Chapter 1010 dari seri manga One Piece akhirnya mengkonfirmasi sesuatu yang sangat penting dari Zoro, yaitu dia ternyata memang memiliki kemampuan Conqueror Haki. Namun, fakta bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki pada dasarnya tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, selama ini pun Eiichiro Oda sudah sejak lama memberikan petunjuk terkait hal tersebut – yang mana memunculkan banyak teori dan spekulasi tentang hal tersebut.

Zoro, bagi Luffy, adalah bagaikan Rayleigh bagi Roger. Dia adalah sosok kru yang sangat dekat, mengikuti karena dia percaya bukan karena lebih lemah, sosok tangan kanan yang memiliki kekuatan yang hampir setara. Rayleigh sendiri merupakan pengguna dari Conqueror Haki, jadi dengan spekulasi bahwa adanya kemiripan antara Zoro dan Rayleigh, artinya Zoro pun memiliki Haki tersebut.

Hiro Studios

Seperti yang disebutkan di atas, fakta bahwa Zoro memiliki Conqueror Haki menjadi konfirmasi dari apa yang sebelumnya dispekulasikan oleh para fans. Oda juga sudah sejak lama memberikan petunjuk mengenai hal ini, dengan menyebutkan referensi tentang “aura yang sangat kuat”, “hasrat membunuh”, “hawa iblis” yang sangat kuat dari sosok Zoro.

99¢ dream emporium — au where everything's the same except luffy has...Seperti yang diungkapkan oleh Rayleigh, Conqueror Haki adalah “kekuatan untuk menaklukan.” Hal ini sesuai dengan apa yang terjadi kepada Monet, ketika dia “tewas” akibat tebasan Zoro. Momen ketika Zoro hendak menyerang Monet, terlihat Zoro begitu serius dengan tatapannya. Dan yang menarik, ekspresi dan tatapan tersebut sesuai dengan apa yang biasanya dilakukan oleh para pengguna Conqueror Haki.

Di awal arc Wano, Urashima – sang juara sumo – mencoba untuk menculik Kiku tapi dia tidak jadi melakukannya. Hal itu dikarenakan Urashima merasakan hawa yang mengerikan dari Zoro. Kekuatan tekad dari Zoro benar-benar sangat kuat dan luar biasa, bahkan sampai-sampai mampu menciptakan sebuah ilusi dari tubuhnya yang seolah bertambah banyak seperti seorang iblis.

Di sisi lain, para Worst Generation merasakan bagaimana hawa membunuh Zoro sangat luar biasa. Di chapter 997, Zoro marah terhadap Queen, dan berteriak dengan mengatakan bahwa dia tidak memiliki waktu untuk bermain-main dan menghabiskan waktu untuk permainan yang dia lakukan. Pada momen tersebut terlihat bagaimana Queen terintimidasi oleh hal tersebut. Di sisi lain, Kaido menjadi penyebab dari gempa bumi di Onigashima, karena dia mengangkat pulaunya.

Namun, banyak orang mengira bahwa gempa tersebut diakibatkan oleh Conqueror Haki dari Zoro. Brook bahkan meyakini hal tersebut juga. Meskipun pada awalnya hal itu mungkin hanya sebagai lelucon saja, namun kita akhirnya tahu bahwa hal tersebut bukan lelucon. Namun, hal tersebut menarik, karena orang-orang mengira bahwa gempa tersebut diakibatkan oleh kemarahan dari Zoro dan juga Conqueror Haki yang dia miliki.

Meskipun belum ada konfirmasinya, ketika Zoro berusaha mengendalikan Enma agar pedangnya tidak meyerap Armament Haki Zoro, ada kemungkinan Zoro secara tidak sadar menggunakan Conqueror Haki. Itulah alasannya mengapa kemudian dia mampu “mengendalikan” Enma. Bahkan, ada juga teori dari para fans yang menyebutkan bahwa Zoro menggunakan Conqueror Haki di Logue Town untuk mendapatkan keberuntungannya saat berusaha mendapatkan Sandai Kitetsu.

Databook dari One Piece pun menyebutkan bahwa level kekuatan bertarung dari Zoro dianggap sama seperti Luffy. Namun, yang menjadi alasan mengapa dia mau mengikuti Luffy adalah karena rasa percaya dan juga rasa hormat. Di akhir serinya nanti, ada kemungkinan bahwa Zoro akan menjadi sosok tangan kanan raja bajak laut terkuat setelah Rayleigh. Dan juga tentunya Zoro akan berhasil mewujudkan mimpinya sebagai ahli pedang terbaik.

Hiro Studios