 kemarin di mana selain dia memang terlahir cerdas, Vegapunk juga merupakan pemakan buah iblis. Namun, masih menjadi misteri seperti apa kemampuan atau kekuatan Vegapunk lainnya. Oda Sensei sendiri baru mengungkapkan bahwa kekuatan buah iblis Vegapunk mampu untuk menyimpan berbagai informasi atau hal lain dalam otaknya yang tanpa batas.

Gorosei

Kekuatan tokoh di seri One Piece yang masih misterius lainnya adalah Gorosei. Terkenal sebagai pemimpin tertinggi di Pemerintah Dunia, posisinya berada satu tingkat di bawah Im. Sama halnya seperti Dragon, Gorosei memang sudah muncul dalam cerita. Kita juga sudah tahu seperti apa rupa dan wajah dari mereka. Namun, kita masih belum tahu seberapa kuat Gorosei, apakah mereka pernah bertarung, siapa sebenarnya mereka, dan sebagainya.

Gorosei sejauh ini hanya diperlihatkan berada di dalam istana Pangaea di wilayah Mary Geoise. Mereka selalu memberikan perintah baik kepada agen Cipher Pol atau pun pihak angkatan laut. Melihat posisi mereka sekarang, rasanya tidak mengherankan jika Gorosei memiliki kekuatan yang dahsyat. Mungkin juga sebagian atau seluruhnya adalah pengguna kekuatan buah iblis.

Im

Kekuatan tokoh di seri One Piece yang paling misterius adalah Im. Dia merupakan pemimpin dari World Government sekaligus merupakan sosok paling tinggi dalam hierarki tersebut. Seperti yang bisa kita lihat dalam ceritanya, bahkan Gorosei pun berlutut di hadapan sosok Im. Namun, sayangnya, apa yang kemudian membuat Im bisa menguasai dunia dan kekuatan apa yang dia miliki masih sangat misterius.

Sampai sekarang Im hanya muncul dalam beberapa panel saja dan sosoknya pun masih diselimuti oleh Siluet. Tidak adanya informasi mengenai Im memunculkan berbagai teori di kalangan fans. Salah satunya menyebutkan bahwa Im adalah sosok yang abadi. Terlepas dari hal tersebut, Im diyakini sebagai sosok yang kuat. Hal ini bisa kita lihat bagaimana dia bisa menghancurkan kerajaan Lulusia dalam sekejap.

Menjelang akhir ceritanya, Oda Sensei masih belum memperlihatkan kekuatan dari para tokoh karakter di seri One Piece. Meskipun memang masih belum kita ketahui informasi mengenai kekuatan mereka, para fans sendiri yakin bahwa para tokoh tersebut adalah sosok yang kuat. Mungkin, Oda menunggu momen yang tepat untuk memperlihatkan kekuatan asli mereka.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.