Geeks tentunya mengenal sosok James Bond. Karakternya pertama kali debut di tahun 1953 dalam sebuah novel berjudul Casino Royale. Sejak itulah karakternya mulai muncul di beberapa film besar. Bond sendiri adalah seorang agen rahasia MI6, sebuah Badan Intelijen Rahasia Inggris. Sebagai seorang agen rahasia, Bond memiliki banyak kemampuan hebat. Bahkan, Bond selalu memiliki berbagai gadget canggih untuk membantunya dalam tugas. Sebenarnya di Hollywood sendiri, ada banyak agen spesial yang bisa menjadi pesaing James Bond. Siapa saja mereka? Simak berikut ini Geeks!

Ethan Hunt

Ethan Hunt adalah karakter ikonik yang Tom Cruise perankan. Hunt bekerja sebagai agen veteran IMF (Impossible Missions Force) sebuah tim khusus (yang sesuai dengan namanya) menjalankan misi-misi yang mustahil untuk orang biasa lakukan. Di IMF, Hunt kerap kali melakukan berbagai misi berbahaya, mulai dari misi penyusupan hingga misi penyerangan. Sebagai seorang agen spesial, Hunt memiliki banyak kemampuan, seperti bertarung jarak dekat atau jarak jauh, melakukan observasi, hingga memecahkan kasus yang kompleks.

Sepanjang kariernya di IMF, Ethan Hunt sering bekerja sama dengan beberapa anggota lainnya. Tetapi setelah mantan mentor Hunt mengkhianatinya, Hunt lebih sering bergerak sendiri untuk menghindari pengkhianatan baru. Hunt juga sering mendapat dukungan gadget-gadget canggih dari rekan setimnya. Misalnya, saat Hunt mendapat parasut tersembunyi yang dia gunakan saat misi pembobolan di Mission Impossible 2.

Jack Ryan

Agen spesial lainnya adalah Jack Ryan, karakter yang berasal dari penulis Tom Clancy. Terhitung, sudah ada empat aktor berbeda yang memerankan karakter ini. Ryan adalah seorang analis CIA. Ia sudah beberapa kali melakukan misi berbahaya, mulai dari berada di kapal selam soviet, hingga menyelamatkan anggota keluarga kerajaan Inggris dari pembunuhan. Bahkan, Ryan juga pernah menggagalkan aksi terorisme besar.

Mungkin, versi Jack Ryan terbaik adalah saat diperankan oleh Harrison Ford. Jack Ryan versi Harrison Ford lebih mengandalkan kepintarannya di banding kekuatan otot. Ia cerdas, ulet, dan meskipun ia cenderung menggunakan kepintarannya untuk memenangkan kasus, tetapi ia juga mampu menghajar setiap lawan dalam sebuah pertarungan. Itulah yang membuat Jack Ryan cocok menjadi lawan sepadan James Bond.

Jason Bourne

Di Hollywood, karakter Jason Bourne diperankan oleh aktor Matt Damon. Pertama kali muncul di tahun 2002, dia adalah seorang mantan agen CIA yang harus berjuang menyelamatkan dirinya sendiri dari kejaran musuh-musuhnya. Menariknya nih Geeks, musuh-musuh Jason Bourne bukan berasal dari luar sana, melainkan dari tubuh CIA itu sendiri. Yap, mantan atasan Bourne di CIA memerintahkan orang-orangnya untuk memburu dan membunuh Jason Bourne.

Senjata ampuh Jason Bourne adalah kedua tangannya, dan benda apa pun yang ada di dekatnya, yang bisa dia gunakan untuk melumpuhkan musuh. Jason Bourne berbeda dengan agen-agen lainnya dalam daftar ini, karena ia harus berjuang sendiri tanpa memiliki peralatan canggih. Wajar karena Jason Bourne sebenarnya telah CIA latih untuk menjadi mesin pembunuh. Sekarang, Bourne lah yang akan menghantui para orang-orang yang memburunya.

