Digadang-gadang sebagai villain pengganti Thanos di MCU, Kang the Conqueror melakukan debutnya dalam series Loki Season 1. Sejak itulah Marvel Studios mengkonfirmasi bahwa Kang bakal muncul di berbagai proyek MCU lainnya, salah satunya adalah film Ant-Man 3. Dalam film tersebut, Kang akan menjadi villain utama. Sebagai villain yang sering melakukan perjalanan waktu, Kang telah menciptakan berbagai realitas alternatif. Dengan banyaknya realitas yang dibuat olehnya, maka banyak juga varian Kang yang tercipta. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, varian Kang mana yang muncul dalam Ant-Man 3?

Detail Kang di Ant-Man 3

Baru-baru ini, Jamie Sawyer, pelatih kebugaran Jonathan Majors (pemeran Kang) di film Ant-Man 3 mengungkap varian Kang yang bakal muncul di filmnya. Menurut Sawyer, varian Kang yang muncul nanti adalah “versi prajurit”, dan dia memiliki kemampuan bertarung yang memumpuni. “Dia adalah versi prajurit Kang yang telah ada selama berabad-abad dan telah berlatih berbagai keterampilan bertarung. Ini membuatnya terlihat seperti sosok yang mengesankan.” Ungkap Jamie Sawyer.

Dengan apa yang Jamie Sawyer ungkap tadi, maka itu menjadi bukti bahwa Kang yang muncul di Ant-Man 3 akan jauh lebih berbahaya. Kemunculan Warrior Kang menjadi ancaman besar bagi Scot Lang dan timnya. Apalagi seperti yang Sawyer sebutkan di atas, Warrior Kang telah berlatih sehingga dia mampu bertarung. Dengan bukti tersebut, filmnya kemungkinan akan menampilkan banyak sekuens aksi yang memperlihatkan pertarungan Scott Lang melawan Kang. Dan Lang harus mencari cara mengalahkan Kang.

Berbeda dari Komik?

Lewat deskripsi Kang di atas, sekarang kita mengetahui bahwa ada perbedaan besar antara Kang MCU dan komik. Sebenarnya nih Geeks, mayoritas Kang di komik Marvel tidak terlalu pandai bertarung. Kang tidak memiliki kekuatan super, tidak seperti villain lainnya yang mendapat anugrah kekuatan masif untuk mengalahkan para pahlawan. Tapi di balik kekurangannya tersebut, Kang the Conqueror menyimpan kelebihan, yaitu kepintaran. Dia adalah ahli strategi, dan selalu memperhitungkan kejahatannya dengan matang.

Dalam menaklukan sebuah universe pun, Kang membutuhkan para pasukannya yang terdiri dari triliunan tentara dari seluruh ruang dan waktu, dan para pasukan itulah yang sering bertarung melawan musuh-musuhnya. Karena Kang sering melakukan perjalanan waktu, ia memiliki akses terhadap berbagai teknologi dan persenjataan dari masa depan yang canggih. Contohnya adalah armornya yang dia ciptakan dari abad 40-an.

Dengan armor tersebut, kekuatan Kang sebenarnya mulai bertambah, di mana dia bisa mengangkat beban berat, memiliki daya tahan super, dan mampu melakukan perjalanan waktu. Tetapi walau telah menggunakan armor “tahan banting”, Kang cenderung menghindari pertempuran. Dia lebih memilih cara lain untuk menaklukan semesta. Tapi yang harus Geeks catat, ada banyak sekali varian Kang di Marvel Comics, yang mungkin di antaranya memiliki kemampuan bertempur, mirip seperti yang di deskripsikan oleh Jamie Sawyer tadi. Lantas siapa varian Kang yang sesuai dengan deskripsi tersebut?

Kang Petarung di Komik Marvel

Di komik Marvel, ada beberapa varian yang memiliki kemampuan bertarung. Salah satunya, Iron Lad. Iron Lad adalah Nathaniel Richards versi remaja, yang menggunakan sebuah armor layaknya Iron Man. Berbeda dengan varian lainnya, Iron Lad memiliki kekuatan bertarung yang memumpuni. Tetapi yang menjadi catatan, Iron Lad bukanlah varian jahat Kang. Ia adalah varian yang terkenal sangat baik. Bahkan dialah pendiri Young Avengers. Dengan begitu, kecil kemungkinannya jika varian Kang di Ant-Man 3 adalah Iron Lad.

Adalagi satu varian Kang yang di komiknya memiliki kemampuan bertarung dahsyat. Dia adalah Doom the Annihilating Conqueror. Mungkin inilah varian Kang yang paling sempurna. Dia memiliki kecerdasan dan kekuatan yang luar biasa. Bagaimana tidak? Dia adalah gabungan dari beberapa supervillain di Marvel seperti Kang, Doctor Doom, dan Annihilus. Tetapi mengingat karakter Doctor Doom dan Annihilus belum Marvel Studios perkenalkan, maka sepertinya akan mustahil varian Kang ini muncul di Ant-Man 3.

Varian Baru di MCU?

Film-film MCU memang diadaptasi langsung dari komik Marvel. Tetapi Marvel Studios juga sering kali mengubah cerita agar filmnya semakin menarik. Contohnya adalah Ms. Marvel. Jika di komik Ms. Marvel adalah bagian dari Inhumans, tetapi di MCU, karakter tersebut adalah mutan. Nah kembali ke topik yang kita bahas, bisa jadi varian Kang yang muncul film Ant-Man 3 adalah varian Kang yang sama sekali baru. Varian tersebut, selain memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan waktu, dia juga bisa bertarung untuk melindungi diri dari para pahlawan.

Kekuatan bertarung Kang di MCU tentunya akan menambah keseruan jalannya cerita. Kang bisa saja diperlihatkan bertarung melawan beberapa Avengers, sebelum akhirnya dia melompat dari satu realitas ke realitas lainnya. Kang di MCU bisa saja digambarkan secara berbeda dari komik. Jika di komik, Kang sering “melarikan diri” ketika bertemu dengan Avengers, di MCU Kang mungkin akan menghadapi para Avengers dengan gagah perkasa, sebelum akhirnya mengacak-acak realitas.

Itulah dia Geeks, penjelasan tentang siapa varian Kang the Conqueror yang kemungkinan akan muncul di Ant-Man 3. Siapapun variannya, yang jelas Kang selalu menimbulkan ancaman yang serius bagi multiverse. Menurut Geeks, varian mana yang berpotensi akan muncul di Ant-Man 3?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/