Sebagai musuh Spider-Man yang pertama kali melakukan debut komiknya pada tahun 1963, Vulture adalah salah satu villain tua Marvel yang mempunyai penampilan seperti seekor burung pemakan bangkai. Dan pada tahun 2017, karakter yang mempunyai nama asli Adrian Toomes ini hadir dalam bentuk live-action di film Marvel Cinematic Universe berjudul Spider-Man: Homecoming. Diperankan oleh Michael Keaton, Vulture menjadi musuh pertama yang harus dihadapi oleh Peter Parker alias Spider-Man (Tom Holland).

Homecoming sendiri memperkenalkan Vulture sebagai seorang penjahat yang mencuri dan mengumpulkan teknologi Chitauri dari sisa-sisa pertarungan antara Avengers melawan Loki dan pasukan Thanos di film The Avengers (2012). Perbuatan ilegal Vulture tersebut, membuat dirinya harus berhadapan dengan superhero muda Spider-Man. Dan pada pertarungan terakhir, saat akan mencuri teknologi yang dibawa ke markas Avengers, Spider-Man berhasil mengalahkan Vulture dan membuatnya dipenjara.

Beberapa waktu lalu, dalam acara Jimmy Kimmel Live, aktor Michael Keaton dengan sengaja mengatakan, “Besok saya akan syuting… beberapa hal terkait Vulture.” Di mana hal tersebut memancing banyak pertanyaan penggemar terkait syuting apa yang Keaton maksud, mengingat karakternya sudah diceritakan tertangkap dan dipenjara di akhir film Homecoming. Keaton sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut tentang film apa dan di universe mana karakternya akan kembali. Dengan adanya Multiverse Marvel yang baru-baru ini diperkenalkan di MCU, kemunculan Vulture bisa terjadi di mana saja.

Spider-Man: No Way Home

Spider-Man: No Way Home adalah film solo ketiga Spider-Man MCU yang dipastikan akan mengangkat tema Multiverse. Hal tersebut ditandai dengan keterlibatan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) yang diceritakan gagal merapal mantra dan menyebabkan MCU kedatangan “tamu” yang berbahaya, yaitu Doctor Ock (Alfred Molina), Green Goblin (Wile Dafoe), Electro (Jamie Fox), Sandman (Thomas Haden Church), dan Lizard (Rhys Ifans). Dengan adanya lima supervillain ini, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa ada satu villain lagi yang akan hadir untuk membentuk tim supervillain Sinister Six.

Salah satu kandidat anggota terakhir Sinister Six tersebut adalah Vulture, yang di Marvel Comics merupakan salah satu anggota pendiri Sinister Six juga. Sekarang pertanyaannya, jika Keaton baru saja akan melakukan syuting, sedangkan filmnya akan dirilis sebentar lagi, perannya kemungkinan tidak akan sebanyak villain lain atau mungkin hanya sekilas. Atau mungkin selama ini Marvel telah merahasiakan keterlibatan Keaton yang sudah lama melakukan produksi No Way Home sebagai Vulture? Dan baru-baru ini dia hanya melakukan syuting tambahan untuk poster atau teaser. Kita lihat saja nanti.

Morbius

Berbeda dengan film No Way Home yang berada di Marvel Cinematic Universe, film Morbius garapan Sony berada di semestanya sendiri yang disebut Sony’s Spider-Man Universe. Keterlibatan Michael Keaton di film ini sudah terungkap sejak video teaser pertama filmnya yang rilis pada tahun 2020. Dia muncul begitu saja dan terlihat berbicara langsung kepada Morbius (Jared Leto). Pada saat itu penggemar berspekulasi bahwa Vulture yang muncul di SSU ini adalah varian, istilah yang dipopulerkan serial Loki (2021).

Namun, setelah trailer Morbius keluar pada bulan November lalu, semuanya makin membingungkan, karena filmnya banyak sekali menghadirkan easter egg dari film Spider-Man lain yang membuat latar semesta Morbius menjadi tidak jelas. Selain di SSU, sebagian penggemar juga berspekulasi bahwa Morbius hadir di MCU karena Multiverse. Apapun itu, yang jelas kehadiran Vulture di filmnya masih menjadi pertanyaan sampai sekarang. Mungkin syuting yang baru saja dilakukan oleh Keaton adalah untuk film Morbius, di mana adegannya akan menjelaskan mengapa Vulture MCU bisa tiba di SSU dan bertemu Morbius.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Kemungkinan lainnya yang juga ramai dibicarakan adalah Vulture yang akan hadir di film sekuel Doctor Strange. Film yang mempunyai judul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness ini akan bercerita tentang kegilaan multiverse yang terjadi akhir-akhir ini di MCU. Strange sendiri akan ditemani oleh Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) dan superheroin baru bernama America Chavez (Xochitl Gomez). Kabarnya di filmnya ini Strange dan kawan-kawan akan mengarungi berbagai universe yang berpotensi menghadirkan para karakter Marvel lama, seperti Professor X, Ultron Sentry, dan mungkin Vulture.

Belum lama ini juga dikabarkan bahwa film Doctor Strange in the Multiverse of Madness sedang melakukan syuting ulang beberapa adegan yang terkait cameo-cameo penting, ada kemungkinan salah satunya adalah cameo Keaton sebagai Vulture. Di mana di filmnya nanti mungkin akan dijelaskan mengapa Vulture versi Keaton bisa menjadi karakter Marvel pertama yang berada di SSU dan MCU. Kemungkinan lain, kejadian Keaton di Homecoming akan direka sebagai salah satu universe yang dikunjungi oleh Strange dan kawan-kawan.

Itulah tiga film Marvel yang kemungkinan akan memunculkan adegan baru Vulture, di mana syutingnya baru saja dilakukan oleh Michael Keaton. Selain ketiga film ini, ada kemungkinan lain Vulture akan muncul di credit scene sebagai cameo penting atau hanya sekadar menghibur. Bukan hanya di tiga film ini saja, melainkan di film Marvel lain yang akan dirilis pada tahun 2022, seperti Thor: Love and Thunder atau Black Panther Wakanda Forever. Untuk itu kita pantau saja terus perkembangan kabarnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.