Salah satu alasan utama mengapa perusahaan video game legendaris Nintendo, masih bertahan hingga detik ini, adalah karakter-karakternya yang sangat ikonik dan begitu dicintai. Ya, siapa yang tidak mengenal nama dan sosok seperti: Mario, Link dan Donkey Kong?

Selain namanya yang super catchy, penampilan mereka juga sangat mudah dikenali (recognizable). Tapi tidak dipungkiri, terkadang atau bahkan seringkali kita merasa penasaran sendiri dengan inspirasi dibalik terciptanya karakter-karakter ini. Mengapa namanya Link? Mengapa Mario menggunakan baju berwarna merah-biru? Dan sebagainya. Nah, melalui pembahasan kali ini, kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan sejuta gamer tersebut. Dan berikut adalah 5 inspirasi gokil diantaranya.


Mario


Tentunya tidak afdhal apabila pembahasan tidak dibuka dengan maskot Nintendo legendaris ini. Dengan kumis tebal serta kostum merah-biru yang catchy, mustahil banget apabila ada dari kita yang tidak kenal dengan saudara Luigi ini.

Mario diciptakan oleh pentolan Nintendo, Shigeru Miyamoto. Sebenarnya nama karakter bekumis ini adalah Mr. Video di Jepang dan Jumpman di Amerika Serikat. Namun nama Jumpman tersebut dirubah menjadi Mario setelah suatu hari, kantor Nintendo Amerika didatangi oleh tuan tanah (pemilik) properti gedung tersebut, Mario Segale.

Kedatangan Seagle adalah untuk menagih bayaran sewa gedung yang sudah jatuh tempo. Mario diberikan warna merah dan biru di bagian kostumnya untuk memberikan kontras visual terhadap dirinya dan mata gamer. Sedangkan topi dan kumis besar diciptakan agar tim tidak kerepotan menciptakan animasi perubahan wajah khusus ketika dirinya sedang melakukan lompatan.

Dirinya dikarakteristikan sebagai orang Itali dikarenakan bentuk kumis kebanyakan orang Itali, memanglah sebesar seperti yang dimiliki Mario. Dan kalau untuk pekerjaannya sebagai tukang ledeng (plumber), adalah dikarenakan dirinya sering menghabiskan waktu di bawah tanah (underground)

 


Donkey Kong


Ada Mario, ya pastinya ada Donkey Kong. Hal ini dikarenakan keduanya debut di dalam game yang sama, Donkey Kong (1981). Di game tersebut dirinya ditampilkan sebagaai sosok villain yang menculik kekasih Mario, Princess Peach.

Sosoknya tentu terinspirasi dari monster primata top di dunia perfilman, King Kong. Awalnya, dirinya ingin diberi nama Bluto. Bluto seperti kita tahu adalah musuh bebuyutan karakter kartun klasik, Popeye. Namun dirubah menjadi Donkey Kong, dikarenakan Miyamoto ingin primata ini terlihat benar-benar keras kepala (stubborn).

Dan binatang apakah yang terkenal dengan keras kepalanya? Yap, keledai aka Donkey. Awalnya ketika nama ini diajukan, pihak Nintendo Amerika tentunya menertawakan habis-habisan. Tapi dikarenakan semakin didengar semakin “lengket” di kepala, akhirnya nama Donkey Kong pun resmi digunakan.

 


Link


Semenjak pertama kali memainkan The Legend of Zelda (1986), tak dipungkiri gamer, selain langsung suka banget dengan game-nya, juga merasa penasaran banget dengan inspirasi dari nama jagoan game ini, Link. Kenapa namanya Link?

Menurut (lagi-lagi) Miyamoto, nama Link terinspirasi dari pecahan tiga segitiga ikonik game ini aka Triforce. Jadi, konsep atau kegunaan Triforce ini adalah untuk memudahkan Link menjelajahi waktu masa lalu dan masa depan yang mana, pejalanannya ini saling terkait atau dalam bahasa Inggris-nya, Linking. Alhasil nama Link pun lahir.

 


Pikachu


Maskot Pokemon ini diciptakan oleh Atsuko Nishida & Ken Sugimori. Nama Pikachu terinspirasi dari binatang sejenis tikus bernama Pika dan Chu yang menurut mereka, adalah suara yang biasanya dikeluarkan oleh seekor tikus. Kata Pika disini, juga terinspirasi dari sebutan terhadap suara yang keluar dari gelombang listrik yang sedang bertabrakan.

“Waduh ribet banget nemuin inspirasi namanya!” Jangkan kalian Geeks, Nishida & Sugimori saja mengakui kalau menemukan nama untuk si monster kuning imut ini, memanglah sangat merepotkan. Hal ini dikarenakan mereka ingin nama Pikachu langsung familiar baik bagi audiens Jepang maupun audiens Amerika.

Sedangkan warna kuning, simply digunakan karena nature warna ini yang langsung mencolok siapapun yang melihatnya. Sehingga diharapkan, sosok Pikachu bisa langsung mudah dikenal. Dan yap, terbukti, keputusan mereka ini tidaklah salah sama sekali.

 


Samus Aran


Pemburu bayaran (bounty hunter) wanita top Nintendo ini, tak dipungkiri memiliki nama yang lumayan unik di telinga. Menurut legenda yang ada, nama Samus tidaklah terinspirasi dari nama apapun. Namun nama Aran, konon dikabarkan terinspirasi dari nama lengkap legenda sepakbola Brazil, Pele, Edson Arantes do Nascimento.

Keseluruhan sifat, atribut sekaligus karakteristik Aran, seperti kita ketahui terinspirasi dari salah satu karakter wanita badass di dalam sejarah perfilman, Ellen Ripley yang diperankan oleh Sigourney Weaver di franchise sci-fi hit, Alien.

 

Nah Geeks, itulah tadi inspirasi gokil dari kelima karakter ikonik Nintendo yang kita cintai selama 3 dekade terakhir. Dari seluruh kisah inspirasi yang ada, yang manakah yang paling mengejutkan kalian?

Well-experienced Entertainment-Journalist, Semi-Pro Singer, Musicholic, Movie Lovers, WWE (Pro-Wrestling) Fans, 30's-50's enthusiast, DC Fanboy, Star Wars Fanboy, overall a 1-stop entertainment machine :)