Eggsy

Targon Egerton adalah aktor yang namanya semakin bersinar setelah memerankan Eggys di film The Kingsman. Kalau Geeks masih ingat, Eggys awalnya adalah anak nakal. Tapi kemudian dia direkrut sebagai agen Kingsman setelah kematian ayahnya. Beragam latihan berat harus Eggsy alami, yang pada akhirnya membentuk Eggys menjadi agen terlatih. Sejak itulah dia mengemban tugas penting, yaitu menyelamatkan dunia dari kelompok-kelompok jahat.

Berbeda seperti agen-agen di atas, seperti James Bond yang serius dalam menangani kasus, Eggsy malah sering tampil kocak dan membuat penonton tertawa karena kepolosannya. Sepanjang kariernya sebagai agen spesial, Eggys sebenarnya lebih sering dibantu oleh mentornya, Harry Hart. Tetapi seiring waktu, dia mulai bisa melakukan pekerjaannya seorang diri.

Johnny English

Di antara agen spesial lainnya, Johnny English sepertinya menjadi yang paling lucu. Diperankan oleh Rowan Atkinson, Johnny adalah seorang agen M17 terakhir yang tersisa di Inggris. Pasalnya, semua agen sebelumnya dibunuh dengan bom, sehingga satu-satunya yang tersisa adalah Johnny. Sebagai sosok terakhir, Jhonny mengemban tugas penting seperti menjaga mahkota Inggris yang berada di Tower of London, hingga menangkap peretas hebat yang mengacak-ngacak inggris.

Berbeda dengan agen spesial di atas, Johnny English cenderung egois, dan melakukan berbagai aksi heroik tanpa perhitungan matang. Malahan, dialah yang sering menjadi sumber masalahnya. Semua itu semakin parah dengan Johnny yang kurang mengetahui tentang teknologi. Yap, Jhonny sebenarnya sangat gaptek. Terbukti beberapa kali Jhonny English gagal menggunakan beberapa gadget yang orang lain pinjamkan. Tetapi di balik itu semua, Johnny English memiliki faktor keberuntungan, yang membuatnya bisa terus selamat. Itulah yang membuat Johnny layak masuk daftar ini.

Evelyn Salt

Karakter satu ini diperankan oleh Angelina Jolie. Bernama asli Evely Salt, ia adalah seorang agen rahasia CIA dengan segudang prestasi. Namun sayangnya, kehidupan Salt berubah 180 derajat setelah ia menginterogasi seorang pengkhianat dari Rusia. Salt kemudian dituduh sebagai pengkhianat Amerika, dan disebut akan membunuh presiden Amerika Serikat. Sejak itulah Salt menjadi buronan paling CIA cari. Karena mendapat banyak pelatihan, wajar jika Salt tidak merasa kesulitan ketika beraksi, baik dengan tangan kosong ataupun dengan senjata api.

Saat bertarung, Salt tampak dingin, sadis, dan tanpa ampun. Namun di balik itu, Salt tetap menunjukkan keanggunannya sebagai seorang wanita. Dalam upayanya untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah, Salt biasanya lebih sering bergerak sendiri. Dia sama sekali tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya, termasuk suaminya sendiri.

Mr. & Mrs. Smith

Yang terakhir dalam daftar ini adalah pasangan suami istri yang juga berprofesi sebagai agen spesial. Mereka adalah Mr. Smith (Brad Pitt) dan Mrs. Smith (Angelina Jolie). Sepanjang pernikahan, mereka tidak pernah menyadari bahwa masing-masing adalah agen rahasia, sekaligus pembunuh bayaran. Keduanya pun bekerja untuk 2 organisasi yang saling bertentangan satu sama lain. Namun, identitas asli mereka akhirnya terbongkar dan mereka berusaha saling membunuh.

Untuk urusan kemampuan, keduanya sangat piawai dan efisien saat mendapat tugas membunuh. Yang membedakan mereka berdua adalah style bertarungnya. Jika Mrs. Smith jago memainkan pisau belati alias jago pertarungan jarak dekat, sementara Mr. Smith jago dalam urusan senjata api, yang membuatnya handal dalam urusan tembak-menembak.

Itu dia Geeks beberapa agen spesial yang memiliki kemampuan layaknya James Bond. Mereka bisa menjadi pesaing terkuat James Bond, jika dihadapkan satu lawan satu. Kalau menurut kalian Geeks, mana di antara para karakter di atas yang paling mungkin mengalahkan James Bond?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/