Salah satu waralaba video game terbesar, Super Mario Bros, baru saja menayangkan film animasi terbarunya di bioskop seluruh dunia. Menariknya selain menampilkan para karakter ikonis seperti Mario, Luigi, Princess Peach, Toad, dan villain Bowser, filmnya juga telah menghadirkan sejumlah karakter dari video game Nintendo lain, baik melalui penampilan langsung maupun hanya sekadar easter egg. Di mana sebagiannya mungkin sudah pernah terungkap juga melalui trailer dan posternya. Berikut ini sepuluh easter egg menarik terkait video game populer lain yang bisa kita ditemukan dalam film animasi Super Mario Bros!

Mario Kart

Easter egg pertama terkait video game lain yang ditemukan di versi animasi Super Mario Bros ini adalah Mario Kart, yang memang sudah beberapa kali disinggung di trailer bahkan poster filmnya. Di mana Mario, Peach, dan karakter lainnya harus melakukan balapan mobil go-Kart melawan pasukan Bowser di lintasan Rainbow Bridge yang terkenal mempunyai kesulitan tinggi di waralaba video gamenya. Selain Rainbow Bridge dan juga sejumlah go-kart ikonis, filmnya juga memperlihatkan berbagai macam senjata yang digunakan di game Mario Kart, seperti pisang, tempurung hijau, dan tempurung biru yang lebih mematikan.

Luigi’s Mansion

Game selanjutnya yang menjadi easter egg di film Super Mario Bros adalah Luigi’s Mansion, waralaba game horor versi Luigi yang cukup populer di kalangan penggemar Nintendo. Easter egg ini bisa kita lihat ketika Luigi terpisah dari saudaranya Mario dan terdampar di dark land yang dikuasai oleh Bowser. Pada titik inilah dia melewati hutan mati dan dikejar oleh gerombolan Dry Bones, sebelum akhirnya dia ditangkap oleh Shy Guys di sebuah istana yang cukup kelam. Semua elemen Luigi’s Mansion ini bahkan didukung dengan kemunculan bos gamenya, yaitu King Boo, sebagai cameo di filmnya.

Donkey Kong

Selain para karakter populer yang berasal dari video game Super Mario Bros, di filmnya kita juga bisa melihat aksi Donkey Kong alias DK dan rajanya Cranky Kong. Kehadiran mereka ini secara tidak langsung telah menjadi easter egg menarik tentang video game Donkey Kong di film Super Mario Bros. Waralaba Donkey Kong sendiri dimulai dengan game arcade yang memperlihatkan dirinya sebagai villain dan Mario sebagai antagonisnya. Selain DK dan Cranky, kita juga bisa melihat Diddy Kong, Dixie Kong, dan Chunky Kong pada pertarungan colloseum di filmnya.

Super Mario Bros

Salah satu easter egg yang dengan cerdik diadaptasi ke adegan film adalah saat Mario tengah berlatih dengan Peach. Saat itu Mario diperkenalkan dengan magic mushroom, bullet bill, mystery block, dan di akhiri dengan menurunkan bendera bersimbol kawanan Bowser. Bagi para pemain game Super Mario klasik, tentu sudah tidak asing dengan hal tersebut. Dimana dalam gamenya, Mario perlu menghadapi berbagai rintangan seperti bullet bill, para kura-kura, mendapat kekuatan dari mystery block dan kekuatan menjadi raksasa dari magic mushroom dan di akhiri dengan menurunkan benderan Bowser.

Duck Hunt

Satu lagi easter egg game lain yang bisa kita lihat di film Super Mario Bros ketika Mario dan Luigi berada di Brooklyn adalah Duck Hunt. Di konsol Nintendo NES sendiri Duck Hunt adalah game berburu bebek yang bisa kita mainkan dengan controller berbentuk pistol. Easter egg ini muncul saat Mario dan Luigi melewati sebuah restoran Prancis untuk memperbaiki kebocoran pipa di apartemen warga Broklyn. Pada banner restoran tersebut terdapat lambang Duck Hunt dan tulisan bahasa Prancis ‘Chasse au Canard’ yang artinya berburu bebek.

