Home COMIC COMIC FEATURES 5 Varian Iron Man yang Dikenal Jahat!

5 Varian Iron Man yang Dikenal Jahat!

Iron Man adalah superhero yang muncul dalam Marvel Comics. Karakter ini pertama kali muncul dalam komik Tales of Suspense #39 pada tahun 1963, diciptakan oleh penulis Stan Lee, editor eksekutif Jack Kirby, dan seniman Don Heck. Iron Man adalah identitas superhero dari seorang pengusaha, milyuner, jenius, dan playboy bernama Tony Stark. Tony Stark memakai baju besi canggih yang dirancang olehnya sendiri untuk melawan kejahatan dan melindungi dunia. Baju besi tersebut memberinya kekuatan super, kecepatan, kemampuan terbang, dan berbagai senjata yang membantunya dalam pertempuran. Menariknya nih Geeks, ternyata ada juga beberapa varian Iron Man yang diciptakan jahat. Siapa saja?

5 Superior Iron Man

AXIS menjadi salah satu event paling menarik yang pernah dihadirkan. Event ini dirilis dari bulan Oktober 2014 hingga bulan Maret 2015. AXIS berpusat pada konflik antara para pahlawan dan penjahat setelah mereka terpengaruh oleh kekuatan supernatural yang disebut sebagai The Red Onslaught. Salah satu aspek utama dari event ini adalah adanya pergeseran karakter, di mana beberapa pahlawan berubah menjadi penjahat, dan sebaliknya, hasil dari pengaruh The Red Onslaught.

Salah satu pahlawan yang terpengaruh di sini adalah Tony Stark alias Iron Man. Di ceritakan bahwa Iron Man menjadi versi yang sangat egois, pemabuk, dan serakah. Iron Man dalam event ini dikenal sebagai Superior Iron Man, dan dia justru menciptakan banyak kekacauan. Dia menciptakan armor baru yang mengandung symbiote berbahya dan memonetisasi virus Extremis untuk meningkatkan kekayaannya.

Yap, dia menggunakan teknologi Extremis tersebut untuk mengubah San Francisco menjadi kota mewah tetapi mahal, menciptakan aplikasi “Extremis 3.0” yang membuat penggunanya menjadi sempurna tetapi mengalami kecanduan yang akut. Hal ini memicu konflik dengan pahlawan Marvel lainnya, termasuk Daredevil dan Pepper Potts. Superior Iron Man tidak memiliki batasan atau moral, yang membuatnya menjadi musuh yang sangat berbahaya.

4 Iron Maniac

Robert Kirkman dan Scott Kolins pernah memperkenalkan versi baru dari Tony Stark yang kelam. Sosoknya berasal dari sebuah realitas alternatif di Marvel Team-Up. Namun, realitasnya mengalami kehancuran yang disebabkan oleh salah satu Skrull paling kuat sepanjang masa, yang dikenal sebagai Titannus. Dan setelah teman-teman Stark mati, Stark berubah menjadi versi yang lebih aneh daripada yang kita kenal.

Sosoknya kemudian bertransformasi menjadi Iron Maniac, bukanlagi Iron Man. Salah satu perbedaan paling mencolok yang bisa kita lihat di Iron Maniac adalah armornya yang mengingatkan pada desain Doctor Doom. Tony Stark versi ini juga mengalami cacat parah, yang diakibatkan saat pertarungan melawan Human Torch di realitasnya yang memulai persaingan abadi dengan Reed Richards.

Iron Man yang diasingkan kemudian tiba di Earth-616, di mana dia hampir berhasil mengalahkan Avengers dengan kebrutalannya. Iron Maniac pernah mengurung Iron Man dan mulai menyerang superhero lain. Untungnya, Captain America berhasil mengalahkan sosok ini.

3 Emperor Stark

Iron Maniac bukan satu-satunya Iron Man jahat yang berasal dari multiverse, dan penampilannya mirip dengan Doctor Doom. Pasalnya, ada lagi Iron Man jahat yang eksis yaitu Emperor Stark. Dalam sebuah cerita, ada sebuah tim baru bernama The Exiles. Tim ini berisikan para pahlawan multiversal yang dibentuk untuk membantu memperbaiki realitas yang rusak. Misi mereka adalah menuju ke Earth-42777, yang diperintah oleh Iron Man dengan tangan besinya.

