Home MOVIE MOVIE FEATURES 7 Superhero yang Terinspirasi Tokoh Nyata!

7 Superhero yang Terinspirasi Tokoh Nyata!

Superhero adalah karakter fiksi yang memiliki kekuatan super atau kemampuan luar biasa, dan biasanya bertindak sebagai penjaga keadilan. Mereka sering kali digambarkan sebagai pahlawan yang berani, kuat, dan memiliki nilai-nilai moral yang tinggi, yang menggunakan kekuatan mereka untuk melindungi orang-orang yang lemah dan menjaga ketertiban dunia. Superhero sering kali memiliki ciri khas seperti kostum khusus, identitas rahasia, dan misi atau tujuan yang jelas. Mereka dapat memiliki kekuatan fisik yang luar biasa seperti kecepatan super, kekuatan besar, atau kemampuan untuk terbang, atau kemampuan khusus seperti regenerasi tubuh atau manipulasi energi. Menariknya, ternyata ada beberapa superhero yang terinspirasi dari tokoh nyata. Siapa saja?

7 Wolverine

Superhero pertama yang terinspirasi dari sosok nyata adalah Wolverine. Wolverine yang juga dikenal sebagai Logan atau James Howlett, adalah salah satu karakter paling ikonik dalam dunia komik, terutama dari Marvel Comics. Wolverine memiliki sejumlah kekuatan super yang menjadikannya salah satu mutan paling berbahaya di dunia Marvel. Kekuatan utamanya termasuk kemampuan penyembuh yang cepat sehingga memungkinkannya pulih dari luka yang parah dalam waktu singkat, serta cakar berlapis adamantium yang sangat tajam.

Wolverine lahir dengan nama James Howlett di Kanada pada abad ke-19. Dia merupakan bagian dari program Weapon X yang menggabungkan tulangnya dengan logam adamantium, yang membuatnya menjadi mutan yang tak terbantahkan. Kehilangan ingatannya membuatnya melakukan perjalanan panjang untuk memahami masa lalunya.

Nah faktanya nih Geeks, karakter Wolverine sebenarnya terinspirasi dari aktor Paul D’Amato. Buat Geeks yang belum tahu, Paul D’Amato adalah aktor lawas yang beken di tahun 70-an. Dia pernah beradu akting dalam film Deer Hunter dengan Robert De Niro di tahun 1978. Tetapi baru-baru ini, Paul D’Amato meninggal dunia, tepatnya di tanggal 19 Februari 2024.

6 Tony Stark

Superhero berikutnya yang terinspirasi dari sosok nyata adalah Tony Stark. Tony Stark diciptakan oleh penulis Stan Lee, bersama dengan Larry Lieber, Don Heck, dan Jack Kirby. Dia pertama kali muncul dalam komik Tales of Suspense #39 pada bulan Maret 1963. Tony Stark adalah seorang jenius dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Dia memiliki gelar ganda dalam bidang teknik dan fisika dari MIT (Massachusetts Institute of Technology), dan dia adalah seorang ahli dalam rekayasa, robotika, dan ilmu komputer.

Sebelum menjadi Iron Man, Tony Stark adalah seorang miliarder playboy dan industrialis yang terkenal. Dia sering kali digambarkan sebagai sosok yang cerdas, tetapi juga arogan dan sembrono dalam kehidupan pribadinya. Identitas Iron Man muncul setelah Tony Stark disandera oleh pemberontak di Afghanistan dan dipaksa untuk membuat senjata pemusnah massal.

Sebaliknya, dia menggunakan pengetahuannya untuk membuat armor yang kuat untuk melarikan diri dan kemudian melawan kejahatan sebagai Iron Man. Sebenarnya nih Geeks, wujud dari Tony Stark sendiri didasarkan dari seorang miliarder eksentrik bernama Howard Hughes. Kepribadian dan gaya hidup Hughes yang tidak biasa inilah yang mendorong Lee untuk menjadikannya sebagai inspirasi.

