Home MOVIE MOVIE FEATURES 10 Film Blockbuster Paling Banyak Diparodikan!

10 Film Blockbuster Paling Banyak Diparodikan!

Dengan popularitas dari berbagai film blockbuster Hollywood banyak judul film yang sering diparodikan oleh berbagai pihak. Sudah bukan hal asing jika film-film blockbuster populer serinhg direferesinkan dalam film lain atau acara TV series lain. Namun, tidak jarang juga film blockbuster populer tersebut diparodikan oleh berbagai pihak. Berikut adalah deretan film blockbuster populer yang paling sering diparodikan.

10 The Matrix

Film blockbuster yang paling sering diparodikan yang pertama adalah The Matrix. Rilis pada akhir 1990an, film The Matrix menjadi film yang menghadirkan nuansa baru pada genre fiksi ilmiah atau sci-fi. Seperti yang Geeks ketahui, film The Matrix sendiri menceritakan sebuah dunia di masa depan di mana umat manusia berada dalam ancaman besar dari sebuah dunia virtual bernama Matrix.

Para mesin di dunia virtual Matrix berencana untuk mengambil alih manusia dan bumi, yang mana kemudian Neo, Trinity, dan Morpheus beserta karakter lain bekerja sama untuk menghentikan tersebut. Salah satu hal menarik yang muncul dalam film ini adalah adegan gerakan lambat atau slow motion yang dilakukan oleh para karakter. Misalnya, ketika Neo menghindari peluru yang mengarah kepadanya.

The Matrix menjadi salah satu film blockbuster yang paling banyak diparodikan akibat adegan tersebut. Bahkan, bisa dibilang ada banyak hal yang muncul dari film ini yang menjadi sumber parodi bagi film lainnya. Misalnya, selain adegan lambat tersebut kita juga bisa melihat momen Morpheus menawarkan dua pil kepada Neo untuk dipilih menjadi adegan dan hal yang banyak diparodikan.

9 The Exorcist

Salah satu film horor paling mengerikan dan paling berpengaruh di industri film. Dirilis pada tahun 1973, The Exorcist diadaptasi dari novel karya William Peter Blatty berjudul sama yang rilis pada tahun 1971. Novel tersebut juga terinspirasi dari sebuah cerita nyata tentang seorang anak yang diduga kerasukan setan. The Exorcist mengisahkan tentang seorang aktris terkenal, Chris MacNeil, dan putrinya yang berusia 12 tahun, Regan.

Hidup mereka tampak normal sampai Regan mulai menunjukkan perilaku yang aneh dan mengerikan. Perilaku Regan semakin ganas dan liar, termasuk berbicara dengan suara aneh, bergerak secara tidak terkendali, dan menunjukkan kekuatan fisik yang luar biasa. Chris semakin putus asa mencari bantuan setelah dokter dan psikiater gagal menemukan penyebab dan solusi untuk masalah putrinya.

Akhirnya, Chris meminta bantuan seorang pendeta Katolik, Father Damien Karras, untuk melakukan eksorsisme pada Regan. Popularitas dari film ini memengaruhi genre horor pada masa yang akan datang, yang mana tidak mengherankan jika film ini banyak diparodikan. Gerakan memutar leher, memakan sup berwarna hijau, momen krusifikasi yang tidak biasa, menjadi beberapa hal yang sering diparodikan dari film ini.

8 Jaws

Geeks tentunya mengenal film blockbuster populer satu ini. Jaws merupakan film yang disutradarai oleh Steven Spielberg dan menjadi film yang secara drastis mengubah industri perfilman Hollywood. Meskipun menghadirkan film thriller tentang serangan hiu besar, Jaws bisa dibilang sukses besar di jajaran box office Hollywood. Film ini terkenal dengan penggunaan musik yang menegangkan dan pendekatan nuansa yang mencekam yang membuat penonton betah untuk tetap di kursi mereka.

Jaws sendiri bercerita tentang serangan sekelompok hiu yang berada di sebuah wilayah pantai yang penuh dengan orang-orang. Serangan hiu tersebut memakan banyak korban jiwa yang mana membuat pihak terkait kemudian mulai mencari solusi untuk menghentikannya. Banyak hal epik terjadi saat mereka berusaha untuk menghentikan serangan para hiu tersebut.

Serangan hiu besar ini nyatanya banyak diparodikan oleh orang-orang dan berbagai pihak lain. Selain dari musik karya John Williams yang banyak diparodikan, poster film ini pun menjadi salah satu hal yang diparodikan dari filmnya. Yang menarik dalam beberapa film juga, seperti film animasi Finding Nemo kita bisa lihat bagaimana ada karakter hiu besar yang muncul sebagai “villain” dalam film tersebut.