Pikmin

Easter egg selanjutnya tentang video game lain yang muncul di film Super Mario Bros adalah Pikmin. Easter egg ini muncul ketika Mario tengah memperbaiki pipa di apartemen seorang warga kaya Broklyn, di mana kita bisa melihat sebuah patung kaca dari karakter yang ada di game Pikmin. Game bergenre RTS sekaligus puzzle ini berfokus pada spesies makhluk mirip tanaman yang disebut Pikmin, di mana mereka harus bertahan hidup di lingkungan yang cukup keras. Mengingat Pikmin adalah game lain dari pencipta Mario, Shigeru Miyamoto, tidak aneh jika ada easter egg karakter Pikmin di filmnya.

Kid Icarus

Di film Super Mario Bros ketika Mario mengunci diri di kamar apartemennya yang berada di Broklyn kita bisa melihat easter egg menarik terkait video game Kid Icarus. Di mana easter egg ini muncul ketika Mario menyalakan Nintendo NES untuk memainkan video gamenya. Plot game Kid Icarus sendiri berfokus pada karakter Pit yang harus menyelamatkan dunia Angel Land dan penguasanya Dewi Palutena. Menariknya Pit sendiri adalah karakter populer di Super Smash Bros, jadi secara tidak langsung easter egg ini juga mungkin telah menandai hubungan antara filmnya dan game bertarung tersebut.

Star Fox

Easter egg lain yang bisa kita temukan di film Super Mario Bros, tepatnya di kamar Mario adalah game Star Fox melalui figure pesawat Arwing di atas TV. Star Fox adalah game petualangan sekaligus tembak-tembakan pesawat ruang angkasa yang melibatkan tim tempur hewan humanoid Star Fox yang dipimpin oleh karakter protagonis Fox McCloud. Starfighter Arwing sendiri adalah pesawat tempur utama tim Star Fox yang bisa menembakan laser, melakukan gerakan akrobatik, dan punya alat anti gravitasi di dalamnya. Sepertinya Mario sangat menyukai pesawat tempur yang satu ini.

F-Zero

Sama seperti Star Fox, easter egg F-Zero di film Super Mario Bros juga bisa kita lihat di kamar Mario dalam bentuk poster salah satu kendaraan ikonis di gamenya yang disebut Blue Falcon. Sementara F-Zero terkenal sebagai game balap mobil-pesawat anti gravitasi yang membuat banyak pemain ketagihan, Blue Falcon sendiri adalah salah satu pilihan favorit penggemarnya ketika bermain. Di gamenya Blue Falcon merupakan kendaraan dari Captain Falcon yang terbilang cepat serta mempunyai keseimbangan kemudi yang cukup baik, itulah mengapa Blue Falcon sering dipilih di game F-Zero.

Track & Field

Jika kalian pemain Nintendo NES tahun 1990-an, kalian mungkin pernah memaikan game Track & Field. Nah game olah raga klasik ini juga muncul sebagai sebuah easter egg menarik di film Super Mario Bros dalam bentuk poster di kamar Mario. Track & Field sendiri adalah salah satu game olah raga pertama Konami yang saat ini lebih terkenal sebagai developer dari game bola Winning Eleven alias Pro Evolution Soccer. Bedanya di Track & Field kita bermain sebagai atlet Olympic dari berbagai cabang olah raga atletik, termasuk lari 100 meter, lempar lembing, lompat jauh, dan lain sebagainya.

Demikian sepuluh easter egg menarik terkait video game populer lain yang muncul di film Super Mario Bros. Kesepuluh easter egg ini telah mengindikasikan bahwa semua judul gamenya berada di semesta yang sama dengan film animasi Mario, entah sebagai video game atau karakter yang memang benar-benar eksis. Yang lebih menariknya lagi, semua ini juga secara tidak langsung telah membuka jalan untuk film sekuel, prekuel, atau spinoff di Nintendo Universe pada masa mendatang. Semoga saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.