5 Constantine

Karakter Constantine pertama kali muncul dalam komik Swamp Thing #37 pada tahun 1985. Dia diciptakan oleh penulis Alan Moore, bersama dengan seniman Stephen R. Bissette dan John Totleben. Constantine adalah seorang penyihir dan okultis yang dikenal dengan penampilannya yang khas: jas hitam, dasi, dan mantel panjang. Dia sering kali terlihat merokok dan berpenampilan sangat dingin.

Constantine dikenal karena moralitasnya yang ambigu dan kecenderungannya untuk menggunakan taktik manipulatif dan licik untuk mencapai tujuannya. Meskipun dia sering kali berjuang melawan kekuatan jahat, dia juga tidak ragu-ragu untuk melakukan tindakan amoral jika itu diperlukan. Constantine telah menjadi anggota tim superhero Justice League Dark, yang terdiri dari karakter-karakter DC Comics yang berhubungan dengan dunia supernatural

Menariknya nih Geeks, karakter Constantine sebenarnya terinspirasi dari Sting, yang terkenal sebagai vokalis band The Police. Ternyata terungkap bahwa John Totleben yang menjadi kreator karakter ini adalah penggemar berart The Police, dan Bissette mengaku menggambar Constantine agar mirip Sting.

4 Captain Marvel (Shazam)

Superhero berikutnya yang terinspirasi dari sosok nyata adalah Captain Marvel. Captain Marvel di sini memang karakter yang rumit. Dia pertama kali muncul dalam komik Whiz Comics #2 pada tahun 1940, yang diterbitkan oleh Fawcett Comics. Dia diciptakan oleh penulis Bill Parker dan seniman C.C. Beck. Namun, karakter ini kemudian dibeli oleh DC Comics. Karakter ini awalnya dikenal sebagai Captain Marvel, tetapi karena masalah hukum yang melibatkan nama itu, DC Comics kemudian mengubah namanya menjadi Shazam.

Shazam sendiri yang merupakan kata yang diucapkan Billy Batson untuk berubah menjadi pahlawan super. Identitas asli Captain Marvel adalah Billy Batson, seorang anak laki-laki yatim piatu yang dipilih oleh seorang penyihir kuno bernama Shazam untuk mewarisi kekuatannya. Dengan mengucapkan nama “Shazam,” Billy bisa berubah menjadi pahlawan super dewasa dengan kekuatan dan kemampuan luar biasa.

Meski dibuatnya karakter ini terinspirasi langsung dari Superman, tetapi jarang diketahui bahwa wujud Captain Marvel alias Shazam ini sebenarnya terinspirasi dari aktor terkenal yaitu Fred MacMurray. Ternyata C.C. Beck-lah yang memilih bintang film Fred MacMurray untuk diadaptasi kedalam bentuk Captain Marvel. Dia memberinya rambut hitam bergelombang yang sama, bahkan struktur tulang wajahnya pun mirip.

3 Nick Fury

Superhero berikutnya yang terinspirasi dari sosok nyata adalah Nick Fury. Nick Fury awalnya adalah seorang tentara Amerika yang bertugas selama Perang Dunia II, memimpin pasukan komando yang dikenal sebagai Howling Commandos. Setelah perang, dia bergabung dengan organisasi mata-mata S.H.I.E.L.D. (Supreme Headquarters, International Espionage, Law-Enforcement Division). Nick Fury telah muncul di banyak media (selain komik), tetapi salah satu penampilan yang paling terkenal adalah saat muncul di MCU, dan karakternya diperankan oleh Samuel L. Jackson.

Sebagai pemimpin S.H.I.E.L.D., Nick Fury adalah salah satu tokoh terpenting dalam MCU. Dia memimpin organisasi ini dalam melawan berbagai ancaman global, termasuk HYDRA, alien, dan penjahat super. Dalam komik, Nick Fury memiliki serum keabadian yang menjaga dirinya tetap muda dan kuat meskipun usianya bertambah. Ini menjelaskan bagaimana dia masih aktif dan energik dalam cerita-cerita modern, meskipun dia telah bertugas selama beberapa dekade.

