Produser David Heyman mengatakan bahwa Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald akan seperti merupakan film thriller dan akan menggali lebih dalam mitologi dunia sihir daripada pendahulunya. Sekuelnya, masih seperti film Fantastic Beasts yang pertama, diarahkan oleh David Yates dari skenario yang ditulis oleh J.K. Rowling. Menurut Heyman, Yates dan Rowling telah meningkatkan kolaborasi keduanya demi memberikan sesuatu yang lebih baik dan lebih menarik di film keduanya ini.

Dilansir dari Entertainment Weekly, Heyman mengatakan bahwa para penggemar bisa optimis jika sekuel ini akan lebih baik dari film Fantastic Beasts yang pertama. Salah satu faktornya, sekuel ini akan jauh lebih luas dari segi cerita, karena narasinya akan membawa penonton pada sebuah petualangan yang mencakup beberapa negara dan memperkenalkan lebih banyak lagi karakter baru di sepanjang film :

“Kami menyelidiki lebih dalam mengenai dunia sihir, kami menuju Paris, London dan New York, dunia [dalam film ini] akan berkembang. Kita juga akan mengikuti beberapa karakter lain dalam ceritanya. Film ini akan memiliki nuansa yang sangat berbeda dari yang pertama. Ada kesan thriller, juga cerita tentang cinta dan gairah dengan segala bentuknya. Film ini akan menjadi sebuah petualangan mendebarkan dan sangat menyenangkan. Kami mengambil semua yang telah kami pelajari dan memperluasnya untuk menciptakan film yang lebih kaya, lebih dalam dan lebih mendebarkan yang membuat saya senang menjadi bagian dari itu semua. “

Seperti yang kita ketahui, judul resmi sekuel Fantastic Beast baru saja diumumkan minggu lalu, tepat satu tahun sebelumnya jadwal rilisnya di bioskop. Film ini akan bersetting beberapa saat setelah penyihir jahat Gellert Grindelwald (Johnny Depp) berhasil memenuhi janjinya untuk melarikan diri dari tahanan MACUSA. Satu-satunya harapan untuk menangkap Grindelwald dan menyelamatkan dunia sihir ada di tangan Albus Dumbledore yang diperankan oleh Jude Law.

Sebelumnya, ada satu kekhawatiran jika konflik antara Dumbledore dan Grindelwald akan jauh lebih menarik daripada kisah Newt Scamander (Eddie Redmayne) sendiri. Namun pernyataan Heyman yang tampak telah mempertimbangkan semua aspek dalam film ini mungkin menjadi pertanda positif jika JK Rowling telah mendapat komposisi yang seimbang agar film ini masih tetap di jalur yang benar.