7 Film James Bond

Ian Fleming berhasil menciptakan sebuah ide yang kemudian jadi salah satu karakter film paling ikonik dalam sejarah. Meskipun tanpa muncul di sebuah filmnya, karakter James Bond, yang merupakan agen 007 dari agensi MI6 di Inggris sudah sangat populer di seluruh dunia. Sejak pertama kali rilis pada 1962 melalui film Dr. No, hingga tahun 2021 kemarin total sudah ada 27 film James Bond sejauh ini.

Dan yang menarik adalah angka tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah dalam beberapa tahun kedepan. Pasalnya, MGM yang merupakan pemegang lisensi film James Bond masih terus menghadirkan berbagai film terbaru. Sebagai agen mata-mata yang paling populer di dunia, tidak mengherankan jika kemudian film James Bond menjadi salah satu film yang banyak diparodikan.

Beberapa hal yang banyak diparodikan dari film James Bond adalah vibes atau nuansa dari film tersebut yang dihadirkan secara penuh komedi. Misalnya, seperti yang dilakukan oleh Rowan Atkinson dalam film Johnny English. Namun, yang paling jelas melakukan parodi dari film James Bond, selain Johnny English, adalah trilogi film Austin Power yang diperankan oleh aktor Michael Myers.

6 2001: Space Oddysey

Film 2001: Space Odyssey merupakan mahakarya dari sutradara Stanley Kubrick. Filmnya tetap dianggap sebagai film yang paling fenomenal, paling luar biasa, terutama dalam hal visual dan teknologi yang digunakan. Tema tentang luar angkasa memberikan Kubrick banyak hal dan ide-ide baru yang coba dihadirkan di filmnya. Filmnya sendiri bercerita tentang dua orang astronot, Dr. David Bowman dan Frank Poole.

Mereka mendapatkan misi untuk pergi ke planet Jupter dengan pesawat luar angkasa yang dibekali dengan kecerdasan buatan bernama HAL 9000. Namun, di tengah misi, kecerdasan buatan tersebut mulai bertindak sendiri dan mulai menyerang kedua astronot. Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana David Bowman “tewas” dan kemudian berubah menjadi makhluk bernama Star Child.

Beberapa hal yang banyak diparodikan dari film 2001: Space Oddysey adalah musik yang digunakan serta penggunaan efek atau CGI yang digunakan dalam sebuah adegan. Bahkan, pace cerita dari film ini juga banyak ditirukan dan diparodikan baik oleh film sc-fi lainnya atau oleh film lainnya terlepas disadari atau tidak.

5 Franchise Batman

Trilogi Batman karya Christopher Nolan jadi salah satu trilogi film yang sukses sepanjang sejarah. Meskipun Nolan sebenarnya bukan sosok sutradara yang biasa mengerjakan film adaptasi buku komik, namun bisa dibilang dia berhasil menghidupkan sosok tersebut dengan ciri khasnya sendiri. Trilogi Batman karya Nolan tidak lain adalah Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises.

Yang menarik kemudian adalah bagaimana semua film tersebut mampu mendapat ulasan positif dan sukses besar di box office. Selain trilogi Batman karya Nolan, sebenarnya hampir semua film Batman sejak tahun 1966 banyak diparodikan oleh film lainnya atau pihak lain. Hal yang paling banyak dipaordikan dari film Batman adalah suara atau gaya bicara Batman yang memiliki suara berat.

Bagaimana dia sering muncul dari kegelapan juga menjadi hal lainnya yang banyak diparodikan dari film Batman. Kemudian, kehidupan dua orang yang berbeda, berbagai gadget dan kendaraan canggih yang digunakan oleh Batman, kekayaan dari Bruce Wayne, dan masih banyak hal lainnya banyak diparodikan dari film Batman.

4 The Avengers

Meskipun fllm dengan genre superhero sudah ada sejak era awal 2000an, namun puncak popularitas dari genre ini baru terjadi sejak akhir 2000an. Tepatnya genre ini baru populer sejak Marvel Studios menghadirkan jagat sinematik mereka yaitu Marvel Cinematic Universe. Diawali dari film Iron Man, Marvel Studios perlahan berhasil meraih kesuksesan besar dengan berbagai film solo mereka.

Namun, fenomenal di dunia film, khususnya genre superhero, terjadi pada 2012 ketika Marvel merilis film The Avengers. Film ini bisa dibilang jadi pelopor film superhero crossover yang mempertemukan beberapa karakter superhero setelah sebelumnya mereka muncul di berbagai film solo. Dan The Avengers sendiri sukses di pasaran dengan menghadirkan konsep baru tersebut.

