Mantan Shichibukai

Shichibukai adalah bajak laut yang kemudian bekerja sama dengan angkatan laut, untuk menangkap para bajak laut yang dicari. Pada awalnya, mereka adalah salah satu senjata terkuat angkatan laut untuk menghadapi bajak laut. Tapi, setelah Reverie yang terakhir selesai, salah satu keputusan yang muncul adalah pembubaran Shichibukai, karena dianggap berbahaya.

Mereka kembali menjadi bajak laut yang akan diburu oleh angkatan laut. Karena pada dasarnya mereka adalah bajak laut, tentunya mereka akan bergabung dengan Luffy dalam perang besar melawan Pemerintah Dunia. Beberapa mantan Shichibukai yang bakalan bergabung diantaranya adalah Crocodile, Dracule Mihawk, dan juga tentunya Boa Hancock.

Angkatan Laut

Meskipun angkatan laut adalah instrumen dari Pemerintah Dunia, tapi gak semua angkatan laut setuju dengan jalan pikiran dan apa yang dilakukan oleh organisasi itu. Beberapa diantara mereka terbukti bahkan “membangkang” kepada Pemerintah Dunia, dengan membentuk sebuah organisasi rahasia yaitu SWORD. Masih belum diketahui anggota lengkap kelompok rahasia ini, tapi X-Drake dan Coby udah dikonfirmasi jadi bagian dari kelompok ini.

Beberapa anggota angkatan laut non SWORD juga kemungkinan akan mengikuti jejak SWORD, diantaranya adalah Smoker, Garp, Fujitora, dan juga Aokiji. Mereka memang angkatan laut, tapi mereka gak menganut keadilan absolut seperti sebagian besar perwira angkatan laut lainnya. Mereka bahkan terbukti memiliki kepedulian yang mendalam. Setelah semua rahasia dunia terbongkar, mungkin mereka akan mulai berbalik menyerang Pemerintah Dunia.

Selain pihak-pihak di atas, masih ada beberapa lainnya yang mungkin akan membantu, seperti Germa 66 dan Katakuri berserta yang lain. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Mihawk, kekuatan terbesar Luffy bukan terletak di kemampuan buah iblisnya tetapi bagaimana dia mampu merubah musuh menjadi teman. Dia mampu membuat orang lain mau membantunya, Itulah yang membuat Luffy menjadi sosok yang paling mengerikan di lautan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.