Secret Wars adalah salah satu peristiwa besar di Marvel Comics yang melibatkan banyak pahlawan super dan penjahat super dalam satu pertempuran besar. Pertama kali rilis pada tahun 80-an, komik Secret Wars karya Jim Shooter dimulai dengan Beyonder yang mengumpulkan pahlawan super dan penjahat super di sebuah planet yang disebut Battleworld. Mereka dipertemukan untuk bertarung sampai mati. Setelah melihat pecahnya multiverse di final serial Loki, yang berpotensi menciptakan perang multiverse berikutnya, para penggemar berharap bisa melihat kejadian Secret Wars pada masa depan Marvel Cinematic Universe.

Di komik Secret Wars baru yang rilis pada tahun 2015, pertarungan di Battleworld bahkan lebih besar lagi daripada sebelumnya. Kali ini pertarungan para pahlawan super dan penjahat super meliputi banyak alam semesta Marvel yang berbeda. Rumor mengenai Secret Wars versi MCU makin terdengar setelah Jim Shooter mengaku bahwa dirinya dihubungi oleh Marvel yang ingin mengadaptasi salah satu karyanya, Shooter bahkan merasa cukup yakin bahwa Secret Wars akan diadaptasi menjadi sebuah film. Dan sekarang, Presiden Marvel Studios menanggapi rumor tentang film Secret Wars tersebut.

Baru-baru ini, Presiden Marvel Studios Kevin Feige mengatakan kepada ComicBook.com bahwa dia heran mengapa orang-orang membicarakan rumor Secret Wars. “Saya juga melihat rumornya, mengapa orang-orang membicarakannya sekarang? Saya ingin tahu” kata Feige. “Saya pikir sepertinya ada satu orang yang menulis tentang itu [rumor Secret Wars MCU], dan kemudian orang lain menulis tentang itu juga, dan kemudian semua orang menulis tentang itu, dan jadilah seperti sekarang.” Walaupun begitu, tampaknya Bos Marvel juga setuju bahwa Secret Wars mempunyai potensi yang bagus.

“Secret Wars adalah crossover raksasa yang sangat bagus. Banyak sekalicrossover bagus yang bisa kita adaptasi, hal itu karena kayanya [cerita] Marvel Comics, di mana saya pikir hal itu belum pernah terjadi sebelumnya dalam narasi fiksi yang sedang berlangsung,” tambah Feige. “Dan kita di sini dengan perilisan film ke-25 kita, Shang-Chi. Kita bahkan sudah memulai produksi tayangan MCU yang ke-31 dan ke-32 [The Marvels dan Quantumania], belum lagi kita sedang mengerjakan tujuh sampai delapan serial Disney+. Dan kita masih ditanyai apa yang belum kita sentuh. Itu luar biasa.”

Dengan konfirmasi dari Feige ini, bisa disimpulkan bahwa rumor mengenai Secret Wars versi MCU tidak benar, setidaknya untuk sekarang. Karena Feige merasa bahwa Secret Wars adalah salah satu cerita crossover luar biasa yang berpotensi untuk mereka adaptasi selanjutnya. Mengingat di Infinity Saga ada pertempuran menarik antara para pahlawan super di Captain America: Civil War, cukup masuk akal jika Marvel Studios mengadaptasi Secret Wars untuk meningkatkan tayangan pada Fase 4 MCU dan seterusnya. Untuk saat ini, kita nikmati saja tayangan MCU yang sudah pasti rilis ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.