Haki Shanks Dua Kali Lipat Luffy?

Berbicara mengenai Haki, kemampuan Haki dari Luffy benar-benar berkembang sangat pesat baru-baru ini. Harus kita akui memang perkembangan Haki Luffy tersebut sampai pada level yang mengerikan, di mana dia sanggup menahan serangan Kaido. Bahkan, pada akhirnya, Luffy pun mampu atau berhasil untuk mengalahkan Kaido meskipun memang ada bantuan  dari Gear 5 miliknya.

BACA JUGA: One Piece: Angkatan Laut Diambang Kehancuran?

Berbicara mengenai Haki, banyak dari para fans One Piece yang bertanya-tanya apakah kekuatan Haki dari Luffy saat ini sudah setara Shanks? Sebelum menjawab hal tersebut, terdapat sebuah trivia menarik yang pernah Oda sampaikan langsung. Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fans bertanya mengenai berapa jumlah orang yang mampu Shanks taklukan ketika dia berada di posisi Luffy saat menghadapi pasukan Hody Jones.

Dalam ceritanya, Luffy mampu menaklukan 50.000 pasukan Hody Jones dengan menggunakan Conqueror Haki miliknya. Kemudian, menurut Oda Sensei, jika Shanks dan Rayleigh berada di situasi yang sama maka dia akan mampu menaklukan dua kali lipat dari jumlah Luffy yaitu 100.000 orang. Meskipun begitu, Oda kemudian menegaskan bahwa situasi tersebut akan berbeda jika ada orang-orang tersebut memiliki tekad yang kuat.

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita tarik kesimpulan bahwa memang kekuatan Haki dari Shanks dua kali jauh lebih kuat dari Luffy. Dan chapter 1055 kemarin bahkan memberikan bukti lain seberapa dahsyat kekuatan Conqueror Haki dari Shanks. Kita melihat bagaimana Haki dari Shanks mampu menjangkau jarak yang sangat jauh, memunculkan petir hitam, dan melumpuhkan seorang admiral.

BACA JUGA: One Piece: Buggy Kunci Menuju Laugh Tale?

Bukan hanya itu, sang admiral kemudian memutuskan untuk pergi dari sana. Luffy rasanya masih belum ada di tahap Shanks, setidaknya untuk saat ini. Namun, menarik tentunya melihat perkembangan kemampuan Haki dari Luffy kedepannya. Jadi, apakah Haki Luffy dan Shanks setara? Jawabannya adalah tidak. Sosok Shanks masih jauh lebih unggul dari Luffy, di mana kekuatannya dua kali lipat lebih kuat. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin jika kemudian Luffy akan berada di level yang sama atau bahkan melampaui kekuatan Haki dari Shanks. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.