Dengan semakin dekat berakhirnya arc Wano Country sepertinya Eiichiro Oda semakin banyak menghadirkan hal-hal luar biasa terkait dengan seri One Piece. Seperti yang pernah disebutkan sebelumnya oleh Oda, bahwa arc Wano Country akan menjadi sebuah arc yang paling besar dan paling penting di sepanjang seri One Piece. Dan hal itu sepertinya sudah terbukti.

Pertama, kita melihat bagaimana skala pertempuran Onigashima yang jauh lebih masif dan dahsyat dibandingkan dengan pertempuran di Marineford. Kemudian, yang paling baru adalah kita mendapatkan berbagai fakta-fakta baru mengenai buah iblis yang dimakan oleh Monkey D. Luffy, Gomu Gomu no Mi. Lalu, fakta baru apa saja yang diketahui mengenai buah iblis tersebut?

Nama Aslinya Bukan Gomu Gomu

Sejak awal diperkenalkan dalam seri One Piece, Oda Sensei sudah menjelaskan bahwa buah iblis bewarna ungu yang dimakan oleh Luffy di awal serinya adalah buah iblis Gomu Gomu. Buah iblis tersebut dicuri oleh kelompok bajak laut Shanks dari kapal milik milik musuh. Namun, baru pada pertarungan Jinbe melawan Who’s Who kita tahu bahwa buah iblisnya dicuri dari kapal milik Pemerintah Dunia.

Selama ini juga Luffy sering kali menggunakan/menyebutkan nama buah iblisnya setiap kali dia menggunakan teknik tertentu. Misalnya, menggunakan teknik King Kong Gun. Tetapi, ternyata nama asli buah iblisnya sendiri bukanlah Gomu Gomu. Menurut penjelasan dari diskusi para Gorosei, nama asli dari buah iblis tersebut merupakan Hito Hito no Mi, Model: Nika.

Jenisnya Bukan Paramecia

Gomu Gomu no Mi merupakan salah satu buah iblis paling kuat dalam cerita One Piece. Setelah memakan buah iblis tersebut, Luffy pun kemudian mampu merubah seluruh tubuhnya bisa menjadi elastis seperti karet. Dengan kekuatan buah iblis tersebut Luffy kini berubah menjadi sosok yang mengerikan, di mana dia sudah mampu mengalahkan banyak orang.

Sebelumnya, buah iblis Gomu Gomu pun diketahui berjenis Paramecia yang mana artinya buah iblis ini memberikan kekuatan perubahan zat pada penggunanya yang bisa digunakan di salah satu bagian tubuhnya. Namun, faktanya, menurut Gorosei buah iblis Gomu Gomu bukanlah buah iblis berjenis Paramecia melainkan Zoan. Bahkan, lebih tepatnya adalah buah iblis Zoan mitologi yang artinya ini menjadi sub-jenis baru dari jenis Zoan.

Sudah Lama Diburu

Pada awal kemunculannya, rasanya tidak akan ada yang menyangka jika buah iblis ini akan menjadi buah iblis yang penting dan memiliki sejarah panjang. Kita hanya diperlihatkan bagaimana buah iblis Gomu Gomu merubah Luffy menjadi sosok yang elastis. Bahkan, bisa dibilang buah iblis ini termasuk salah satu buah iblis yang underrated jika dibandingkan dengan buah iblis dahsyat lainnya misalnya, buah iblis Magu Magu milik Sakazuki.

Namun, di arc Wano ini sedikit demi sedikit akhirnya fakta sebenarnya buah iblis Gomu Gomu terungkap. Berdasarkan dari apa yang dijelaskan oleh Who’s Who, di mana buah iblis tersebut dijaga ketat oleh pihak CP-9, memberikan bukti bahwa Gomu Gomu adalah buah iblis yang penting. Dalam chapter 1044 ini pun kemudian diketahui bahwa pihak Pemerintah Dunia ternyata sudah sejak lama mengincar buah iblisnya, bahkan sejak 800 tahun yang lalu. Namun, upaya mereka selalu gagal.

Buah iblis Gomu Gomu alias Hito Hito no Mi, Model: Nika ternyata bukanlah buah iblis sembarangan. Pemerintah Dunia ternyata sudah sejak ratusan tahun yang lalu berusaha untuk mendapatkan buah iblis tersebut, yang mana memperlihatkan seberapa besar pentingnya buah iblis tersebut bagi mereka. Sayangnya, masih belum diketahui apa tujuan mereka mengincar buah iblis tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.