Meskipun Haki merupakan salah satu sumber kekuatan bagi banyak karakter, namun ada beberapa jenis Haki di dunia One Piece yang paling langka. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal. Meskipun Haki digunakan oleh mayoritas karakter, namun ada beberapa jenis Haki yang dianggap paling langka di dunia One Piece. Apa saja?

4Advanced Grade Armament Haki

Masih dari pengembangan Armament Haki, jenis Haki paling langka di dunia One Piece selanjutnya adalah Advanced Grade Armament Haki. Kemampuan ini diperkenalkan lebih lanjut pasca timeskip dalam cerita One Piece, terutama dalam arc Wano Country. Namun, seperti halnya Ryuo, Advanced Grade Armament Haki pertama kali diperkenalkan ketika Silvers Rayleigh yang menggunakannya.

Kemudian, jenis Haki ini dijelaskan lebih lanjut oleh Hyogoro ketika Luffy tiba di Wano. Pada dasarnya, ini merupakan versi yang jauh lebih dahsyat dari Armament Haki biasa. Penggunanya tidak begitu saja menggunakan Haki di tubuhnya, melainkan mereka akan memfokuskan aliran Haki tersebut kepada satu titik di tubuh tersebut dan kemudian membuatnya mengalir dari tubuh penggunanya.

Ketika kemudian hal tersebut terjadi, Haki akan bisa diaktifkan atau dikgunakan dari jarak yang jauh. Jenis Haki ini akan menghasilkan daya hancur yang jauh lebih besar dan dahsyat kepada musuh. Inilah alasan mengapa Advanced Grade Armament Haki jadi salah satu jenis Haki yang langka. Luffy mampu menyerang Kaido dan melukainya berkat jenis Haki ini. Red Scabbards juga adalah pengguna Haki ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.