Selama tiga Phase di MCU, Marvel udah ngebangun cerita dari awal kalau Thanos adalah villain sebenarnya yang mengancam bukan hanya keberadaan bumi tapi juga seluruh alam semesta. Dengan kekalahannya di Avengers: Edgame, ada beberapa nama villain lainnya dari Marvel yang siap menggantikan posisi Thanos sebagai villain utama. Siapa aja mereka?

Dracula

Meskipun pilihannya sedikit aneh, tapi Dracula bisa jadi salah satu pilihan villain utama untuk Phase mendatang MCU. Vlad Dracula dalam versi komik Marvel sama dengan apa yang dibuat oleh Braham Stroker dalam komiknya. Dia punya kekuatan di multiverse ini, bahkan dia menjadi penguasa bagi para vampir yang ada di bumi. Sayangnya, dari sekian banyak penulis Marvel Comics sangat sedikit yang minat untuk menggali cerita tentang Vlad Dracula.

Jika Marvel memainkannya dengan benar, Dracula bisa jadi musuh yang mengerikan bagi para Avengers dan pahlawan Marvel lainnya. Musuh utama bagi Dracula di Marvel adalah Deadpool dan juga tentunya Blade. Karena kedua karakter tersebut sekarang sudah jadi bagian dari MCU, jadi bukan gak mungkin kalau Dracula juga bakalan menyusul.

The Lizard

Dengan Sony dan MCU saat ini berbagai tentang Spider-verse, bukan hal yang aneh kalau villain dari cerita Spider-Man bakalan muncul dan jadi villain utama di MCU. Contohnya adalah Dr. Curtis Connor atau yang biasa kita kenal sebagai The Lizard. Kesalahan dan kecelakaan dalam sebuah penelitian tentang kadal (lizard) membuat DNAnya terpapar DNA kadal, yang kemudian membuatnya berubah menjadi The Lizard.

Selama Sony dan MCU/Disney masih menjalin kerja sama yang baik tentang Spider-verse, ada kemungkinan besar kalau salah satu musuh terbesar dari Spidey ini bakalan muncul di layar lebar. Selama ini, kita cuma melihat musuh yang umum dari Spider-Man seperti Green Goblin atau Venom. Kalau Marvel bisa menghadirkan the Vulture, yang merupakan villain Spider-Man yang jarang terekspos, maka bukan gak mungkin The Lizard juga bisa mendapatkan treatment yang sama.

The Enchantress

Enchantress adalah seorang Asgardian sekaligus juga seorang dewi sihir. Dia menggunakan kemampuan sihirnya untuk memanipulasi orang-orang, demi mencapai tujuannya. Enchantress adalah salah satu karakter yang juga banyak banget diminta para fans untuk bisa muncul di layar lebar. Padahal, adiknya yaitu Lorelei udah pernah muncul di series Marvel, Agents of Shield.

Yang menjadi unik dari Enchantress jika dia jadi villain utama adalah dia bakalan jadi villain utama wanita pertama di MCU. Marvel Studios memang udah pernah menghadirkan karakter perempuan sebagai musuh utama dalam sebuah cerita, contohnya adalah Hela. Tapi, menjadi musuh bagi seluruh Avengers seperti Thanos tentunya sangat berbeda. Enchantress bisa mengisi posisi itu.

Red Hulk

Jendral Ross atau Thaddeus Ross adalah karakter yang udah ada di MCU, jadi rasanya sulit kalau gak membayangkan jika Ross berubah menjadi Red Hulk dan menjadi ancaman utama bagi bumi dan para Avengers. Kemunculan Ross di film Black Widow juga sempat memunculkan spekulasi di kalangan fans, kalau Marvel mungkin bakalan menghadirkan sosok Red Hulk.

Meskipun itu artinya Marvel harus kerja keras buat menulis ceritanya lagi, mengubah semua fakta-fakta yang ada, tapi bukan gak mungkin Red Hulk bisa jadi villain utama buat masa depan MCU. Berbagai karakter Hulk, seperti She-Hulk, juga mulai diperkenalkan di MCU jadi bukan pilihan yang buruk kalau Marvel mau menghadirkan Red Hulk.

BACA JUGA: Berbagai Formasi Terbaik Avengers

Doctor Doom

Karakter yang paling banyak diminta oleh para fans untuk muncul dan menjadi villain utama dari Marvel Cinematic Universe yang akan datang. Kalau berbicara tentang pengganti sosok Thanos, yang bukan hanya bisa memberikan pengaruh terhadap bumi tapi juga seluruh alam raya, Doctor Doom bisa jadi jawabannya. Udah gak perlu diraguin lagi bagaimana kekuatan dan juga pengaruhnya di cerita Marvel.

Victor von Doom adalah karakter yang cerdas, ambisius, arogan, dan tidak peduli dengan orang lain selama dia bisa mencapai tujuannya. Terdengar sangat pas kalau kita mau berbicara tentang kriteria pengganti Thanos. Belum lagi soal popularitasnya yang luar biasa. Dengan Disney yang berhasil mengakuisisi Fox, selain bisa menghadirkan Fantastic Four mereka jug bisa menghadirkan Doctor Doom dengan rasa baru yang lebih segar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.