Eternal Slumber atau Eternal Sleep Disease merupaakn sebuah wabah misterius yang harus dialami umat manusia di series Solo Leveling. Eternal Sleep Disease atau Penyakit Tidur Abadi adalah sebuah konsep dalam cerita Solo Leveling yang jadi salah satu elemen utama dalam cerita di seriesnya. Dalam hal ini, wabah misterius yang menimpa manusia ini menjadi alasan mengapa Sung Jin-woo menjadi Hunter di Solo Leveling.

2Tidak Ada Penjelasan Ilmiah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Eternal Slumber merupakan wabah yang misterius yang menimpa manusia. Wabah misterius ini bersamaan dengan munculnya Magic Beasts di dunia. Hingga seriesnya selesai sendiri sebenarnya tidak ada penjelasan detil dan ilmiah mengenai apa sebenarnya Eternal Slumber dan seperti apa lebih jelasnya mekanisme dari wabah yang cukup mengerikan ini.

Para peneliti di series Solo Leveling tahu apa yang kemudian jadi penyebab Eternal Slumber, serta bagaimana terbentuknya. Namun, mereka tidak paham dan tidak tahu bagaimana secara pasti hal itu bisa terjadi. Karena para peneliti masih belum paham secara pasti tentang wabah ini, mereka pun pada akhirnya tidak mampu untuk membuat atau menghadirkan obat penawaranya.

Dalam cerita Solo Leveling sendiri terdapat penjelasan bahwa penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan. Satu-satunya yang bisa mereka lakukan adalah terus mendukung upaya penyembuhan dari para pasien. Karena penyakit ini mengurangi energi kehidupan dari korbannya yang sedang koma, maka pasien perlu untuk menggunakan alat bantu pernafasan agar bisa tetap bertahan hidup.

Meskipun begitu, yang jadi catatan adalah alat bantu yang kemudian harus dikenakan tidaklah sembarangan. Alat bantu tersebut harus terhubung ke sebuah alat khusus lainnya yang mana kekuatannya dialiri oleh salah satu artefak yang kuat, Essence Stone. Untuk mendapatkan Essence Stone sendiri seorang Hunter perlu mencarinya dari sebuah Raid di sebuah Dungeon.

Inilah yang kemudian membuat alat bantu untuk pasien Eternal Slumber memiliki biaya yang luar biasa mahal. Banyak keluarga yang akhirnya merelakan anggota keluarga mereka tewas karena tidak mampu membayar biaya pengorbatan tersebut. Namun, apakah ada cara untuk menyembuhkannya? Secara medis, sayangnya, memang tidak ada obat penawar untuk hal ini.

Peran Holy Water Of Life – Ke Halaman 3

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.