Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Action Terbaik dari Disney!

10 Film Action Terbaik dari Disney!

Disney adalah salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia, yang didirikan oleh Walt Disney dan Roy O. Disney pada tahun 1923 di Amerika Serikat. Perusahaan ini dikenal karena menciptakan dan memproduksi berbagai film dan series berkualitas yang biasanya diperuntukan untuk keluarga. Tetapi meski begitu, mereka juga membuat banyak film lainnya untuk umum dan menarik untuk kita simak. Ternyata nih Geeks, ada juga beberapa film action terkenal yang lahir dari Disney. Apa saja film action terbaik yang dimiliki oleh Disney? Simak berikut ini!

10 National Treasure

National Treasure disutradarai oleh Jon Turteltaub dan dibintangi oleh Nicolas Cage, Diane Kruger, Justin Bartha, dan Sean Bean. Film Disney ini dirilis pada tahun 2004 dan sukses secara komersial dengan meraup pendapatan global lebih dari $350 juta. Karena itulah Disney tak ragu membuat sekuelnya berjudul National Treasure: Book of Secrets yang dirilis pada tahun 2007.

National Treasure terinspirasi dari teori konspirasi sejarah, khususnya teori mengenai Harta Karun Templar yang tersembunyi di Amerika. Filmnya mengikuti petualangan Ben Gates (diperankan oleh Nicolas Cage), seorang pencari harta karun, yang bersama dengan timnya, berusaha untuk menemukan Harta Karun Templar yang tersembunyi. Mereka menggunakan petunjuk-petunjuk sejarah dan misteri yang diwariskan dari generasi ke generasi untuk mengungkap lokasi harta karun tersebut.

Namun mereka harus bersaing dengan penjahat berbahaya yang juga berusaha untuk mendapatkan harta karun tersebut. Melalui serangkaian petualangan yang mengasyikkan dan intrik-intrik sejarah, Ben dan timnya berusaha untuk melindungi harta karun dan mengungkap rahasia sejarah yang tersembunyi.

9 Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl

Film ini disutradarai oleh Gore Verbinski dan dibintangi oleh Johnny Depp, Geoffrey Rush, Orlando Bloom, dan Keira Knightley. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl dirilis pada tahun 2003 dan terinspirasi oleh sebuah atraksi bernama Pirates of the Caribbean di Disneyland. Film Disney ini menjadi salah satu film terlaris tahun 2003 dan mendapat sambutan positif dari kritikus serta penonton.

Film ini mengikuti petualangan Kapten Jack Sparrow (diperankan oleh Johnny Depp), seorang bajak laut eksentrik dan licik, yang berusaha merebut kembali kapalnya, Black Pearl, yang telah direbut oleh bajak laut jahat Barbossa (diperankan oleh Geoffrey Rush). Sparrow membentuk aliansi dengan Will Turner (diperankan oleh Orlando Bloom), seorang pandai besi, dan Elizabeth Swann (diperankan oleh Keira Knightley), putri gubernur, untuk menghadapi Barbossa dan kru kapalnya yang terkena kutukan.

Kutukan tersebut membuat mereka berubah menjadi hantu pada malam hari. Dengan menggunakan kelicikan, keterampilan berpedang, dan keberanian mereka, Jack, Will, dan Elizabeth berlayar melintasi lautan yang berbahaya untuk menghadapi Barbossa dan mengakhiri kutukan tersebut.

8 Tron

Tron disutradarai oleh Steven Lisberger dan dibintangi oleh Jeff Bridges, Bruce Boxleitner, David Warner, dan Cindy Morgan. Dirilis pada tahun 1982, film Disney ini dianggap sangat revolusioner dalam penggunaan efek khusus dan CGI pada saat itu. Meskipun tidak sukses secara komersial saat dirilis, Tron telah menjadi film pop culture dengan penggemar setianya selama bertahun-tahun. Dan setelah bertahun-tahun berlalu, Disney membuat sekuelnya berjudul Tron: Legacy yang rilis tahun 2011.

Tron mengikuti petualangan seorang pemrogram bernama Kevin Flynn (diperankan oleh Jeff Bridges) yang secara tidak sengaja masuk ke dalam dunia digital yang disebut “Grid”. Di sana, ia harus berjuang untuk bertahan hidup dan melawan kekuatan jahat yang mengendalikan Grid, yang dipimpin oleh Master Control Program (MCP) yang kejam.

Kevin bergabung dengan karakter dalam dunia digital, termasuk Tron (diperankan oleh Bruce Boxleitner), seorang program keamanan yang memberontak terhadap MCP. Bersama-sama, mereka berusaha untuk menghentikan MCP dan mengembalikan kembali kontrol atas Grid kepada penggunanya yang sah. Tron menyajikan visual yang futuristik dan aksi yang mendebarkan di dalam dunia digital yang menakjubkan.