Dalam Earth-42777, Iron Man menggunakan banyak kekerasan sehingga dia disebut sebagai Emperor Stark. Dia mengenakan jubah dan armor Doctor Doom setelah memenangkan pertempuran sengit melawan penjahat tersebut. Masyarakat di sana sangat percaya bahwa Iron Man/Emperor Stark adalah pahlawan terhebat di planet mereka yang telah menyelamatkan umat manusia dari kepunahan. Faktanya adalah Tony Stark di Earth-42777 telah memanipulasi peristiwa di belakangnya untuk memposisikan dirinya pada sebagai pahlawan yang berkuasa.

Setelah berkuasa, Emperor Stark menciptakan sebuah virus mematikan dan kekurangan pangan di mana-mana, dan dia menyelesaikan dua masalah itu agar dianggap sebagai pahlawan. Tetapi pada akhirnya Emeperor Stark berhasil dibunuh oleh Invisible WOman dan Inhumans.

2 Iron Man 2020

Beberapa tahun lalu, para penggemar dikenalkan dengan sosok karakter bernama Arno Stark, saudara rahasia Tony Stark. Dia muncul pertama kali dalam komik Machine Man #2, di mana ketika itu dia diceritakan lumpuh sejak lahir. Namun berkat armor Iron Man 2020-nya, Arno akhirnya bisa berjalan dengan ditopang teknologi canggih. Salah satu kejahatannya adalah melakukan perjalanan waktu dan merusak timeline yang ada sesuai dengan keinginannya.

Karena itulah Arno sering berhadapan dengan superhero lainnya termasuk Iron Man dan Spider-Man. Menariknya nih Geeks, setelah melakukan perjalanan waktu, Arno juga sempat bersekutu dengan Kang the Conqueror untuk mengalahkan para superhero sekaligus menguasai timeline Marvel Universe. Armor Iron Man 2020 sering kali lebih canggih daripada armor Iron Man klasik.

Tetapi kemampuan utamanya masih tetap sama seperti kemampuan terbang, senjata energi, perisai energi, dan kemampuan teknologi lainnya. Nah menariknya nih Geeks, dengan armornya tersebut, Arno mengambil pekerjaan sebagai tentara bayaran untuk kesenangannya atau untuk keuntungan finansialnya. Arno dan Iron Man 2020 sempat menjadi pahlawan, tetapi kemudian bertransformasi lagi menjadi sosok jahat setelah dia kehilangan keluarga dan kotanya.

1 Iron Man Sentient

Selain terus membuat berbagai armor baru, Tony Stark juga masih tetap merawat dan memperbaiki armor-armor lamanya yang dia anggap masih layak. Dia pernah menciptakan salah satu armor tercanggihnya setelah dia kembali dari alam semesta Heroes Reborn. Selama pertempuran dengan Whiplash dalam sebuah badai petir, armor Iron Man miliknya secara tiba-tiba mampu hidup sendiri.

Ternyata setelah Tony Stark mengusutnya, armor itu memperoleh kesadarannya sendiri yang membuatnya bisa bergerak tanpa diperintah. Armor tersebut kemudian mengembangkan keterikatan yang erat dengan Tony Stark. Menariknya nih Geeks, armor tersebut terus berevolusi atau berkembang seiring berjalannya waktu, hingga akhirnya dia memiliki kemampuan yang lebih baik dari armor Iron Man biasa. Namun suatu ketika, Tony Stark menolak armor tersebut karena armor tersebut menyarankan agar Tony Stark dan armor itu untuk menyatu secara permanen.

Armor itu kemudian bertindak lebih jauh lagi di mana dia menahan Tony Stark di sebuah pulau terpencil dan ia menyiksa Tony Stark selama seminggu. Beruntung karena akhirnya armor tersebut mengorbankan jantung cyborgnya sendiri untuk menyelamatkan Tony Star dari serangan jantung yang fatal.

Itulah dia Geeks beberapa versi Iron Man yang terkenal jahat. Mereka menaruh ancaman yang besar ketika muncul, dan tentu saja bukan menjadi sosok Iron Man yang selama ini kita kenal. Di antara para Iron Man tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Exit mobile version