Sebenarnya Marvel menciptakan pertama kali Nick Fury di komik bukan berkulit hitam seperti sekarang. Awalnya, Nick Fury adalah karakter berkulit putih di komik. Tetapi setelah Nick Fury yang diperankan oleh Samuel L. Jackson di MCU menjadi sangat populer, Marvel kemudian juga merubah tampilan Nick Fury di komik seperti Samuel L. Jackson.

2 Bucky Barnes

Bucky Barnes pertama kali muncul dalam komik Captain America Comics #1 pada tahun 1941, yang ditulis oleh Joe Simon dan Jack Kirby. Dia diciptakan sebagai sahabat dekat dan sidekick dari Captain America. Bucky Barnes awalnya adalah seorang anak yatim piatu yang kemudian diadopsi oleh paman keluarganya, yang merupakan seorang tentara. Dia kemudian bergabung dengan pasukan Amerika Serikat dan menjadi sidekick Captain America.

Dalam cerita yang diterbitkan pada tahun 1945, Bucky tewas dalam sebuah misi yang melibatkan bom yang meledak. Namun pada tahun 2005, karakter ini dibawa kembali dalam alur cerita “The Winter Soldier,” di mana dia muncul sebagai pembunuh berdarah dingin yang bekerja untuk organisasi jahat. Setelah kembali dari kematian, Bucky Barnes menjadi Winter Soldier, seorang pembunuh berpengalaman yang dilatih dan diperkuat secara fisik dan mental oleh organisasi HYDRA. Dia kehilangan ingatannya tentang masa lalunya sebagai Bucky Barnes dan dijadikan sebagai senjata oleh HYDRA.

Setelah dia berhasil mengingat kembali identitasnya sebagai Bucky Barnes, Winter Soldier bergabung kembali dengan Captain America dan membantu dia dalam berbagai petualangan. Menariknya nih Geeks, saat Joe Simon menciptakan karakter ini, dia terinspirasi dari temannya bernama Bucky Pierson, seorang bintang di sebuah tim basket.

1 Catwoman

Catwoman memang dikenal sebagai penjahat, tetapi dia juga sangat sering membantu orang-orang, termasuk Batman dan menjadi superhero. Catwoman pertama kali muncul dalam komik Batman #1 pada tahun 1940. Dia diciptakan oleh Bill Finger dan Bob Kane sebagai lawan cinta dan musuh Batman. Selina Kyle, identitas asli Catwoman, adalah seorang pencuri yang terampil dan akrobat.

Dia memiliki keahlian dalam perkelahian tangan kosong, keterampilan pencurian, dan menggunakan cambuk sebagai senjata. Catwoman sering kali memiliki hubungan yang kompleks dengan Batman. Meskipun mereka sering kali berada di sisi yang berlawanan, mereka juga memiliki hubungan romantis yang terkadang membingungkan. Hubungan mereka mencerminkan dinamika antara cinta dan konflik dalam kehidupan mereka yang ganda.

Kostum Catwoman terkenal dengan aksen kucing, termasuk topi telinga kucing dan bodysuit hitam yang menyerupai kostum kucing. Kostumnya telah mengalami berbagai perubahan dalam sejarah komik, tetapi elemen-elemen kucing selalu ada. Sebenarnya karakter Catwoman ini terinspirasi langsung oleh seorang aktris cantik yang beken di tahun 30-an yaitu Jean Harlow. Selain terinspirasi dari Jean Harlow, Bob Kane juga mengakut terinspirasi dari sepupunya, Ruth Steel.

Itulah dia Geeks beberapa superhero yang terinspirasi dari tokoh nyata. Rasanya para superhero tersebut sudah familiar ditelinga kita dan sering kita lihat di komik. Di antara para karakter tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version