Observation Haki atau yang biasa dikenal sebagai Kenbunshoku Haki, merupakan salah satu dari tiga jenis Haki yang ada di dalam cerita One Piece. Sama halnya seperti Armament Haki, ada banyak karakter yang memiliki kemampuan Observation Haki karena kedua jenis Haki ini bisa dibangkitkan oleh siapa saja. Ada berbagai kemampuan yang bisa dilakukan pemilik Observation Haki.

Misalnya, mereka bisa membaca pergerakan musuhnya, merasakan emosi, mendengar suara hati seseorang, dan bahkan yang paling epik adalah mampu melihat ke masa depan. Meskipun semua orang bisa menggunakan atau membangkitkan Haki ini, tidak semua orang bisa menjadi pengguna yang luar biasa. Berikut adalah beberapa orang yang sangat luar biasa dalam penggunaan jenis Haki ini.

Para Admiral (Sebelum Time-skip)

Para admiral dari angkatan laut dianggap menjadi yang terkuat, selain Fleet Admiral. Mereka memiliki wewenang besar kedua di seluruh angkatan laut setelah pimpinan angkatan laut pusat. Sebelum time-skip, ketiga admiral tersebut adalah Kizaru, Aokiji, dan Akainu. Mengingat kekuatan dan juga kemampuan mereka, rasanya wajar jika mereka memiliki Observation Haki yang luar biasa.

Meskipun tidak diketahui bagaimana caranya, Aokiji diperlihatkan berhasil menghindari serangan Whitebeard yang dilapisi Haki dengan menciptakan sebuah lubang di tubuhnya. Sama halnya dengan Akainu yang mampu menghindari serangan Vista dan Marco.

Silvers Rayleigh

Dikenal juga sebagai sang raja kegelapan, Rayleigh merupakan sosok memiliki nilai buruan yang sangat tinggi. Sebagai tangan kanan dari Gol D. Roger, Rayleigh memiliki kemampuan yang luar biasa, termasuk penguasaan ketiga jenis Haki. Rayleigh sudah mempelajari kemampuan Haki agar yang lain pun mampu menggunakannya, seperti yang dia lakukan terhadap Luffy.

Rayleigh tahu orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bisa melihat ke masa depan, dan dia pun bisa jadi salah satu dari orang-orang tersebut, meskipun memang tidak ada konfirmasi mengenai hal tersebut. Terlepas dari itu, kemampuan Observation Haki dari Rayleigh sangat luar biasa. Dia mampu mengetahui keberadaa Luffy berdasarkan “hawa” yang dikeluarkan.

Fujitora

Issho, nama lain dari Fujitora, merupakan salah satu admiral angkatan laut saat ini dan merupakan salah satu admiral terkuat. Digambarkan sebagai sosok yang mengerikan dan luar biasa oleh Doflamingo, Fujitora diketahui memiliki kemampuan pengendalian Haki yang dahsyat, apalagi dia tidak mampu untuk melihat.

Bagaimana dia bisa “melihat” dan merasakan melalui Observation Haki benar-benar sangat luar biasa. Fujitora diketahui mampu untuk membaca emosi dan bahkan aura orang lain. Masih belum diketahui apakah dia bisa melihat ke masa depan. Berkat Observation Haki ini, Fujitora nampak tidak berbeda dengan mereka yang mampu melihat.

Monkey D. Luffy

Luffy berlatih tiga jenis Haki selama time-skip yang berjalan dua tahun di Rusukaina. Silvers Rayleigh adalah sosok yang mengajari langsung Luffy tentang kemampuan Haki. Meskipun pada awalnya Luffy baru mempelajari kemampuan dasar dari Haki, tetapi seiring berjalannya waktu kemampuan Haki Luffy terus meningkat.

Berbicara mengenai kemampuan Observation Haki milik Luffy, pada awalnya Observation Haki Luffy hanya sebatas membaca gerakan dan merasakan emosi. Namun, saat ini, Luffy sudah mampu meningkatkan kemampuannya. Luffy sudah mulai bisa melihat ke masa depan meskipun hanya beberapa detik. Luffy juga diketahui memiliki kemampuan Voice of All Things, yang diyakini berasal dari Observation Haki.

Charlotte Katakuri

Anak kedua dari Big Mom dan Sweet Commander terkuat dari kelompok bajak lautnya. Kemampuan Katakuri yang luar biasa membuat dia menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Menurut Katakuri, selama dia bertarung dia tidak pernah merasakan kekalahan. Semua hal itu dikarenakan Observation Haki yang dia miliki.

Selama bertahun-tahun, Katakuri sudah melatih Observation Haki miliknya yang mana hal tersebut membuat dia bisa melihat ke masa depan. Bahkan, dalam pertempuran melawan Luffy, Katakuri mampu melihat lebih jauh ke masa depan dibandingkan Luffy. Katakuri mampu menghindari serangan Observation Luffy yang bisa melihat ke masa depan yang dipadukan dengan form Snakeman. Tidak diragukan lagi, Katakuri adalah pemilik Observation Haki terkuat saat ini.

Observation Haki mungkin tidak terlalu sering muncul dalam ceritanya, apalagi di arc Wano ini. Armament dan Conqueror Haki yang lebih sering menjadi sorotan dalam cerita. Meskipun begitu, bukan berarti jenis Haki ini tidak hebat. Justru, dengan menguasai Observation Haki seseorang bisa meraih kemenangan atas musuhnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.