Marvel sendiri kemudian meneruskan formula tersebut dengan berbagai film Avengers lainnya, seperti Age of Ultron, Infinity War, dan Endgame. Bahkan, mereka sudah mempersiapkan Avengers lainnya untuk tahun 2026 dan 2027. Konsep dari The Avengers kemudian ditirukan dan diparodikan juga oleh beberapa film dan pihak lainnya. Salah satunya adalah momen ketika berkumpulnya para Avengers.

3 Alien

Film Alien disutradarai oleh Ridley Scott dan dirilis pada tahun 1979. Sigourney Weaver memerankan tokoh utama, Ellen Ripley, sementara pemeran lainnya termasuk Tom Skerritt, Veronica Cartwright, Harry Dean Stanton, John Hurt, Ian Holm, dan Yaphet Kotto. Alien dianggap sebagai salah satu film horor dan sci-fi terbaik sepanjang masa dan telah memberikan pengaruh yang besar pada genre tersebut.

Alur ceritanya dimulai ketika kru kapal angkasa komersial Nostromo yang sedang dalam perjalanan pulang ke Bumi setelah menyelesaikan misi mereka di luar angkasa tiba-tiba menerima sinyal darurat dari sebuah planetoid yang tidak dikenal. Mereka pun menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di sana. Setelah mendarat di planetoid tersebut, sebagian kru keluar untuk mencari sumber sinyal darurat.

Mereka menemukan pesawat luar angkasa kuno yang terdapat di permukaan planetoid, serta ruangan di dalamnya yang penuh dengan telur-telur misterius yang ternyata merupakan telur dari para Xenomorph. Banyak film yang menghadirkan parodi dari film Alien atau menghadirkan referensi dari film ini. Momen ikonik ketika Xenomorph mendekat ke wajah Ripley atau ketika muncul Xenomorph dari tubuh korbannya sering diparodikan di berbagai film dan acara lain.

2 The Godfather

The Godfather adalah sebuah film klasik yang dirilis pada tahun 1972 dan disutradarai oleh Francis Ford Coppola. Filmnya sendiri merupakan adaptasi novel dengan nama yang sama karya Mario Puzo. Film ini adalah bagian pertama dari trilogi The Godfather, yang juga mencakup The Godfather Part II dan The Godfather Part III. Selain sukses secara komersil, film ini juga mendapat pujian dari berbagai pihak.

Filmnya sendiri mengikuti kisah keluarga Mafia Italia-Amerika yang dipimpin oleh Don Vito Corleone. Setelah Don Vito menolak untuk terlibat dalam perdagangan narkoba, rivalnya mencoba membunuhnya, yang membuatnya terluka parah. Anak sulung Don Vito, Michael Corleone, yang sebelumnya tidak terlibat dalam bisnis keluarga, terpaksa mengambil alih kendali keluarga Mafia tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Michael terlibat dalam dunia kejahatan dan korupsi yang mendalam, berjuang untuk mempertahankan kekuasaan keluarganya sambil berhadapan dengan musuh-musuhnya. Beberapa hal yang sering diparodikan dari film ini adalah karakter dari DOn Vito Corleone itu sendiri dan tema keseluruhan dari filmnya. Di film Zootopia ada momen yang secara jelas memperlihatkan momen parodi dari film ini.

1 Star Wars

Melihat masifnya kesuksesan dan popularitas dari film karya George Lucas ini rasanya memang tidak mengherankan jika Star Wars banyak ditiru oleh film lainnya, terutama film-film yang bergenre fiksi llmiah.  Bahkan, filmnya juga jadi salah satu yang banyak diparodikan. Star Wars dianggap mengguncang industri perfilman ketika rilis pertama kali di tahun 1977.

Sedikit banyaknya Star Wars memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap perubahan dari genre fiksi ilmiah di industri perfilman Hollywood. George Lucas dianggap berhasil menghadirkan sebuah dunia distopia di luar angkasa, yang mana berbagai dunia tersebut seolah benar-benar hidup atau muncul di sekitar kita dan bukan hanya muncul untuk kebutuhan film semata.

Worldbuilding dan berbagai detil lainnya yang George Lucas hadirkan untuk film Star Wars membuat para fans memiliki kedekatan dengan franchisenya. Banyak elemen dari film Star Wars yang ditirukan atau diparodikan orang-orang. Misalnya, selain keluarga Skywalker, perang lightsaber, para android, bahkan momen ikonik seperti Darth Vader yang mengaku ayah dari Luke banyak diparodikan.

Menghadirkan parodi dari sebuah film atau adegan film menghadirkan petunjuk bahwa film atau adegan itu sangt populer. Film-film di atas adalah contoh nyata bagaimana popularitas mereka menjadikan banyak pihak membuat film blockbuster itu diparodikan mulai dari adegan atau film mereka secara keseluruhan.

Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.
Exit mobile version