7 Big Hero 6

Big Hero 6 dirilis pada tahun 2015 dan disutradarai oleh Don Hall dan Chris Williams. Film ini memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2015 dan diadaptasi dari komik Marvel dengan nama yang sama, meskipun plot dan karakternya mengalami beberapa perubahan. Ketika dirilis, Big Hero 6 meraih kesuksesan besar secara komersial dan mendapat pujian kritis yang luas.

Big Hero 6 mengikuti kisah seorang bocah jenius bernama Hiro Hamada, yang tinggal di kota futuristik San Fransokyo. Setelah mengalami kehilangan yang tragis, Hiro berusaha untuk mengatasi kesedihan dan menemukan tujuan hidupnya. Dia kemudian bertemu dengan robot penolong yang baik hati bernama Baymax, yang dibuat oleh kakaknya yang juga seorang jenius bernama Tadashi.

Hiro dan Baymax bergabung dengan teman-teman Tadashi yang juga memiliki keahlian unik, dan bersama-sama mereka membentuk tim pahlawan yang disebut “Big Hero 6”. Mereka berusaha untuk mengungkap misteri di balik kematian Tadashi dan melawan kejahatan yang mengancam kota. Film Disney ini menawarkan campuran antara petualangan, humor, dan pesan tentang persahabatan, keberanian, dan kehilangan.

6 The Rocketeer

The Rocketeer mengisahkan petualangan seorang stuntman muda bernama Cliff Secord (diperankan oleh Billy Campbell) yang secara tidak sengaja menemukan sebuah jet pack rahasia yang memungkinkannya terbang di udara. Ketika dia mulai menggunakan jet pack tersebut untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam situasi berbahaya, Cliff secara tidak sengaja menarik perhatian sekelompok penjahat Nazi yang tertarik pada teknologi baru ini.

Cliff harus melindungi dirinya sendiri, teman-temannya, dan kekasihnya, Jenny Blake (diperankan oleh Jennifer Connelly), sambil menggunakan kemampuan barunya sebagai Rocketeer. Dengan bantuan dari mentor Cliff, Peevy (diperankan oleh Alan Arkin), dan beberapa sekutu yang tidak terduga, Cliff berusaha untuk menghadapi ancaman Nazi dan menyelamatkan kota dari kehancuran.

Cerita film ini berlatar belakang pada tahun 1938 di Los Angeles dan menghadirkan nuansa era yang klasik dan retro. Dirilis pada tahun 1991, The Rocketeer disutradarai oleh Joe Johnston dan dibintangi oleh Billy Campbell, Jennifer Connelly, Alan Arkin, dan Timothy Dalton. Film Disney ini diadaptasi dari komik dengan nama yang sama yang diterbitkan oleh Dave Stevens.

5 Indiana Jones and the Dial of Destiny

Indiana Jones and the Dial of Destiny merupakan film kelima dari franchise Indiana Jones. Dan yang menarik, film sebelumnya yaitu Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull dan film terbaru ini ternyata memiliki jarak sekitar 15 tahun. Kingdom of the Krystal Skull sendiri rilis pada 2008. Awalnya, Indiana Jones 5 akan rilis di tahun 2019. Namun karena berbagai kendala, filmnya baru bisa tayang pada 2023.

Ini juga menjadi film terakhir Harrison Ford sebagai karakter Indiana Jones, setelah dia memerankan karakter tersebut selama puluhan tahun, dimulai sejak film Raiders of the Lost Ark yang rilis pada 1981. Dalam film ini, kita disuguhkan dengan petualangan Indiana Jones yang berusaha menemukan artefak kuno bernama Dial of Destiny, yang dipercaya dapat membuat kekuatan besar.

Dial of Destiny sendiri terletak di sebuah kuil tersembunyi di dalam hutan belantara Amerika Selatan.Indiana Jones dan timnya harus memulai perjalanan berbahaya melintasi medan yang sulit dan menghadapi berbagai rintangan, termasuk binatang buas dan pemburu harta karun lainnya. Selain membintangi Harrison Ford, film ini juga turut menghadirkan beberapa pemeran lain seperti Mads Mikkelsen, Phoebe Waller-Bridge, Atonio Banderas.

4 The Incredibles

The Incredibles mengambil latar di dunia di mana para superhero telah dilarang dan terpaksa hidup dalam kehidupan biasa. Di sini, Bob Parr, alias Mr. Incredible, dan istrinya, Helen Parr, alias Elastigirl, telah pensiun dari tugas superhero mereka. Mereka tinggal bersama anak-anak mereka, Violet, Dash, dan Jack-Jack, yang juga memiliki kekuatan super.

Namun ketika Bob dihadapkan pada kesempatan untuk kembali menjadi superhero, dia menerima tawaran tersebut tanpa memberi tahu keluarganya. Hal ini memicu serangkaian peristiwa yang membuat seluruh keluarga Parr terlibat dalam pertarungan melawan penjahat bernama Syndrome, yang memiliki rencana jahat untuk menguasai dunia. Dengan kombinasi aksi yang menegangkan, humor yang cerdas, dan sentuhan emosional tentang dinamika keluarga, The Incredibles menghadirkan petualangan yang seru dan menghibur.

Film ini dirilis pada tahun 2004 dan memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik. Filmnya disutradarai oleh Brad Bird dan diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Meski ini adalah film animasi buatan Disney, tetapi The Incredibles juga cocok bagi para pencinta film action, baik untuk remaja maupun dewasa.

3 Jungle Cruise

Jungle Cruise disutradarai oleh Jaume Collet-Serra dan dibintangi oleh Dwayne Johnson, Emily Blunt, Edgar Ramirez, dan Jack Whitehall. Menariknya, film ini diilhami oleh wahana atraksi populer di Disneyland yang juga bernama “Jungle Cruise”. Jungle Cruise mengikuti petualangan seorang kapten perahu yang penuh petualangan bernama Frank Wolff (diperankan oleh Dwayne Johnson) dan seorang penjelajah yang berani bernama Dr. Lily Houghton (diperankan oleh Emily Blunt).

Lily dan Frank bergabung dalam sebuah misi untuk menemukan sebuah artefak kuno yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa. Dalam perjalanan mereka yang berbahaya melalui hutan Amazon, mereka harus menghadapi berbagai rintangan, termasuk kekuatan gelap yang mengintai dalam hutan dan para penjahat yang bertekad untuk menghalangi mereka untuk mencapai tujuan.

Sementara itu, pertemanan mereka tumbuh dan mereka menemukan bahwa petualangan sejati adalah tentang menemukan keberanian, kepercayaan, dan keajaiban dalam diri mereka sendiri. Jungle Cruise awalnya dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2020, tetapi ditunda beberapa kali akibat pandemi COVID-19. Akhirnya, film Disney ini dirilis pada Juli 2021.

2 The Jungle Book

The Jungle Book mengikuti kisah Mowgli, seorang anak laki-laki yang ditemukan oleh serigala di hutan India dan dibesarkan sebagai bagian dari keluarga serigala. Ketika serigala itu memutuskan bahwa Mowgli tidak aman bersama mereka karena ancaman dari harimau Shere Khan, Mowgli memulai perjalanan melalui hutan untuk menemukan manusia dan tempatnya di dunia.

Selama petualangannya, Mowgli bertemu dengan berbagai hewan yang membantunya, termasuk beruang Baloo yang ceria dan panter Bagheera yang bijaksana. Namun, dia juga harus menghadapi berbagai bahaya, termasuk serangan dari Shere Khan yang haus darah.
Dengan bantuan teman-temannya dan keberaniannya sendiri, Mowgli belajar tentang kekuatan, keberanian, dan arti keluarga. Dia menemukan jalan untuk menghadapi Shere Khan dan menemukan tempatnya dalam dunia manusia dan hutan yang ia sebut rumah.

Film ini disutradarai oleh Jon Favreau, yang terkenal dengan karyanya dalam film Iron Man dan Elf. Film ini juga menggunakan teknologi CGI (Computer-Generated Imagery) yang canggih untuk menciptakan tampilan yang menarik dari hewan-hewan di hutan, seperti harimau Shere Khan, beruang Baloo, dan panter Bagheera.

1 Maleficent

Maleficent adalah sebuah dongeng gelap yang memberikan sudut pandang baru terhadap kisah Sleeping Beauty. Film ini bercerita tentang Maleficent, seorang peri yang hidup damai di Moor, kerajaan dongeng yang indah. Namun, kedamaian tersebut terganggu ketika seorang manusia ambisius, Stefan, mengkhianati kepercayaan Maleficent dengan memotong sayapnya demi mendapatkan kekuasaan.

Dipenuhi dengan dendam, Maleficent membalas dengan mengutuk bayi perempuan Stefan yang baru lahir, Putri Aurora, untuk jatuh dalam tidur abadi pada hari ulang tahunnya yang keenam. Namun ketika Maleficent melihat Aurora tumbuh dan mulai menyayangi gadis kecil itu, dia mulai menyesali kutukannya. Ketika masa depan kerajaan terancam oleh konspirasi dan intrik politik, Maleficent dan Aurora harus bekerja sama untuk menyelamatkan Moor dan menemukan kebenaran di balik pengkhianatan yang terjadi.

Film ini meraih kesuksesan besar di box office, meraup lebih dari $758 juta di seluruh dunia. Kesuksesan Maleficent menghasilkan sekuel berjudul Maleficent: Mistress of Evil yang dirilis pada tahun 2019. Di sini, Angelina Jolie memerankan peran utama sebagai Maleficent, sementara Elle Fanning memerankan Putri Aurora.

Itulah dia Geeks beberapa film action dari Disney yang sangat layak untuk kalian tonton. Film-film tersebut menawarkan aksi yang menarik untuk kita simak. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version